tanya bikin web pke WML


Status
Not open for further replies.

dpnux

Expert 1.0
Perbedaannya sangat jelas, mas. Saya pernah buat di dua - duanya, doctype pun berbeda juga. Scriptingnya pun berbeda jauh. Contoh yang dibuat oleh mas anthoplara itu WML 1.0, jelas sekali, bahasanya tidak menggunakan XHTML seperti yang kita gunakan untuk membuat website. Kalau XHTML MP (mobile profile):

Code:
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//WAPFORUM//DTD XHTML Mobile 1.0//EN"
"http://www.wapforum.org/DTD/xhtml-mobile10.dtd">
<html  xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
<head>
  <title>My first WAP 2.0 site</title>
  <!-- inline css tapi bisa juga external css dengan menggunakan tag link -->
  <style type="text/css">
   a { color: #f00; }
  </style>
</head>
<body>
  <h1>Ini adalah halaman pertama ku</h1>
  <a href="#">Ini link ke halaman lain</a>
</body>
</html>

Banyak yang hilang dari XHTML MP dibanding dengan WML 1.0, seperti kemampuan timer / event. Kenapa? karena XHTML MP menggunakan standar layaknya XHTML W3C (Website) hanya disederhanakan. <do> pada wml 1 tergantikan oleh A tags, input type="submit", dan tags yang menyebabkan suatu action/event.

WML 1 kita berpikir card, dalam satu dokumen ada beberapa card/deck.
WML 2.0 kita berpikir dokumen, untuk menampilkan dokumen lain tinggal lempar seperti halnya kita melakukan untuk pengembangan web.

Ada tiga macam versi XHTML MP, saya sering pakai yang paling lama versi 1.0. coba kunjungi http://m.facebook.com/ dan lihat source codenya, itu contoh XHTML MP yang real.

Jadi intinya, kalau butuh menggunakan css dan gambar berwarna, pilih XHTML MP dengan catatan browser jadul yang masih monochrome tidak menampilkan sesuai dengan apa yang kita inginkan, karena itu dipasaran jarang ditemukan produk GSM baru yang masih monochrome.

Browser WAP 2.0 bisa dan harus dapat menampilkan mobile site berbasis WAP 1.0 - backward compability. Ini hanya untuk pengembang browser tentunya ;). Sekian kultum dari saya kakakaka ...
 

ankcupu

New Member
brati XHTML MP & WML 2.0 tu sama pa beda?
or cm julukannya doank yg diganti.....
ssoalnya q diharuskan pake WML n tampilannya harus bagus...
 

anthoplara

Beginner 2.0
Mantep Om dpnux..

@ankcupu, kalo mw bikin yg bagus ya pake versi 2.0 aza ("<!DOCTYPE html PUBLIC "-//WAPFORUM//DTD XHTML Mobile 1.0//EN" "http://www.wapforum.org/DTD/xhtml-mobile10.dtd"> ")

Tapi kayak'n sama aza yach versi 2.0 sama html buat website biasa.?! cuman beda doctype'n doank :D berarti kalo gtu ga smua hp bisa buka donk.?! cuman hp2 menengah keatas :D
 

dpnux

Expert 1.0
Betul, XHTML MP itu WML 2.0. Kita cuma ngembangin pakai XHTML MP nanti browsernya yang translasikan jadi WML 2 (yang saya baca dari spec).

hahaha, kaget yah anthoplara, ini yang kita kenal sebagai web 2.0 sebenarnya. Jadi orang sering ngira web 2.0 itu desain, padahal salah satu tujuannya adalah memanfaatkan web (HTML) sebagai platform penyediaan konten dan data di device manapun.

Setiap HP yang ada WAP 2.0 biasanya khan ada GPRS pasti bisa, walaupun yang di bawah satu juta kekeke, soalne saya pakainya hp murah meriah. Kalau ada javanya bisa pakai Opera Mini, pinter - pinternya penggunanya juga sih. Yang penting jangan kebanyakan gambar apalagi background gambar/tile, bisa ngos ngosan.
 

ankcupu

New Member
em jd XHTML MP tu WML 2.0
thanks pencerahannya....berikutnya tgl nggarap.he2
akhirnya jelas juga mslh WML
 

faizul37

New Member
memang xhtml itu cantik koq, tapi saya gak tau gimana mau conversinya.

saya gak tau cara coding. ada gak teman2 yg bisa bantu saya?
 
Status
Not open for further replies.

Top