Testimoni #2 untuk Benny Kusman / Sosys.net


Status
Not open for further replies.

Adrian LS

Beginner 1.0
Jadi karena thread di http://www.diskusiwebhosting.com/threads/testimoni-untuk-benny-kusman-sosys-net.16905/ sudah tidak bisa di reply karena locked, ini saya buat thread baru untuk lanjutannya :)

Sejak thread pertama yang saya buat, saat ini saya sudah sekitar 9 bulanan menggunakan jasa web hosting dari Pak Benny. Account hosting saya digunakan untuk 50% nge-host account dari client-client pribadi, dan 50% untuk digunakan sendiri untuk custom build project. Total kira-kira ada 100an website. Termasuk di dalamnya ada client-client corporate yang intensif menggunakannya untuk corporate e-mails, sehingga apabila ada downtime akan sangat berpengaruh pada business client corpoorate ini.

Background saya sendiri adalah seorang web developer yang cukup berpengalaman, namun berangkat dari Windows environment dan tidak mendalami Web Admin. Berikut review saya, setelah 9 bulan menggunakan service paket Semi Managed VPS dari pak Benny.

Server Reliability:
So far servernya tidak pernah ada masalah. Kalaupun ada maintenance server, selalu ada pemberitahuan jauh-jauh hari sebelumnya, dan dinegosiasikan dengan pelanggan terlebih dahulu. Terakhir ada sedikit proses untuk migrasi account, dilakukan jam 2 malam setelah diinformasikan dan dikonfirmasikan kepada saya. Selesai dengan baik, no hiccups. Saya menggunakan service untuk server uptime monitoring, yang melakukan ping ke server setiap 1 menit. Uptime saya rasa cukup jauh diatas 99.9%, mungkin bahkan hampir mendekati 100%.
Kalaupun beberapa kali sempat ada trouble koneksi (biasanya untuk yang ke internasional) dan itupun tidak lama, sepertinya disebabkan oleh gangguan yang dialami oleh Data Center-nya, bukan dari sisi hosting. Untuk koneksi IIX saya rasa sangat bagus. Semua kemungkinan trouble yang mungkin terjadi pada server selalu dikomunikasikan dan ditangani dengan sangat baik oleh Pak Benny.
Tidak pernah ada hardware failure yang terjadi selama saya hosting di Pak Benny. Pak Benny bahkan sepertinya pernah share soal spesifikasi server yang digunakan, dan dari jumlah client yang di host dalam 1 server tersebut, saya rasa Pak Benny benar-benar berusaha menjaga kestabilan server.
Dari total lebih dari 10 tahun dan sekitar 6-7 hosting yang pernah saya gunakan sebelumnya, saya pernah pengalaman merasakan hardware failure dari 2 hosting yang berbeda. Kejadian yang pertama, si hosting tidak menyimpan backup. Dan kejadian kedua, uptime bulan itu hanya 97%. Sudah rahasia umum kalau banyak hosting yang memberikan harga murah (bahkan terkadang ada yang tidak murah juga), dan ketika terjadi hardware failure/SLA/uptime tidak terpenuhi, maka pihak hosting hanya lari dari tanggung jawab dengan memberikan potongan diskon untuk bulan itu, sementara si pelanggan melalui minggu-minggu penuh darah dan air mata karena harus bertanggung jawab pada client-client yang di host (... kok jadi sesi curhat).
Di Pak Benny, saya cukup merasa safe dan optimis tidak akan mengalami hal itu lagi, karena spesifikasi hardware yang cukup baik, dan jumlah pelanggan yang di host juga fair, tidak berlebihan.
Jadi menurut saya, servernya very reliable.
Not perfect, tapi sudah jauh di atas ekspektasi saya.

Kecepatan dan Availability Pelayanan:
Dalam hal kecepatan, Pak Benny jarang sekali tidak available dalam jangka waktu lama (lama = lebih dari 1 jam). Kebanyakan pesan pertama saya selalu terbalas dalam waktu kurang dari 10-15 menit, dan setelah itu diskusi bisa berlangsung cukup cepat karena lebih seperti chatting. Hampir setiap minggu saya ada komunikasi dengan Pak Benny dan kalau ditotal-total ada kalau mendekati 40-50 sesi support. Saya cek dari e-mail saja ada 250an e-mail. Belum termasuk chat di Skype. Dari sekian banyak sesi support, mungkin hanya sekali atau dua kali ada pesan saya yang terbalas lebih dari 1 jam. Itupun karena Pak Benny sepertinya sedang memang benar-benar berhalangan, dan setelah itupun diskusi berlangsung dengan cepat, dan masalah selesai.
Di lain waktu, pernah karena kualitas voice call di skype kurang jelas, Pak Benny menelpon saya dari Singapore.
Juga masih banyak hal baik lainnya yang didasari oleh goodwill/itikad baik dari Pak Benny, selalu membantu saya. Outstanding & walk the extra mile.

Kualitas Tech Support:
Pak Benny tidak jarang mengeksekusi sendiri untuk solusi dari kesulitan teknis yang saya alami, padahal sebenarnya untuk beberapa kasus bisa saya eksekusi sendiri.
Apabila ada problem yang belum dapat teratasi, Pak Benny memaparkan dengan baik kondisi yang terjadi, dan kemungkinan-kemungkinannya. Pernah sekali waktu saya ada kesulitan teknis di WHM (dan belakangan diketahui ternyata adalah fitur yang tidak di support di WHM), dan Pak Benny yang handle untuk komunikasi dengan pihak cPanel-nya.
Beberapa kali Pak Benny juga telah sangat membantu dalam menangani case yang terjadi pada client hosting saya (padahal seharusnya merupakan tanggung jawab saya, bukan Pak Benny).
Saya membutuhkan beberapa custom setting pada server karena saya juga menggunakannya untuk custom project, dan semua library dan semua setting yang dibutuhkan sudah dibantu oleh Pak Benny, hingga saat ini server berjalan dengan stabil. Dari beberapa kali sesi konfigurasi LAMP, sesi troubleshoot e-mail, troubleshoot cron job script, menurut saya Pak Benny juga memiliki wawasan teknis yang cukup baik dalam setting server, dan bisa memberikan saran-saran yang membantu.
Semua sesi support dengan Pak Benny, tidak ada yang tidak memuaskan. Semua diakhiri dengan jawaban/solusi yang baik.

Lain-lain:
Tidak jarang ketika waktu sedang dalam proses maintenance/troubleshoot ternyata saya membutuhkan fitur tertentu (misalnya: memory lebih besar, atau bandwidth speed lebih besar) -- yang hanya saya perlukan untuk jangka waktu singkat (singkat = 1 bulan), Pak Benny memberikannya dengan free of charge.
Value:
Kalau faktor yang digunakan untuk melakukan compare value dari hosting hanyalah dari total disk space dan bandwidth saja, bisa dipastikan Sosys pasti bukan yang termurah. Tetapi apabila faktor server speed & server reliability, dan support dimasukkan ke dalam faktor yang menjadi pertimbangan, saya cukup optimis bahwa layanan yang diberikan oleh Sosys/Pak Benny jauh di atas standard.
Minimal dari pengalaman saya menggunakan service hosting dari pemain-pemain hosting yang punya nama, saya cukup bisa menilai bahwa layanan Pak Benny termasuk yang outstanding. Tech Support Hosting yang baik sangat membantu bagi saya, karena saya bisa lebih focus ke dalam core business saya & making money, dan 100% worry-free.

Penutup:
Saya bukan tipe orang yang sering menulis review -- hingga saat ini jumlah review yang pernah saya tulis mungkin tidak sampai 5 buah -- tetapi untuk beberapa hal yang memang pantas di-review dengan baik, yah tidak ada salahnya :D
Ok itu saja dari saya. Semoga membantu.

Terima kasih,
 
Status
Not open for further replies.

Top