Tidak Bisa Mengirim atau Menerima Email Hanya Domain Tertentu


ARIAN

Apprentice 2.0
Verified Provider
Selamat sore, tuan" semua.

Izin bertanya dan solusinya :) cukup dibuat muter" puyeng euy.

Email tidak bisa terkirim atau memang penerima yang tidak bisa menerima email.
Berikut masalahnya,

semua email @aska.com tidak bisa mengirim hanya ke email @bans.com jika kirim email ke lainnya maka normal, begitu juga sebaliknya semua email @bans.com bisa menerima email dari selain @aska.com

Saya pikir IP hosting @aska.com ini diblock oleh server @bans.com namun saya sudah kontak si bans ini mengkonfirmasi bahwa tidak ada blok.
Pesan Errornya adalah Mail delivery failed: returning message to sender | Disabled recipient address: retry timeout exceeded

@aska.com (saya yang manage) dan @bans.com (orang lain) ini adalah ilustrasi saja ya tuan.
Saya konsultasi sama pemilik @bans.com juga bingung.

Jadi permasalahan ada di @aska.com atau @bans.com itu yang pertama
Kedua adalah solusi tentunya ya tuan.

Terima kasih
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
coba cek ping atau telnet dari server @aska ke server [email protected], kalau ngga ada issue berarti kena block filter
ini server yang dikelola sma om yang mana, @aska atau @bans?
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Selamat sore, tuan" semua.

Izin bertanya dan solusinya :) cukup dibuat muter" puyeng euy.

Email tidak bisa terkirim atau memang penerima yang tidak bisa menerima email.
Berikut masalahnya,

semua email @aska.com tidak bisa mengirim hanya ke email @bans.com jika kirim email ke lainnya maka normal, begitu juga sebaliknya semua email @bans.com bisa menerima email dari selain @aska.com

Saya pikir IP hosting @aska.com ini diblock oleh server @bans.com namun saya sudah kontak si bans ini mengkonfirmasi bahwa tidak ada blok.
Pesan Errornya adalah Mail delivery failed: returning message to sender | Disabled recipient address: retry timeout exceeded

@aska.com (saya yang manage) dan @bans.com (orang lain) ini adalah ilustrasi saja ya tuan.
Saya konsultasi sama pemilik @bans.com juga bingung.

Jadi permasalahan ada di @aska.com atau @bans.com itu yang pertama
Kedua adalah solusi tentunya ya tuan.

Terima kasih
Hal ini umumnya terjadi karena :
1. Masalah firewall : Bisa jadi kedua atau salah satu server ngeblok port-25nya atau IPnya
2. Bisa jadi masalah di network sehingga komunikasi kedua server teganggu hingga timeout exceeded
3. Bs jd dispam filternya
Jadi, berhubung kedua admin servernya sdh terjalin komunikasi sebenarnya ini lebih mudah
Dicoba test disabled firewall masing2 dulu
Kemudian dicoba test saling ping dan telnet ke port emailnya apakah saling listen atau tidak
 

mybloodiscoffee

Apprentice 2.0
Kalo server email msh baru biasanya butuh wkt agar IP nya dikenal valid n tdk macam2 dng spamming, bisa jadi msh dlm kondisi greylisting.

Kondisi lain bisa karena:
  • Kapasitas email akunnya penuh.
  • Server email beroperasi melebihi limit yang ditentukan.
  • Port email tertentu terblokir.
  • Bisa juga karena filter spam internal atau pihak ketiga tergantung mana yg dipakai admin owner server.
  • Bisa juga dari kendala routing.
  • Bisa juga dari IP address pengirim kena daftar merah alias udah jelek reputasinya.
 

masiqbal

Hosting Guru
Verified Provider
Apakah sudah dicoba kirim email ke bans.com dari domain lain tapi dalam satu server yg sama dengan aska.com? Atau sebaliknya.
ping traceroute bagaimana hasilnya?
 

ARIAN

Apprentice 2.0
Verified Provider
Alhamdulillah, sudah normal kembali.
Jadi bans.com ini dahulu saya yang manage. Kemudian diambil alih oleh developer lain sehingga status bans.com di server saya adalah suspend.

Di server yang sama juga ada yang aska.com tadi, saya ga tau letak permasalahan pastinya dimana. Cek satu persatu aman semua soalnya.

Saya coba terminate akun bans.com ini email dari @aska.com ke @bans.cok kembali normal.

Terima kasih banyak tuan".
 


Top