[Tips] Monitoring Uptime Website dengan Telegram


Status
Not open for further replies.

Hosterbyte

Apprentice 2.0
Verified Provider
Selamat Pagi , sekedar berbagi siapa tau berguna :D

Monitoring adalah sebuah metode pengwasan untuk memastikan sebuah sistem berjalan dengan normal. Dalam hal ini memonitoring website/server atau biasa disebut Uptime Monitoring yang dilakukan oleh sebuah sistem bot atau robot yang di tugaskan untuk melakukan pengecekan website/server dalam kondisi on/dapat di akses.

Pada Monitoring ini terdapat beberapa jenis tipe, diantaranya monitoring dengan ICMP (ping) atau HTTP yang di tujukan pada website/server. Dari monitoring tersebut agar kita mengetahui kondisi off atau tidak dapat diakses maka diperlukan sebuah notifikasi.

Kebanyakan dari layanan uptime monitoring memberikan notofikasi melalui email. Notifikasi yang di kirim ke email untuk saat ini sudah dapat dikatakan kurang cepat, karena sudah dapat digantikan dengan aplikasi messanger seperti Telegram. Dengan notifikasi uptime monitoring melalui telegram kita dapat mengetahui downtime server/website secara lebih cepat.

Layanan uptime monitoring sendiri banyak sekali, seperti :

  • Node Query
  • Pinguzoo
  • Pingdom
  • Hetrix
  • Uptime Robot
  • Status Cake
Dari beberapa layanan diatas yang saya ketahui, yang paling saya suka untuk uptime monitoring adalah Uptime Robot. Kenapa Uptime Robot? berikut ini alasannya saya memilih Uptime Robot sebagai pilihan untuk memonitoring website dan beberapa server saya :

  • Uptime Robot Free untuk Memonitor 50 website/server
  • Notifikasi sudah bisa melalui Telegram yang pastinga lebih cepat kita ketahui
  • Untuk versi free, sampling time nya minimal 5 Menit dan jika berbayar sampling time nya bisa sampai 1 menit dengan biaya termasuk murah menurutsaya
  • Terdapat public page yang merupakan tampilan Uptime yang dapat di akses oleh umum tentang situs/server yang kita daftarkan untuk di monitoring.
Jika penasaran ingin menggunakan layanan ini langsung dicoba. Berikut ini Monitoring Uptime Website/Server dengan Telegram melalui layanan Uptime Robot

  1. Buat akun dahulu di https://uptimerobot.com
  2. Buat Notif telegram dengan masuk menu >> My Setting >> Alert Setting >> Add Alert Contact
    Image-168.jpg
  3. Alert Contact Type pilih Telegram
    Image-169.jpg
  4. Untuk Friendly Name isikan dengan nama yang mudah dikenali (ini hanya untuk penamaan saja. Jika sudah create alert contact
    Image-171.jpg
  5. Setelah itu klik "click this custom link and start a dialog with UptimeRobot Bot" link tersebut akan mengarahkan kita ke telegram yang berfungsi untuk meghubungkan akun uptime robot kita dengan telegram yang kita punya.
    Image-172-630x380.jpg
  6. Lakukan Start untuk memulau bot notifikasi monitoringnya hingga muncul seperti berikut
    Image-173.jpg
  7. Setelah terhubung sekarang kita tambahkan situs atau website yang akan di monitoring dengan masuk kembali ke dashboard Uptime Robot kemudian ADD MONITORING
    Image-167.jpg
  8. Pilih tipe monitoringnya bisa ping atau http disesuai kan dengan kebutuhan
    Image-174.jpg
  9. Isi friendly name dengan Nama yang mudah teman-teman kenali.
    Isikan URL website yang akan di monitoring,
    Untuk interval disesuaikan dengan kebutuhan,
    Jangan lupa alert teletam di centang adar notifnya lewat telegram,
    Setelah itu save dan setting sudah selesai
    Image-175.jpg
  10. Sekarang tinggal menunggu saja jika ada downtime secara otomatis akan ada pemberitahuan melalui telegram seperti berikut contohnya
    Image-176.jpg
Selain untuk memonitoring website dan server juga bisa dipergunakan untuk memonitoring router yang pastinya ada IP Public ya. Disini saya pergunakan juga untuk memonitor router yang ada di kantor cabang tempat saya bekerja sehingga bisa di ketahui sedang ada downtime atau tidak.

oh iya, untuk yang tampilan halaman public dari uptime monitoring yang biasanya dipergunakan untuk server monitoring, berikut ini contohnya

Image-177-630x380.jpg


Sementara itu dulu ya kawan. Semoga bermanfaat

Jika ada yang kurang sesuai mohon koreksinya
Salam
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
sya biasa pakai uptime robot...
pke pinguzo gagal login mlu ke panelnya kl pake ip tsel, kudu pke vpn
 

Initial-h

Beginner 2.0
wah ijin coba taun. sebelumnya karena saya baru didunia ini saya menggunakan email sebagai notifnya. keren nih.(maaf klo katrok anak baru :32:).
btw untuk monitoring, bandwith, database, web server dengan database yang ditampilin ke layar itu biasanya pakai apa ya tuan2 disini(utk server sendiri maksudnya)?
 

natanetwork

Hosting Guru
Verified Provider
wah ijin coba taun. sebelumnya karena saya baru didunia ini saya menggunakan email sebagai notifnya. keren nih.(maaf klo katrok anak baru :32:).
btw untuk monitoring, bandwith, database, web server dengan database yang ditampilin ke layar itu biasanya pakai apa ya tuan2 disini(utk server sendiri maksudnya)?
kalo pake cpanel uda ada monitor nya tailwatch gitu jadi kalo down/stop gt ketahuan ada notif via email..
tapi kalo kaya internet down atau ga bisa pake uptimerobot.
kalo monitor reputasi ip jg bisa pake hetrixtool
 

Pencari_Ilmu

Hosting Guru
Uptime robot juga bisa kirim notif via sms yg pastinya lebih cepat lagi walaupun kondisi koneksi internet lagi lemot, cuma harus upgrade ke paket berbayar sih...sejauh ini saya masih pakai yg versi gratis via email
 

Dewaweb.com

Poster 2.0
Verified Provider
Yeah UptimeRobot memang lumayan bagus fiturnya dan ada versi gratis lumayan bisa 5 menit monitoring.
 
Status
Not open for further replies.

Top