Transfer Domain, Koq masih sulit bagi sebagian provider?


Status
Not open for further replies.

jones

Poster 2.0
Hallo all,

Baru ini saya kenal dgn seseorang, jadi ceritanya begini:

teman baru itu katakan namanya si A beli domain dibanyak provider, mulai MWN, idwebhost, dll
dan dia biasanya tidak langsung registrasi sendiri tapi lewat temannya (si B) yg lain, krn mungkin dia awam n nga mau repot2 jadi dia percayakan kepada yg lebih tau melakukannya.

permasalahannya datang ketika ia (si A) ketemu dgn saya dan tertarik dgn penjelasan saya, akhirnya dia ingin pindah ke saya, tentu saja saya tidak mengabaikan kepercayaan tsb. saya ingin buatkan dia satu domain manager sehingga semua domain yg dia beli di banyak provider jd nyatu dan ngumpul sehingga dia akan terbantu.

dan pas dia (si A) minta ke temannya (si B) si B ini malah berulah tidak mau melepas domain tsb, dan juga tidak memberikan password dan akses control panel domain manager si A dgn alasan macam2 mis: account si A dan si B gabung sehingga si B tidak mau memberikan password, padahal kan yg ini tinggal dia minta ke MWN untuk dipisahkan, dan selesai. prosesnya hingga sekarang pun tidak selesai.
memang sih domain tsb bagus2 semua: mis: jasasewa.com

akhirnya saya anjurkan si A membawa semua bukti kepemilikan domain tsb, mulai dari KTP, KK, bukti pembayaran (transfer) yg sesuai dgn registrasi awal dgn bukti2 tsb langsung ke MWN minta agar email yg untuk registrasi domain di ganti dgn email si A, sehingga bisa direset passwordnya.

Tapi yg bikin saya jengkel adalah si MWN tsb meminta si A datang ke kantornya, membawa semua bukti dgn perjanjian diatas meterai dan prosesnya baru bisa selesai minimal 2 minggu.
menurut saya ini sangat tidak efisien bayangkan kalau si A tsb di pedalaman kalimantan atau irian Jaya sana, masak harus datang, apakah si MWN tidak jauh berpikir kesitu?
untung saja si A tinggal di Tangerang, tapi tetap saja tidak efisien... kalau saya sebagai MWN menemukan kasus begini saya akan langsung kabulkan permintaan si A tsb jika berhasil mengirimkan file2 bukti2 tsb, tp dgn syarat domain tsb semua akan saya lock dan untuk lock ini tidak diberikan untuk menghindari transfer ke registrar lainnya. kemudian saya akan infokan ke si A sebagai client tsb sebagai pemberitahuan dan kemudian minta mereka secara bersama2 menjelaskan penyelesaiannya, jika sudah beres maka saya akan unlock domain

jadi menurut anda bagaimana kasus begini?
 

bebegator

Beginner 1.0
setahuku balik nama (pindah kepemilikan domain) itu asal permintaan dikirim dari email terdaftar dan disertai scan ktp langsung diproses, selama ini sy pakai idwebhost gampang prosesnya, cuma via email aja, gak perlu datang ke kantor. Intinya asal yg minta itu yang punya, prosesnya cepet. Kalau yg minta pihak ketiga, biasanya akan dikonfirmasi dulu ke yg punya (emailt erdaftar). Moga bermanfaat dan cepet selesai masalahnya :)
 

Michael Nicky

Hosting Guru
@jones

ideal-nya semua provider mempunyai pemikiran seperti ente Boss.
Ketika beli domain , maka perlengkapan yg mendukung kepemilikan akses dan lain sebagainya HARUS diserahkan kepada yg beli domain tsb. dalam arti FULL-AKSES.

Ditempat saya, semua diserahkan instant ketika pembayaran dinyatakan LUNAS.
Dan jika mereka mau pindah kemana saja, ternyata ada kendala tetap saya bantu.
Jika kita baik........ Insya Allah akan dapat yg baik juga, walaupun tidak lewat mereka.
Ok, semoga permasalahan 'cepet' beres.
Tetap semangat Boss.
 

dewa

Poster 2.0
Kepemilikan Domain bagi client sering menjadi polemik apabila kejadiannya seperti ini...
Kasus begini semoga menjadi pelajaran penting untuk kita smua....
Baik sebagai client maupun pengelola reseller domain ...
Penjelasan pentingnya kepemilikan domain manager sampai saat ini masih banyak yg belum mengerti...
Dengan menggunakan jasa org lain untuk mendaftarkan domain... Akibatnya mempersulit diri sendiri......
Karena kunci utamanya si B... Kalau si B tdk mau lepas domainnya... Itu haknya dia... krn yg pegang kunci si B...
Mungkin maunya si B mendapatkan untung dr Domain tersebut dari awalnya..
Sedangkan pengelola Reseller Domain tdk sembarangan melepaskan domain...
Bila data tdk lengkap atau tdk sesuai dgnyg register awalnya...
Apabila si B menuntut balik, krn si B merasa benar memiliki bukti akses langsung yang kuat...
Maka bisa-bisa mempersulit pengelola sendiri...
Saran saya... Yuk kita promosikan tentang pentingnya Domain manager kepada calon/client masing-masing...
Bila si B pingin dapat untung... Lebih baik jadi Reseller Domain aja dech... :)
 

hifni

New Member
Satu kepala registrar bisa transfer tidak?

Saya pernah mencoba transfer domain milik saya sendiri dari suatu seller domain, rencananya saya mau transfer ke registrar lain tp tidak bisa! ktnya satu domain registrar!

Tuan-Tuan ada yg punya solusinya ndak?
 

hostingceria

Active Member
Saya pernah mencoba transfer domain milik saya sendiri dari suatu seller domain, rencananya saya mau transfer ke registrar lain tp tidak bisa! ktnya satu domain registrar!

Tuan-Tuan ada yg punya solusinya ndak?
kalau registrarnya sama, namanya bukan transfer, tapi domainnya harus dilakukan MOVE SERVICE ke user di webhoster tujuannya
 

Michael Nicky

Hosting Guru
kalau registrarnya sama, namanya bukan transfer, tapi domainnya harus dilakukan MOVE SERVICE ke user di webhoster tujuannya

betul Boss, proses itu bukan transfer namanya. Tapi 'MOVE SERVICE' ........... biasanya pihak hoster akan bantu hal ini jika si client merasa ada kendala utk lakukan itu.
Prosesnya sangat mudah.
 
Status
Not open for further replies.

Top