[Tutorial SEO #1-Seo Itu Sederhana]Penentuan Keyword


Status
Not open for further replies.

Eveline

Beginner 2.0
Banyak orang menganggap SEO sesuatu yang rumit,memusingkan dan banyak juga yang sudah mengeluarkan biaya besar untuk mengoptimalisasi web nya kemudian frustasi dan putus asa.

Sebenarnya SEo tidak lah serumit yang banyak difikirkan orang,tidak ada hal teknis dengan bobot berat seperti dalam dunia Programming ,Konsistensi & Research adalah 2 hal yang menentukan keberhasilan.

Saya sendiri sudah melakukan research dan experiment berbagai macam metode dan biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit, tetapi biaya yang saya keluarkan bukan untuk menaikan ranking akan tetapi untuk melakukan research.

Dari hasil tersebut saya akan coba share kepada teman teman di sini, bagaimana sebenarnya pola atau konsep SEO yang sederhana dan memliki tingkat kesuksesan tinggi. Metode ini sudah saya terapkan pada sebuah website yang saat ini mampu menguasai seluruh kata kunci dengan High Competition di Niche Travel Industry.

JENIS KEYWORD
Ada 2 jenis keyword yaitu Commercial Keyword dan Informational Keyword, contoh Commercial Keyword adalah keyowrd yang mentrigger visitor untuk melakukan action transaksi, contohnya : "Jual Rumah", "Jual Motor Bekas Murah" disini akan terjadi interaksi,sedangkan Informational Keyword cenderung lebih membagikan informasi seperti "Tips Mengelola Gaji", "Tips Menghilangkan Jerawat", disini tidak akan menimbulkan interaksi karena visitor cenderung bertindak pasif hanya membaca.

Dari 2 jenis diatas, tentukan mana yang cocok untuk website anda, jika web anda berjualan maka pilihlah jenis Commercial Keyword karena akan mentrigger visitor untuk bertransaksi, sedangkan jika anda memilih informational keyword, visito yang datang adalah visitor yang hanya ingin menggali informasi, dan kemungkinan belum memiliki minat tinggi untuk bertransaksi.

Dari hal diatas jelas kesalahan pada penentuan jenis keyword sangat menentukan. Dalam sebuah kasus rekan saya yang memiliki Online Booking Travel, dimana dia memliki Trafik Organik yang tingi dari SEO, akan tetapi ia mengeluh sedikit sekali visitor yang melakukan transaksi, setelah di cek ternyata sebagian besar keyword yang di optimaisasi adalah keyowrd jenis "Informational Keyword" Visitor yang datang hanya mencari informasi dan belum ada minat tinggi untuk bertransaksi, ini yang menyebabkan kecil sekali tingkat konversinya.

PEMILIHAN KEYWORD
Setelah anda memutuskan jenis keyword maka anda masuk kedlam fase mentukan kata kuncinya.Dari hasil research saya, trik terbaik dalam menentukan kata kunci adalah,menarget "Primary Keyword", Apa itu Primary Keyword? Primary Keyword adalah level tertinggi dari hierarki indeksing yang dimiliki google, dimana primary keyword memiliki turunan Secomdary Keyword atau biasa disebut LSI.

Pada saat anda menguasai Primary Keyword otomatis LSI atau turunannya akan mengikut dan dengan menarget 1 keyword anda mendapat banyak LSI yang bisa masuk di halaman utama, sebagai contoh Primary Keyword "Paket Wisata Bali" maka LSI nya seperti "Paket Wisata Bali Murah", "Paket Wisata Bali 3 hari 2 Malam" dan lain lain akan masuk ke Halaman 1 saat primarynya sudah memliki posisi yang baik di halaman 1. Memang persaingan cukup tinggi akan tetapi dengan konsistensi semua dapat dilalui.

Keywordtool.io_.png


METODE RESEARCH
Langkah tatis untuk melakukan research keyword dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Tentkan 1 atau 2 kata yg anda target kemudian cari variannya dengan menggunakan Keywordtool.io, tools ini akan membantu anda mendapatkan keyword yang relevan dengan kata yg anda masuka.

2.Copy hasil pencariand dari keywordtool.io ke Google Adword-Keyword Planner, urutkan pada hasil pencarian yang paling tinggi,

3. Dari hasil pencarian yang paling tinggi, tentukan keyword tersebut sebagai kata kunci utama/primary keyword anda.

4. Cek posisi web anda dengan keyword tersebut ada di ranking berapa di hasil pencarian google, anda bisa menggunakan tools gratis seperti cuterank yg bisa di download di SEO TOOLS
atau bisa juga menggunakan http://serp-checker.online-domain-tools.com/

cek-keyword-serp.jpg


5.Apabila belum muncul, berarti masih tidak ada relevansi antara kata kunci dan konten,website yang anda miliki, saya akan membahas tentang Relevansi Kata Kunci & Kontent pada artikel selanjutnya.

Tips :
1.Usahakan memulai dengan 1 atau 2 keyword, jangan terlalu banyak karena akan mengganggu konsistensi anda dalam membangun link building nantinya.
2. Cari dan Gunakan Long Tail Keyword tetapi jangan pesimis dengan keywrod High Competition !

Pada artikel berikutnya saya akan membahas tentang
2 # PENGARUH RELEVANSI KATA KUNCI DAN KONTENT TERHADAP SEO
3 # TRIK LINK BUILDING SEDERHANA HASIL MAKSIMAL DAN CEPAT TANPA SPAMMING.
4# TEST A/B MENGUKUR TINGKAT KEBERHASILAN SEO

Bagi rekan rekan yang ingin berkonsultasi gratis seputar masalah SEO dapat mengirimkan email ke saya, saya akan bantu untuk mensolusikan semaksimal mungkin, silahkan kirim email anda ke [email protected]
 
Status
Not open for further replies.

Top