Untuk pertama kalinya, domain .id mengalami penurunan jumlah


Perkiraan Anda, apakah target Kominfo & PANDI 1 juta domain utk UKM akan sgr terpenuhi pada 2018?


  • Total voters
    14
  • Poll closed .
Status
Not open for further replies.

GPLHosting

Hosting Guru
Setelah diperkenalkan pada tanggal 17 Agustus 2014, jumlah domain .id yang telah di register di PANDI pada waktu hanya sekitar 5 bulan (statistik Januari 2015 https://pandi.id/statistik/), berjumlah sekitar 8.529.

Artinya dengan harga per domainnya sebesar Rp. 500.000,- .. PANDI (plus 12 registrar di bawahnya) mendapatkan omzet sekitar 4 miliar.

Kemudian, domain .id tersebut meningkat tajam pada kuartal pertama tahun 2016 lalu, dengan kenaikan jumlah domain .id sebanyak 24.156 (lihat statistik PANDI, Maret-April 2016). Hal ini di topang (baca: booster) oleh promo registrasi domain .id dengan harga yang signifikan, bahkan ada registrar yang melakukan promo dengan gratis di beberapa waktunya.

Seiring dengan waktu, jumlah domain .id terus menanjak dikit demi sedikit (tidak signifikan), walaupun sudah di boost lagi dengan penurunan harga domain .id sebesar 50% pada Desember 2016, lalu juga ada program Kominfo bersama PANDI dengan target 1 juta domain di 2018 (Kominfo menganggarkan Rp. 100 Miliar, untuk kemudian memberikan domain gratis kepada UKM), tetap saja kenaikannya hanya dikisaran range 200 hingga 5000 domain.

Dan pada akhirnya, pada periode April ke Mei 2017, terjadilah penurunan jumlah domain .id pada kali pertama, sebanyak 2.536 domain .id. Jadi sekarang jumlah domain TLD .id yang ter-register baru berjumlah 238.642 (data 29 Juni 2017 22:38).

Penurunan jumlah ini, sepertinya memang sudah kita prediksikan bersama di forum thread lain pada beberapa waktu yang lalu.

Maka kemudian ....

Akankah penurunan ini akan terus berlanjut, dan menjadi tren penurunan ?
Apakah target Kominfo bersama PANDI untuk total jumlah 1 juta domain untuk UKM akan segera terpenuhi pada 2018 ?
 
Last edited:

junior riau

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
yop tan harga renewal nya yang bikin user ga lanjut
sekarng itu harga renewalnya entah itu harga fix atau promo, kalau saya telusuri itu harga promo, jadi takut pepetin harga renewal tau2 sudah minus
 

GPLHosting

Hosting Guru
yop tan harga renewal nya yang bikin user ga lanjut
sekarng itu harga renewalnya entah itu harga fix atau promo, kalau saya telusuri itu harga promo, jadi takut pepetin harga renewal tau2 sudah minus
Sebagai reseller... harap was-was (waspada) :D
 

Lukmanul Hakim

Apprentice 1.0
Harga Register dan Renew Normal sekarang Rp 250.000/Tahun, kalau Promo, gk cuma New Register saja yg dapat tapi juga Renew, kemaren skitar 135rb untuk renew (promo).

Beberapa Hoster banyak yg masih jual .id dengan harga 500rb/tahun, new atau renew.
 
Status
Not open for further replies.

    
Top