16 Digital Marketing Tools Untuk Bisnis


masterwebnet

Beginner 2.0
Hai semuanya!

Sesuai dengan judulnya, kali ini kami akan membahas mengenai Digital Marketing Tools yang wajib dimiliki untuk bisnis.

Digital marketing tools adalah aplikasi-aplikasi yang membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda dalam hal marketing atau promosi. Bukan hanya soal iklan dan sosial media saja, ada bermacam-macam tools digital marketing yang bisa digunakan untuk mengelola keseluruhan bisnis Anda agar berjalan dengan baik mulai dari yang gratis dan berbayar.

1. Unsplash
Digital marketing tidak terlepas dari promosi, nah untuk mempromosikan sesuatu pasti membutuhkan banner iklan, konten sosial media, menambahkan ilustrasi gambar di web dan lain-lain. Nah karena itu, Anda harus mempunyai foto yang nantinya bakal di desain. Unsplash memiliki jutaan foto berkualitas HD yang bisa Anda download dan gunakan secara gratis. Anda bisa mencari gambar sesuai kebutuhan Anda dan bebas menggunakannya walaupun untuk tujuan komersial.

2. Canva
Canva adalah sebuah platform yang memudahkan Anda membuat bemacam – macam desain dengan cepat dan dapat digunakan oleh orang awam sekalipun. Di Canva tersedia banyak template untuk kebutuhan marketing Anda seperti logo, konten Instagram, banner iklan, poster, infografis dan lain-lain.
Anda bisa mengeditnya dengan mudah untuk mempercantik tampilan visualnya seperti tata letak, warna, ukuran font, jenis font atau Anda juga bisa membuat desain dari awal tanpa template. Canva menyediakan pilihan download untuk desain yang telah Anda buat seperti PNG, JPG, PDF Standard, PDF Print, Video (MP4), dan Animation (MP4/GIF).

3. Trello
Trello adalah alat manajemen konten atau tugas yang digunakan banyak organisasi agar tugas-tugas tersebut lebih tertata. Aplikasi ini membebaskan Anda mencatat tugas atau konten yang ingin dilakukan berdasarkan temanya (boards), tahapan tugas (lists), dan detail tugasnya (cards).
Aplikasi ini juga memungkinkan Anda memberi label pada card yang memberi tanda bahwa itu penting, memberi waktu batas akhir pengerjaan, memberi tahu tugas dikerjakan oleh siapa, memberi komentar, membuat daftar checklist dan membagikan konten Trello ke rekan kerja. Jadi, Anda bisa berkolaborasi dan mengetahui progresnya.

4. Hootsuite
Apakah bisnis Anda memiliki akun di banyak platform sosial media seperti facebook, twitter instagram, youtube dan lain-lain? Jika ya, tentu akan sangat rumit untuk mengatur semuanya sendirian. Karena memiliki banyak akun sosial media bisnis untuk memudahkan dalam hal pengelolaan perlu adanya platform sosial media terpusat. Hootsuite adalah platform manajemen media sosial dalam satu platform. Anda bisa menampilkan semua laporan analitik dan data umum seperti mentions, engagement, likes, share dan lain-lain. Disamping itu Hootsuite juga dapat digunakan untuk beberapa user dan fitur untuk menampilkan rencana konten, memberi tugas ke user, mengirim pesan.

5. Mailchimp
MailChimp adalah alat pemasaran sosial dan iklan email yang dirancang untuk mengotomatisasi dan mengatur kampanye. Anda dapat melacak lalu lintas yang dikumpulkan dari kampanye Anda. Selain itu, MailChimp menawarkan banyak integrasi dengan perusahaan SaaS lainnya. Tools ini sangat bagus untuk kampanye email terutama untuk meningkatkan penjualan karena email dapat dibuat lebih personal. Pada akhirnya, ini adalah pilihan yang baik untuk terlibat dengan audiens dan Anda.

6. SEMRush
SEMRush adalah tools pemasaran mesin pencari kedudukan yang gunanya untuk membantu digital marketer atau blogger. Anda dapat memeriksa lalu lintas pesaing Anda dan ini adalah tools terbaik untuk SEO yang direkomendasikan ahli SEO. SEMRush sangat powerful yang bisa untuk memantau optimasi SEO kompetitor dan melakukan pengecekan optimasi SEO pada website Anda. Sehingga apabila ada kendala atau kesalahan ketika melakukan SEO, Anda dapat langsung memperbaikinya.
Kelebihan lainnya yaitu dapat meneliti kompetisi keyword, gambaran luas tentang penelitian organik, posisi pencarian, backlink, dan penelitian iklan.

7. Serpbook
SerpBook adalah tools untuk melacak peringkat situs web Anda pada mesin pencari berdasarkan kata kunci yang ditargetkan. Anda tinggal menambahkan url halaman website beserta target kata kuncinya. Tools ini sangat penting untuk Anda yang berkecimpung di dunia SEO. Tools ini sangat membantu Anda melacak progres optimasi website.

8. Google Analytics
Google Analytics adalah sebuah platform yang disediakan oleh Google untuk menganalisa website. Biasanya Google Analytics digunakan untuk mencari data berupa trafik atau performa di dalam website. Anda bisa melihat data keseluruhan website Anda seperti halaman mana yang sering dikunjungi, halaman mana yang kurang diminati, di perangkat website sering diakses, di daerah mana yang sering mengakses website, berapa lama rata-rata pengunjung berada di halaman website dan Anda juga dapat mengetahui secara real time berapa orang yang sekarang mengakses website.

9. Google Search Console
Google Search Console adalah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk para pemilik website bisa memonitor bagaimana kinerja dan perfroma website di mesin pencari organik Google. Google Search Console juga bisa mengetahui berapa website yang memberikan link ke website, berapa jumlah incoming link nya, mengetahui kinerja website di versi mobile dan analisis halaman website trafik tertinggi.

10. Google Ads
Google Ads adalah platform iklan dari Google untuk menampilkan iklan berbayar di search engine Google. Dengan menggunakan Google Ads, Anda bisa menampilkan iklan Anda di mesin pencari Google untuk kata kunci tertentu yang sesuai dengan bisnis Anda dan calon pelanggan Anda. Manfaat instan Google Ads adalah meningkatkan visibilitas merek & memberikan hasil yang lebih cepat. Selain itu, Google Ads telah memperkenalkan banyak fitur di platformnya. Ini menghasilkan peningkatan manfaat dan memberikan hasil yang luar biasa.

11. Facebook Ads
Facebook Ads adalah fitur bisnis yang dibuat oleh Facebook untuk mentarget orang yang tepat, menarik perhatian mereka, dan mendapatkan hasil melalui iklan atau promosi berbayar. Iklan Facebook disajikan kepada pengguna Facebook berdasarkan aktivitasnya di Facebook, informasi demografis, informasi perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya. Jadi ketika Anda mempunyai produk atau jasa dan ingin mempromosikan kepada orang yang tepat maka Facebook Ads adalah salah satu solusi yang bisa Anda gunakan.

12. Rank Math
SEO adalah pengetahuan yang dibutuhkan untuk membuat website berada di peringkat atas pencarian Google. Rank Math adalah plugin SEO yang akan membantu Anda mengoptimalkan konten situs web Anda menjadi lebih mudah bahkan untuk pemula.

Rank Math dapat menangani semua optimasi SEO pada situs WordPress Anda termasuk struktur website di mesin pencari seperti rating dan lain-lain. Jadi, untuk optimasi SEO yang optimal tidak perlu menggunakan 2 plugin namun cukup satu plugin saja yaitu Rank Math.

13. SociaBuzz
SociaBuzz adalah platform influencer marketing yang mengusung konsep online marketplace sehingga dapat menghubungkan bisnis dengan social media influencer. SociaBuzz cukup lengkap dan transparan memberikan info talents nya seperti followers media sosial nya, angka pengunjung blog/website, engagements, testimoni klien, portofolio, informasi pribadi dan lain-lain. Anda bisa memilih influencer yang tepat sesuai karakter bisnis Anda dan bekerja sama dengan influencers adalah salah satu strategi marketing cukup ampuh.

14. HubSpot
HubSpot memiliki beberapa alat untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda, apa pun tahapnya. Mulai dari, ada beberapa alat yang tersedia secara gratis. Anda dapat mengatur web forms , pop up forms , dan live chat software. Kemudian, Anda dapat mengirim kampanye pemasaran email , menyalurkan semua data Anda ke CRM gratis , dan menganalisis perilaku pengunjung situs. Untuk CRM, Hubspot akan memudahkan Anda menangani kontak dan berhubungan dengan calon klien. Semua kontak yang Anda kumpulkan bisa di export dalam format CSV.

15. Wordtracker
Wordtracker adaah alat penelitian kata kunci yang memungkinkan Anda meriset kata kunci apa yang memiliki volume pencarian cukup tinggi, kata kunci apa yang kompetisinya tinggi di mesin pencari dan berapa website yang menggunakan kata kunci tersebut di title halamannya. Anda bisa menggunakan platform ini secara gratis namun dengan batasan per hari 11 kata kunci, namun Anda bisa membeli versi pro untuk fitur yang lebih lengkap. Dengan Wordtracker hanya satu klik pilih kata kunci, pilih mesin pencari mana dan negara mana, data akan langsung tampil.

16. Sumo
Sumo adalah alat paling ampuh untuk mengembangkan daftar email Anda, meningkatkan konversi, dan menghasilkan lebih banyak penjualan untuk bisnis online. Lebih dari 37.000 bisnis online menggunakan Sumo untuk mengonversi lebih banyak pembelian dan menyenangkan pelanggan mereka. Ini adalah digital marketing tools yang wajib dimiliki agar bisnis Anda cepat berkembang. Dengan Sumo Anda bisa memunculkan promo produk atau jasa Anda di website Anda dengan desain yang Anda buat sendiri dan ditempatkan di halaman manapun dan kapanpun.

Nah itulah dia 16 Digital Marketing Tools versi Masterweb, jika kamu memiliki tools lain silakan komen di kolom komentar.
 

Top