5 Tips Jitu Menghemat Biaya Pernikahan Hingga 50%


JonathanBachtiar

Beginner 1.0
Masalah yang sering dijumpai oleh calon pasangan suami istri adalah biaya pesta pernikahan yang begitu besar. Salah satu yang membuat acara tersebut menjadi mahal karena adanya acara adat yang harus dijalankan oleh kedua mempelai.

Untuk menghilangkan tradisi dalam pernikahan bisa menjadi sesuatu yang tidak mungkin dilakukan bagi sebagian orang. Maka dari itu, melakukan penghematan diberbagai lini tanpa menghilangkan kesakralan dari resepsi pernikahan itu sendiri adalah langkah terbaik.


Dalam melakukan penghematan, ada beberapa cara atau teknik yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan acara sakral tersebut tanpa mengurangi kebahagiaan Anda, keluarga dan teman karib.

Berikut Langkah Sederhana Menghemat Biaya Pernikahan Tahun 2020
1. Lakukan perencanaan jauh sebelum acara pernikahan
Melakukan perencanaan satu tahun sebelum acara pernikahan akan membuat Anda lebih leluasa dalam menyusun dan memangkas biaya yang tidak perlu.

2. Variasi makanan yang lebih sedikit
Memberikan hidangan dari catering pernikahan yang lebih sederhana dengan sedikit variasi makanan akan menekan budget. Apalagi kalau Anda memesan makan berdasarkan jumlah undangan, sehingga makanan betul-betul tidak ada yang terbuang.
Hal yang sangat penting adalah jangan sampai makanan yang dihidangkan alakadarnya. Buatlah suatu makan yang super enak, sehingga walaupun variasinya tidak banyak, orang yang menikmati tetap senang dan puas.

3. Pesta pernikahan di rumah
Jika budget tidak memungkinkan, memilih rumah sebagai tempat acara merupakan alternatif yang sangat baik. Dengan memanfaatkan jasa dekorasi berkualitas, maka kepuasan bisa Anda peroleh dengan budget yang minim.

4. Membatasi undangan
Cara yang termasuk efektif dalam menekan budget pernikahan adalah membatasi undangan. Mengundang hanya keluarga dekat, sahabat dan tetangga bisa menekan biaya undangan (jika ada) ataupun hidangan makanan.

5. Menyewa hiburan rekanan atau kenalan
Memberikan harga diskon untuk kemeriahan acara pernikahan Anda oleh teman dekat, akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Maka, jangan sungkan meminta bantuan kepada teman yang memiliki bisnis tersebut.
 

Top