Apakah ada bisnis leasing server ?


Status
Not open for further replies.

kassle

Poster 2.0
Klo di dunia otomatif sih ini marak sekali, tapi karena forum ini bahas dunia hosting tentu pertanyaannya jadi Apakah di Indonesia sudah ada bisnis leasing server ?

Di luar sih ada meskipun istilah-nya berbeda - beda namun kurang lebih inti-nya sama, kita sewa colocation + bayar cicilan untuk mesin server-nya. seperti istilah Rent-to-Own di dacentec atau Lease-to-Own-nya worldstream.

Kendala klo pake jasa di luar itu klo sudah lunas cicilan bisa kena tabok, misalnya bentar2 hdd rusak atau komponen lainnya, sementara kita gak mungkin lihat kondisi fisik-nya :( jadi klo di pasar lokal (Indonesia) ada jasa macam begini, tentu sangat menarik sekali (paling ndak buat saya).
 

hendranata

Hosting Guru
Verified Provider
rata2 LTO itu server lama.. dan memang sengaja uda mau dijual dengan cara LTO itu..kalo dijual langsung mungkin ga laku/rendah bgt

kalo butuh modal kerja bisa ke bank sih pak
 

kassle

Poster 2.0
yup beberapa pake server lama seperti si dacentec yg emang jadul banget
tapi seperti worldstream sepertinya server baru

tapi toh kalaupun server lama juga masih tetep menarik, dan mungkin bisa jadi win-win solution buat provider, bisa jual server lama (asal gak kelewat jadul) dan upgrade ke yang baru. hahaha.
 

hendranata

Hosting Guru
Verified Provider
worldstream cuma provide di belanda saja ya?
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
kalau sekarang banyaknya pakai sistem bank, dan lagi lagi tidak terlepas dari dunia peribaan hehe
 

kassle

Poster 2.0
mungkin ada provider2 disini yg rencana mau rto/lto server bekasnya ?
 

winnervps

Apprentice 2.0
Verified Provider
@kassle LTO di Indonesia, ada beberapa tetapi rasanya koq tidak dipublish, tentunya karena pertimbangan dari sisi regulasi saja. Lembaga yang boleh melakukan "leasing" (penjaminan pembayaran keuangan) hanyalah lembaga yang diakui dan di'sertifikasi' serta diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keungan), sebagai satu-satu nya lembaga di Indonesia yang mengawasi urusan lalu lintas keuangan.

Jadi biasanya, yang terjadi, adalah transaksi "teman ke teman", layaknya pinjam duit saja (pinjam duit ke teman kan tidak perlu repot2 seperti layaknya pinjam ke bank atau lembaga sejenis bukan).

Atau cara lain @kassle bisa juga leasing ke bhinneka.com (yang harga servernya cukup lumayan), tokped, BL, ataupun ecommerce yg sudah menjamur yg sudah berani menawarkan cicilan 0% (tanpa bunga), dan kemudian meng'colo' kan nya.

Seandainya lokasi @kassle pun jauh, tidak di kota Jakarta, beberapa provider colo disini pasti siap membantu. Para master-master di atas siap membantu :)
 
Status
Not open for further replies.

Top