apakah bisnis hosting harus mahir linux ?

Status
Not open for further replies.

berkah

Apprentice 1.0
Berikut langkah langkah yang perlu anda tahu menurut saya.
1. yang terpenting adalah, tahu cara kerja dan fungsi dari setiap komponen penting seperti webserver,php,mail,dns dll.
2. kemudian pelajari cara seting dasar server anda dan keterkaitan antara satu dan lainnya.
3. Setelah install, baru pelajari cara tweak dari server anda. Secara umum anda sudah bisa mulai menjalankan server anda pada tahap 3 ini jika anda berani.
4. Baru mulailah pejarilebih detail setiap komponen server.

Saran saya, jangan langsung masuk ke teknis. Pelajari dahulu cara kerjanya, baru setelah paham anda bisa memulai belajar teknis lebih mudah.
mksh infonya pak


kalu sy mungkin sedikit nyeleneh.. hampir gak pernah tanya langkah langkah atau caranya bagaimana untuk memulai sesuatu..
yang penting bagi sy.. lakukan secara bertahap dari yang paling ringan dulu...

sy seorang mantan buruh pabrik baut yang resign karena ada masalah keluarga.. coba usaha ini itu gagal..
akhirnya coba buka hosting mulai dari ambil reseller dulu. belajar dari salah seorang anak sekolah SMK yang hanya kenal di facebook dan beberapa teman sekolah yang juga tau komputer.. sedikitpun sy tidak punya latar belakang pengetahuan linux..
saat client bertambah, sy coba beranikan diri beli vps di drupadi.. dari beberapa masalah yg saya temui setiap ada complain dari client.. disitu juga kesempatan sy untuk belajar (belajar dari masalah)... terbersit waktu itu ingin jual vps.. akhirnya beranikan diri beli DS.
ternyata 1 minggu install DS gak jadi jadi.. betapa sulitnya install DS dgn custom partition via remote.. akhirnya hal ini sy tanyakan di DWH. banyak makian dan bullying waktu itu dikarenakan sy belum faham apa apa ttg DS dan dianggap masih mentah di linux, namun nekat beli DS. coba install pakai VNC, IPMI.. akhirnya 3 hari kemudian jadi juga.. bagi sy nekat adalah jalan pintas untuk cepat bisa...

Alhamdulillah, skr sedikit lebih faham ttg linux desktop dan linux server.

Dari pengalaman saya dan melihat bbrp karakter org sekitar sy juga, sy berani simpulkan:

1. kalau mau cepat bisa.. Just do it.. ketemu masalah->googling.. ada masalah lagi-> googling lagi. Mungkin dari 10 masalah, hanya 1 yang kita tanyakan ke teman, selebihnya kita cari sendiri solusinya. biasakan lebih banyak cari solusi daripada bertanya.. biasakan lebih banyak kasih solusi ke temen dibanding tanya minta solusi. Biasakan itu tanpa melihat sekecil apapun skill kita.

2. Orang yg banyak tanya, biasanya takut untuk melakukan kesalahan.. akhirnya lama untuk bisa

3. Silahkan tanyakan pada diri sendiri.. apakah saat kita bayi dulu bertanya pada orang tua kita bagaimana caranya jalan? bagaimana caranya lari.. kemudian beranjak besar.. mau belajar naik sepeda.. apakah kita bertanya juga bagaimana caranya naik sepeda? kaki mana dulu yang harus diangkat? bagaimana sikap badan kita? percayalah.. yang lebih cepat mahir melakukan sesuatu adalah mereka yang "just do it" bukan "just ask it"

4. Saat kita berusaha untuk "belajar emberi solusi" maka akan ada banyak bantuan, termasuk Allah akan membantu memberikan keahlian tertentu.. Allah akan mempermudah kita dalam mempelajari apapun.. karena apa yang kita pelajari sudah kita niatkan untuk dibagi ke yang lain.

Kemudian dalam hal bisnis. Setiap orang punya racikan dan cara sendiri dalam mareting dan meramu produknya.. saat kita melihat produk tetangga laris.. apakah jika kita tanyakan "apa rahasia anda sehingga bisa laris?" bisa dipastikan yang dia jawab bukan rahasianya.. racikan dan strategi bisnis tidak mukin akan diberi tahukan ke orang lain.. maka dari hal ini juga, bertanya ttg strategi adalah hal yang mubadzir dan sia-sia... karena kita akan mendapat jawaban yang salah. lebih baik kita melihat dan mencoba serta membuat strategi sendiri..

ingat.. tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Ini berlaku bukan hanya dalam hal harta.. tapi juga ilmu pengetahuan..

CMIIW
super sekali...penjelasan yg sangat padat & menginspirasi..mksh pak

Gak perlu mahir, asal ada google aja pasti bisa :D
oke pak

learning by doing aja pak. karena bisnis itu klo malah takut ga akan jalan.

sama seperti pak Bestari, saya dulu mantan karyawan karena suatau hal saya resign dan sempat menganggur beberapa tahun, dimana akhirnya memutuskan jualan baju dan akhirnya mencoba peruntungan utk bikin kaos. padahal saya ga bisa njahit tapi beli 4 mesin jahit dan beberapa peralatan utk membuat kaos.

Untuk hosting juga sama pak, tidak harus menguasai , walau itu lebih baik, tapi jika ingin memulai bisnis hosting, lakukan saja . Karena jika takut tidak akan pernah punya bisnis hosting. Dan jangan lupa utk belajar terus dari kesalahan.

Semua itu ada solusinya pak, bisa dengan hire orang di bagian tertentu, tapi tetap kita harus paham utk memanage nya.

Jangan takut utk tantangan baru pak, apalagi sekarang ada google dan forum2 internet, membuat semuanya menjadi lebih mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu.
mksh menginspirasi mas

mungkin ini cocok :D
betul jg pak

Bisnis yang baik itu dimulai dari sekarang .... kalau gak berani mulai, bisnis apapun gak akan pernah jadi, apalagi sudah stress duluan betapa susahnya bisnis yang akan dijalani ... masalah "Mahir" itu adalah sebuah proses, semakin banyak masalah akan semakin banyak kita belajar, semakin banyak belajar akan semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, semakin banyak pengetahuan yang kita miliki semakin bijak dalam menangani setiap permasalahan yang ada ..

Ayo ... mulailah dari Sekarang ... :cheer2:
mksh saran & semangatnya pak
 

UNMETERED

Hosting Guru
Verified Provider
Metode bertanya, bertanya adalah suatu keharusan menurut saya, sebab mengutip dari pendapat filosof yunani socrates bahwa metode untuk menggali pengetahuan adalah dengan cara bertanya kepada ahlinya. Bertanya bukanlah merupakan sebuah kelemahan, oleh karenanya saya disini dalam menggali suatu pengetahuan akan terus bertanya. Bahkan di dalam kelas pun, seorang guru juga sering bertanya kepada muridnya atas apa yang dicapainya. Banyak bertanya jika memang tidak paham akan suatu ilmu, itu adalah suatu perintah. Namun jika sampai banyak bertanya dalam hal yang tidak manfaat, maka itu malah celaan. Apa gunanya sebuah FORUM DWH ini kalau di dalamnya tidak ada unsur tanya-jawab ??

Eksperimen, Metode ini juga tak kalah pentingnya, sebab hanya melalui penelitihan dan pengujian, kita bisa menguji sebuah teori atas apa yang telah di dapat, teori dan praktek itu harus seiring dan sejalan, teori tanpa praktek adalah Nihil, begitu juga sebaliknya. Sebab ide atau gagasan akan muncul ketika di hadapkan atas sebuah permasalahan dan kerumitan.

Terkait bisnis hosting, saya tidak punya resep jitu akan bisnis hosting ini, ya... dijalanin saja sambil belajar terus....Sebab kalau boleh jujur selama 3 tahun saya bergelut di bidang ini, masih belum menemukan sebuah keuntungan yang besar. Padahal sudah jutaan rupiah saya keluarkan untuk promosi, baik via google adwords, FB Ads atau titip link ke website tetangga. Namun demikian saya telah mendapatkan sebuah kepuasaan dan kepuasaan itu tidak bisa dinilai dari Uang saja. Saya bergelut di bidang komputer ini juga berawal hobi semenjak kuliah semester 1 ketika WarNet lagi trend bermunculan, dari situlah saya mengenal internet dan penasaran atas apa yang ada di dalamnya. Di dasarkan atas hobi inilah semoga ke depannya saya bisa bertahan di tengah-tengah persaingan atas bermunculnya hoster-hoster baru. Belum lagi provider-provider besar yang telah eksis lebih dulu....
 
Last edited:

hello.pee

Poster 2.0
Wahh topiknya bagus juga ini, ikutan nimbrung ya rekan-rekan walau mungkin sudah telat.

Memang benar tidak harus mahir dulu baru berbisnis.

Saya pribadi belajar linux dan cpanel dari perangkat lokal yang saya gunakan. Berbekal pc dengan spek apa adanya, saya install virtualbox. Kemudian saya buat virtual untuk install centos dan cpanel.

Dari situ juga saya belajar bagaimana menggunakan menu2 dalam cpanel dan mencoba menjalankan beberapa comand untuk sekedar eksperiment.

Install ini itu, compile apache, seting dns, mail dan lain2. Ini saya coba tekuni dan alhamdulillah saya sudah cukup sedikit paham dan tau pengoperasiannya. Lalu kalau masih belum paham baru googling atau tanya di forum ini.

Seperti kata mas natanetwork mungkin saya di golongan yang "hanya sekedar tau linux" bukan mahir linux. :D

Tapi ini bukan berarti karena ndak tau linux atau mahir linux terus ndak jadi jualan hosting.

Intinya niat dulu mas, terus baru belajar sambil berjalan. Ilmu itu nanti akan mengalir dengan seiring waktu berjalan. Semangat terus dan semoga kita semua bisa sukses bersama. Amin :)
 

DraCoola

Expert 1.0
pelajari yg harus dipakai sehari-hari aja dah cukupan masgan
itu yg paling penting, kerna untuk lingkup kerjaan aja
sbap kalo harus mempelajari semuanya bisa jadi kayak kuliah 8 semester, boros waktu

sisanja kalo nemu case yg di luar sehari-hari, barulah dipelajari
yang itupun sangat langka kejadiannya

btw apa yg kita dapat di 8 semester belun tentu juga sudah include apa yg kita perlu di lapangan kerja yg sedang dihadapi saat ini
beberapa ada beda² kondisi juga
 
Last edited:

berkah

Apprentice 1.0
Wahh topiknya bagus juga ini, ikutan nimbrung ya rekan-rekan walau mungkin sudah telat.

Memang benar tidak harus mahir dulu baru berbisnis.

Saya pribadi belajar linux dan cpanel dari perangkat lokal yang saya gunakan. Berbekal pc dengan spek apa adanya, saya install virtualbox. Kemudian saya buat virtual untuk install centos dan cpanel.

Dari situ juga saya belajar bagaimana menggunakan menu2 dalam cpanel dan mencoba menjalankan beberapa comand untuk sekedar eksperiment.

Install ini itu, compile apache, seting dns, mail dan lain2. Ini saya coba tekuni dan alhamdulillah saya sudah cukup sedikit paham dan tau pengoperasiannya. Lalu kalau masih belum paham baru googling atau tanya di forum ini.

Seperti kata mas natanetwork mungkin saya di golongan yang "hanya sekedar tau linux" bukan mahir linux. :D

Tapi ini bukan berarti karena ndak tau linux atau mahir linux terus ndak jadi jualan hosting.

Intinya niat dulu mas, terus baru belajar sambil berjalan. Ilmu itu nanti akan mengalir dengan seiring waktu berjalan. Semangat terus dan semoga kita semua bisa sukses bersama. Amin :)
makasih sharenya mas

pelajari yg harus dipakai sehari-hari aja dah cukupan masgan
Nah, klo bisnis hosting yang biasanya digunakan sehari2 & harus dipelajari itu apa saja pak
 

DraCoola

Expert 1.0
Nah, klo bisnis hosting yang biasanya digunakan sehari2 & harus dipelajari itu apa saja pak
- terkait create/edit/backup/suspend/remove account hosting
- prevent security exploit
- prevent abuse resource dari luar/dalam

3 biji itu aja untuk keseharian pada umumnya pakgan
baik via panel hosting (web based) maupun syntax/ssh console
 

hello.pee

Poster 2.0
makasih sharenya mas
Sama-sama mas.

Nah, klo bisnis hosting yang biasanya digunakan sehari2 & harus dipelajari itu apa saja pak
Mungkin lebih ke trobelshoting yang di hadapi client mas, itu yang biasanya harus dipelajari. Karena setiap client pasti punya masalah yang berbeda-beda.

Sedangkan jika saat ini masnya masih menggunakan reseller, trobelshoting di server nanti bisa diserahkan ke upline agar bisa dicek dari segi servernya.
 

berkah

Apprentice 1.0
- terkait create/edit/backup/suspend/remove account hosting
- prevent security exploit
- prevent abuse resource dari luar/dalam

3 biji itu aja untuk keseharian pada umumnya pakgan
baik via panel hosting (web based) maupun syntax/ssh console
point 1 Insya Allah sdh bisa.. point 2 dan 3 yg belum paham

Mungkin lebih ke trobelshoting yang di hadapi client mas, itu yang biasanya harus dipelajari. Karena setiap client pasti punya masalah yang berbeda-beda.

Sedangkan jika saat ini masnya masih menggunakan reseller, trobelshoting di server nanti bisa diserahkan ke upline agar bisa dicek dari segi servernya.
saat ini sdh reseler pak, tapi pengen mencoba manage sendiri...makanya saya tanya klo pegang vps apa harus mahir dlu baru jualan gtu
 
Status
Not open for further replies.

    
Top