Apakah scrapping mutasi internet banking legal?


pereceh

Poster 2.0
Dalam konteks scrapping mutasi bank yang ditanyakan Tuang @fbunaren , kan ngambil data rekening kita sendiri. :D
Bingung disini nya juga , tulisan nya Script Cek Mutasi doang _ gak ada penjelasan tujuan-nya buat diri sendiri atau umum... klo komentar saya diatas sih untuk tujuan umum.
 

masiqbal

Hosting Guru
Verified Provider
Kalaupun untuk umum, seperti layanan pengecekan mutasi otomatis yg ada, pasti menggunakan username dan password internet banking. Artinya atas ijin dan on behalf orang yang punya rekening.

Pertanyaannya, apakah pihak bank mengijinkan? Ini yang saya juga belum dapat kejelasan secara hukum. Kalau bank melarang, nasabah mungkin bisa komplain dasar hukumnya apa, masak ngecek rekening sendiri gak boleh. Karena begitu bank membuka jalur pengecekan secara online, artinya harus siap dengan nasabah bisa menggunakannya dengan cara apapun, bisa login sendiri, bisa nyuruh sodara untuk login, termasuk bisa nyuruh robot untuk login.

Karena masih abu-abu, menurut saya saling pengertian aja. Bank jangan melarang, tapi nasabah juga jangan berlebihan terlalu rapet jarak ngeceknya biar tidak terlalu membebani sistem bank.
 

BUANA dotnet

Hosting Guru
Verified Provider
Tidak ada larangan untuk cek mutasi otomatis, asalkan pemilik rekening mejaga dengan baik credensial nya (username, password dsb)
Penggunaan credensial ini diatur dalam Syarat dan Ketentuan yang ditandatangan saat membuka fasilitas internet banking, mobile banking dsb

Mengenai IP di block, itu bukan karena Bank nya melarang cek mutasi otomatis, selama digunakan secara bertanggung jawab (tidak menganggu performa sistem bank)
Kemungkinan IP terblock karena sistem keamanan yang dipakai oleh bank melakukan pengamanan secara otomatis terhadap aktifitas yang mencurigakan.
 

HostingPas

Beginner 2.0
harusnya sih ga masalah ya, tapi dari pihak bank sendiri biasanya selalu mengingatkan untuk menyimpan data milik kita sendiri untuk keamanan.
kalaupun ada masalah akibat kelalaian sendiri kemungkinan bank lepas tanggung jawab.
 

Top