(ASK) apakah perlu tim ? untuk menjalani bisnis ini

waroenghosting

Beginner 2.0
selamat siang tuan semuanya, newbie hanya ingin bertanya, apakah dalam menjalani bisnis web hosting ini untuk permulaan wajib ada tim ? dan jika perlu tim kira2 tahapannya tim apa ajah yg prlu di bangun ?
 

masiqbal

Hosting Guru
Verified Provider
Jawaban umumnya: jika sendirian tidak bisa, maka perlu tim. Dan tim yg perlu dibangun adalah yg saling melengkapi.

Semoga sukes ya.
 

waroenghosting

Beginner 2.0
Jawaban umumnya: jika sendirian tidak bisa, maka perlu tim. Dan tim yg perlu dibangun adalah yg saling melengkapi.

Semoga sukes ya.
siap tuan aamiin..

Jika masih awal dan dana terbatas mungkin bisa single fighter dulu sampai klien sudah banyak dan terus konsisten
siap semoga bisa konsisten terus aamiin ,,

Sebetulannya, hanya orang yang punya dan menjalankan usahanya yang bisa menjawab pertanyaan seperti ini
haha iya tuan..
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
haha iya tuan..
Iya soalnya pemain dalam dunia "persilatan" ini banyak hal yang melatar belakangi nya
1. Ada karena hobi dan ingin merintis dan berjuang dalam bidang ini, jika sudah berkembang tidak tertutup kemungkinan rekrut karyawan,
2. Ada yang karena punya modal, jadi tinggal bayar karyawan,
3. Ada yang ingin menjalankan bisnis ini, namun dalam salah satu aspek/bidang dia tidak punya kemampuan, jadi untuk menutupi atau membantu di bidang tersebut dia rekrut karyawan
4. Ada juga yang awalnya karyawan di suatu bidang usaha yang sama, tapi karena ada satu hal masalah dengan management atau karena ingin mandiri jadi buka usaha yang sama,
5. Ada yang ikut-ikutan, lihat orang lain menjalankan usaha yang sama berhasil, ikut dan karena tidak punya kemampuan rekrut karyawan,
6. Ada juga yang ikut-ikutan dengan jadi pemain tunggal,
7. Ada juga berawal dari kebutuhan, misalnya untuk web pribadi dan atau web designer, jadi karena banyak sekalian buka jasa hostingnya,
8. Ada juga awalnya ISP, karena kebutuhan jadi sejalan sekalian buka layanan hosting,
9. Setiap orang ada yg punya skil tapi tidak punya modal, ada yang punya modal tp tidak punya skil dan ada juga yang punya kedua2nya
10. Bagaimana perencanaan bisnisnya kedepannya,
etc
Jadi, semua beda-beda termasuk bapak juga tentu berbeda, hal yang bisa bapak jalankan belum tentu bisa saya jalankan, dan apa yang bisa dijalankan oleh teman-teman yang lain belum tentu bapak atau saya bisa jalankan juga,

Jadi, intinya pertanyaannya terlalu umum, jadi jawabannya relatif menyesuaikan dan akan berbeda-beda semua berdasar asumsi dan pengalaman sendiri yang belum tentu cocok dalam usahanya bapak walaupun bidang yang sama
 

waroenghosting

Beginner 2.0
Iya soalnya pemain dalam dunia "persilatan" ini banyak hal yang melatar belakangi nya
1. Ada karena hobi dan ingin merintis dan berjuang dalam bidang ini, jika sudah berkembang tidak tertutup kemungkinan rekrut karyawan,
2. Ada yang karena punya modal, jadi tinggal bayar karyawan,
3. Ada yang ingin menjalankan bisnis ini, namun dalam salah satu aspek/bidang dia tidak punya kemampuan, jadi untuk menutupi atau membantu di bidang tersebut dia rekrut karyawan
4. Ada juga yang awalnya karyawan di suatu bidang usaha yang sama, tapi karena ada satu hal masalah dengan management atau karena ingin mandiri jadi buka usaha yang sama,
5. Ada yang ikut-ikutan, lihat orang lain menjalankan usaha yang sama berhasil, ikut dan karena tidak punya kemampuan rekrut karyawan,
6. Ada juga yang ikut-ikutan dengan jadi pemain tunggal,
7. Ada juga berawal dari kebutuhan, misalnya untuk web pribadi dan atau web designer, jadi karena banyak sekalian buka jasa hostingnya,
8. Ada juga awalnya ISP, karena kebutuhan jadi sejalan sekalian buka layanan hosting,
9. Setiap orang ada yg punya skil tapi tidak punya modal, ada yang punya modal tp tidak punya skil dan ada juga yang punya kedua2nya
10. Bagaimana perencanaan bisnisnya kedepannya,
etc
Jadi, semua beda-beda termasuk bapak juga tentu berbeda, hal yang bisa bapak jalankan belum tentu bisa saya jalankan, dan apa yang bisa dijalankan oleh teman-teman yang lain belum tentu bapak atau saya bisa jalankan juga,

Jadi, intinya pertanyaannya terlalu umum, jadi jawabannya relatif menyesuaikan dan akan berbeda-beda semua berdasar asumsi dan pengalaman sendiri yang belum tentu cocok dalam usahanya bapak walaupun bidang yang sama
betul banget pak semua point2 itu,, dalam hal ini yg saya alamin sekarang adalah di point 3 pak ..
trimakasih banyak.. mungkin boleh pak di close post saya yg yg ini pak ..

sukses selalu pak untuk abanet :)

Kalo nggak ada tim, reseller saja :)
Yg dipikirkan hanya 1, after sales, tanpa pikir technical issue.
baik pak. terimakasih saranya pak @dewangga
 

paijondablexs

Apprentice 1.0
Kalo nggak ada tim, reseller saja :)
Yg dipikirkan hanya 1, after sales, tanpa pikir technical issue.
klo ini bukan reseller, ini mirip afiliasi ...
klo reseller ya harus support clientnya.. tdk bs lepas tanggung jawab..
contoh misal ini terjadi ke @dewangga
beli domain & hosting ke A.
A = reseller
setelah @ dewangga telah bayar & aktif domain +hosting .. dan Si A lepas tangan tentang tecnical support krn sdh terima uang dan hosting domain aktif

saat terjadi problem domain / hosting yg dibeli dewangga misal saja Pemblokiran Ip, dewangga mau minta bantuan siapa ?
klo gk bs buka blokir ip sendiri kan repot ..
apa mau digitu kan ?

klo sebatas afiliasi ya bisa lepas tangan krn semua urusan tecnical support dipegang oleh pennyedia hosting. jd setelah client / tmn order di web afiliasi kita dan kita dpt bonus / komisi sesuai ketentuan.
biarpun afiliasi pun sebenarnya jgn langsung lepas tangan sebelum masa garansi layanan abis.
misal:
@dewangga member afiliasi dari B .syarat komisi afiliasi bisa cair adalah 30 hari setelah order aktif karena garansi uang kembali yg diterapkan si B ke client adalah 30 hari.
maka sebelum 30 hari , @ dewangga disarankan men support agar client / tmn yg join di web afiliasi dewangga puas dan tidak refund sebelum sampai 30 hari .
tp klo afiliasi sich rata2 terserah / cuek mau order atau tidak, klo mau order ya untung, klo tdk order jg tdk rugi. mau support atau tidak terserah .. cos biasanya afiliasi me record cookies dalam kurun waktu yg beda2 tiap pennyedia.
 

waroenghosting

Beginner 2.0
klo ini bukan reseller, ini mirip afiliasi ...
klo reseller ya harus support clientnya.. tdk bs lepas tanggung jawab..
contoh misal ini terjadi ke @dewangga
beli domain & hosting ke A.
A = reseller
setelah @ dewangga telah bayar & aktif domain +hosting .. dan Si A lepas tangan tentang tecnical support krn sdh terima uang dan hosting domain aktif

saat terjadi problem domain / hosting yg dibeli dewangga misal saja Pemblokiran Ip, dewangga mau minta bantuan siapa ?
klo gk bs buka blokir ip sendiri kan repot ..
apa mau digitu kan ?

klo sebatas afiliasi ya bisa lepas tangan krn semua urusan tecnical support dipegang oleh pennyedia hosting. jd setelah client / tmn order di web afiliasi kita dan kita dpt bonus / komisi sesuai ketentuan.
biarpun afiliasi pun sebenarnya jgn langsung lepas tangan sebelum masa garansi layanan abis.
misal:
@dewangga member afiliasi dari B .syarat komisi afiliasi bisa cair adalah 30 hari setelah order aktif karena garansi uang kembali yg diterapkan si B ke client adalah 30 hari.
maka sebelum 30 hari , @ dewangga disarankan men support agar client / tmn yg join di web afiliasi dewangga puas dan tidak refund sebelum sampai 30 hari .
tp klo afiliasi sich rata2 terserah / cuek mau order atau tidak, klo mau order ya untung, klo tdk order jg tdk rugi. mau support atau tidak terserah .. cos biasanya afiliasi me record cookies dalam kurun waktu yg beda2 tiap pennyedia.
maaf tuan jika lancang jawab, mungkin yang di mksud pak @dewangga itu betul karena yg di maksud pak dewangga itu ambil paket reseller,, dimana untuk masalah teknis ketika ada trouble terhadap client kita,,, kita sebagai reseller hanya meneruskan (membuat tiket ) kepada upline kita tuan.. jadi memang yg terbaik harus jadi reseller ke salah satu provider indo ketika memang belum mempunyai tim yang mumpuni menghadapi masalah kedepanya tuan
 

    
Top