[ask] Lebih baik vps spek ini apa vds spek ini?!

Status
Not open for further replies.

sanglegenda

Poster 1.0
saya mau order vps di ramno*e

Nah mereka nawarin vps kvm dan vds kvm, saya ada dua pilihan dengan harga sama $20

VPS KVM speknya ini

4096MB SKVMS 4096 MB 4 Cores 1 /64 80 GB 4000 GB
Standard and Massive VPS plans are hosted on Intel E5 CPUs (2.3GHz+ per core)
https://www.ramnode.com/vps.php

VDS KVM speknya ini

4GB SVDS 4096 MB 1 Dedicated Core 1 /64 100 GB 5000 GB
VDS plans are hosted on Intel E3 CPUs (3.3GHz+ per core).
https://www.ramnode.com/vds.php

Kira2 lebih baik milih yang mana ya? untuk visitor gede
 

valent

Apprentice 1.0
Ini buat hosting web kan? Seberapa banyak itu visitornya kira-kira?

Sepengalaman saya waktu membandingkan, kecepatan eksekusi proses php antara server dengan:
A. VPS dengan prosesor single core tapi high clock (1 core E3-1240 3.3 GHz - passmark single thread ~1800)
B. VPS dengan prosesor multi core tapi low clock (3 core E5-2620 2.0 GHz - passmark single thread ~ 1200)

Sewaktu membandingkan dulu, kedua server memiliki spek yang sama, cuma beda cpu aja. Testnya dilakukan dalam virtualisasi kvm (libvirt) dengan spek yang sama, tentu hanya jumlah cpu yg dialokasikan saja berbeda. VPS A hanya diberi akses 1 core dari 8 core yang ada (4c/8t) dan VPS B diberi akses 3 core dari 12 core yang ada (6c/12t).

Pertama-tama saya coba mendapatkan berapa banyak visitor yg bisa menyebabkan load di server A mendekati angka 1.00 (100%). Setelah itu kemudian baru di test di server B dengan jumlah visitor yg sama. Hasilnya di server B load tiap core nggak rata, hanya salah satu core yang penuh sementara yang lainnya ada yg sedikit load dan ada yg tetap idle.

Hasilnya untuk test script pure php, server A lebih unggul/lebih cepat dalam hal proses eksekusi script php (opcache dalam keadaan off). Dari sini kelihatan bahwa kalau soal skalabilitas php nggak begitu baik di multicore. Beda dengan nginx dan mysql yg skalabilitasnya jauh lebih bagus untuk memproses banyak request sekaligus.

Tapi kalau di realnya nanti pastinya kan nggak cuma interpreter php aja. Pasti ada manajemen database dan web server tertentu yang digunakan. Jadi multicore cpu akan membantu.

Walaupun kalau untuk jumlah visitor yang peak-nya sudah bisa diperkirakan seperti percobaan diatas, mungkin VPS A dengan penambahan 1 core lagi (jadi 2 core) bisa lebih ideal ketimbang VPS B yg diassign semua core di nodenya.

Oh iya kenapa VPS di node E3 bisa lebih mahal (atau minimal sama harganya) ketimbang di node E5 (apabila jumlah memori yg diberikan sama besar dan menggunakan jenis storage yg sama) adalah krn soal skalabilitas ini.

Node E3 akan jauh lebih sedikit menampung user (VPS) ketimbang node E5, krn nantinya node E3 akan mentok di kapasitas maksimum memori yg bisa terpasang di nodenya.
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
menurut saya coba ke yg 4 cores saja..
pakai yg 1 cores memang lbih bagus tp kalau terlalu tinggi hingga overload ga baik jg, bsa berdampak terhadap pnangguhan layanan..
 
Status
Not open for further replies.

    
Top