#ask Spesifikasi Hosting ( Portal Berita , Live Streaming, Game )


pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Wa'alaikumsalam Wr Wb
Mungkin bisa dicoba contoh beberapa portal berita yang sudah berjalan, yaitu dengan menggunakan lebih dari satu server, jadi beberapa point service di atas dibagi ke beberapa server untuk hendlenya
Karena jika dikumpulin semua di satu mesin yang sama, untuk kebutuhan serius dan jangka panjang kurang rekomendasi
 

mybloodiscoffee

Expert 1.0
Split aja, app berita n MLM bisa jd 1 server pakai vps msh sanggup itu misal vps 2gb, yg jadi pertanyaannya anda backend pakai apa? Pake wordpress jg bisa, terus anda mau bikin app pakai framework apa juga kan banyak jenis n ada kekurangan kelebihan, pun misal itu app android tdk semua hp android OSnya msh pure android ada yg sdh bawaan pabrikan alias custom OS ni yg jd mslh biasanya.

Backend pastilah harus mempertimbangkan kontennya mau spt apa dan bgmn loadnya, klo ga berat amat kontennya di load ya pake server nginx Apache udah ckp, tp sih ke depan pastinya itu konten akan lebih dinamis jadi tanggung jg kalo nginx Apache sekalian aja litespeed buat servernya.

Klo streaming, sekedar vps utk dibikin ala ala zoom free source pakai jitsi meet vps 1gb udah bisa jalan tuk 10 user msh kuat ini sekedar contoh dulu saya beri free utk klien institusi pendidikan. Nah klo game n streaming saya sarankan anda split jg, game android ringan msh bisa dtangani vps, kalo streaming pake vps ram gede pun performa ga akan sebaik pake DS. Pintar²lah setup bagian streamingnya. Target user anda negara mana ya usahakan server terdekat n stabil ga mesti harus server yg 1 negara dng lokasi user anda.
 

saurus

Beginner 2.0
pertama pake aws lightsail cukup aja, dns pake aws aja, biar nanti gk ada down time nya.
tinggal ganti ip aja.
next baru pake ec2, lanjut main load balancer, dn auto scalling, simple aja. d sesuaikan budget juga.
kalo baru awal pake shared aja mase bsa, d pecah per subdomain, atau main microservice boleh juga.
banyak jalan sebenernya, asal d rencakan dengan matang.
 

Top