Cloudflare Lemot dan Lambat


kyuichi

Poster 2.0
Tuan saya adalah admin https:// jagomovie.net yang sejak dulu adalah pengguna jasa layanan CDN yang gratisan si Cloudflare, Tapi sejak tanggal 12 sampai sekarang server mereka membuat akses website menjadi lemot kenapa ya ? Seperti router berkeliling dunia saja loading website nya, bahkan membuka halaman web yang sedikit mengandung konten dan tidak memuat script butuh waktu 1-2 menit untuk memuat penuh tampilannya ? Tapi kayaknya seluruh pengguna cloudflare kena deh dampaknya, makanya saya beralih lagi ke server origin biar kencang dan kendor lagi... Biar pengunjung tidak kecewa... Apakah ada yg senasip dan sederita Tuan ? Mohon balasannya yaa :), terima kasih...
  1. Dari pengalaman saya cloudflare lemot itu ada bbrp kondisi: memang dari sisi cloudflare-nya yang kadang lagi entah upgrade sistem or whatever, juga bisa dari sisi server hosting kita-nya. Pengalaman saya di website milik saya dan pelanggan yg berbasis wordpress dng plugin macam", 1 hosting litespeed 1gb ram isi 5 web wordpress, lokasi server usa, sudah pasang cache (ini saya test 2 cache plugin: comet cache dan litespeed cache) n sudah seting ini itu di cloudflare (jelas donk ns cloudflare juga), kalau pas lagi ga peak time waktu indonesia barat akses ke website tsb dan cloudflare juga lagi stabil hasilnya dng comet cache akses loading sempurna bisa lebih cepat 1 detik, dng litespeed cache sedikit lebih lambat drpd pake comet cache.
  2. Kalau pas lagi peak time, biasanya lebih lemot loading sempurna berkisar 1-2 detik saja.
  3. Saya mengoptimalkan css, js, image saya kompress dsb di semua web. Tidak ada media audio/visual di web, tdk ada fasilitas chat box dsb.
  4. Tambahan: Cloudflare ada server di singapore, hongkong, usa, dsb. Kalau saya akses di saat ga peak time dari mobile browser dan pake warp+ cloudflare ke website saya, hasilnya memang lebih cepat dari yg awalnya loading sempurna 6 detik, dng warp+ bisa 4 detik saja. Saat peak time pake warp+ biasanya lebih cepat 1 detik-an. Namun warp+ ini ga bisa kita pilih mau pake server cloudflare region mana, saya coba dng bbrp operator internet mobile 4G, hasilnya konek ke server warp+ beda beda region servernya, kadang dapat yg di jakarta (ya cloudflare ada server di jakarta juga), kadang dpt singapore, hongkong, usa.
catatan: mau pake cloudflare atau tidak, kalau memang hosting kita sewajarnya sudah berat beban-nya, pake cloudflare juga ga akan ngefek banyak!
 

kyuichi

Poster 2.0
Waduh kak, saya sebenarnya cukup puas dengan layanan Cloudflare karna suka yang gratis2 hahaha... apalagi ini CDN, tapi mau gimana lagi, masalah itu pasti ada-ada saja timbul... Saat ini Cloudflarenya sudah normal kembali, saya kembali pakai proxy Cloudflarenya biar aman ip server hihi
Aman ip maksudnya gmn nih? Biar ga ketahuan ip-nya? Kalau pake proxy cloudflare tapi bagian MX record di dns record cloudflare anda masih open ya tetep ketahuan ip-nya mas.
 

JagoMovie.NET

Beginner 2.0
  1. Dari pengalaman saya cloudflare lemot itu ada bbrp kondisi: memang dari sisi cloudflare-nya yang kadang lagi entah upgrade sistem or whatever, juga bisa dari sisi server hosting kita-nya. Pengalaman saya di website milik saya dan pelanggan yg berbasis wordpress dng plugin macam", 1 hosting litespeed 1gb ram isi 5 web wordpress, lokasi server usa, sudah pasang cache (ini saya test 2 cache plugin: comet cache dan litespeed cache) n sudah seting ini itu di cloudflare (jelas donk ns cloudflare juga), kalau pas lagi ga peak time waktu indonesia barat akses ke website tsb dan cloudflare juga lagi stabil hasilnya dng comet cache akses loading sempurna bisa lebih cepat 1 detik, dng litespeed cache sedikit lebih lambat drpd pake comet cache.
  2. Kalau pas lagi peak time, biasanya lebih lemot loading sempurna berkisar 1-2 detik saja.
  3. Saya mengoptimalkan css, js, image saya kompress dsb di semua web. Tidak ada media audio/visual di web, tdk ada fasilitas chat box dsb.
  4. Tambahan: Cloudflare ada server di singapore, hongkong, usa, dsb. Kalau saya akses di saat ga peak time dari mobile browser dan pake warp+ cloudflare ke website saya, hasilnya memang lebih cepat dari yg awalnya loading sempurna 6 detik, dng warp+ bisa 4 detik saja. Saat peak time pake warp+ biasanya lebih cepat 1 detik-an. Namun warp+ ini ga bisa kita pilih mau pake server cloudflare region mana, saya coba dng bbrp operator internet mobile 4G, hasilnya konek ke server warp+ beda beda region servernya, kadang dapat yg di jakarta (ya cloudflare ada server di jakarta juga), kadang dpt singapore, hongkong, usa.
catatan: mau pake cloudflare atau tidak, kalau memang hosting kita sewajarnya sudah berat beban-nya, pake cloudflare juga ga akan ngefek banyak!
Penjelasan yang sangat lengkap sekali mas, terima kasih atas jawaban yang super ini.
 

kyuichi

Poster 2.0
Wkwkwk... Bener ya, belum di setting xixi.. lupa atur itu di DNS Cloudflare mas
Lah dr kemaren" sampe skrg IP-nya masih nongol mas :24: maksud saya klo anda ga butuh kirim" email ga usah add record mx web tetep operasional normal kok. Tapi ga ada mx record di cloudflare pun masih bisa dilacak anda pake hosting di negara mana, jasa hosting apa. :43:
 

JagoMovie.NET

Beginner 2.0
Hihi...soalnya butuh kprluan buat kirim email mas, Itu cuma pake tokohost sama sharkhosting sih mas, lokasi ada di SG 1 biji 2 biji di US wkwk
 

kyuichi

Poster 2.0
Hihi...soalnya butuh kprluan buat kirim email mas, Itu cuma pake tokohost sama sharkhosting sih mas, lokasi ada di SG 1 biji 2 biji di US wkwk
Mungkin mau coba pake mx record gmail mas? atau ya coba pake smtp gratisan sendgrid, sendinblue dsb. Saya sendiri setup 3 mx record di dns record cloudflare saya, 2 eksternal 1 internal hosting. Pemakaian disesuaikan berbasis api/smtp-nya.
 

JagoMovie.NET

Beginner 2.0
Wahh saya sih gak ngerti urusan setting bgituan mas, saya masih basic banget soal setting-setting ini itu hihi... Udah bgini aja gpp, yang penting bisa jalan emailnya, soalnya email msuk jg bakalan di direct ke akun gmail wkwkwk...
 

    
Top