Ghibah Tengah Malam Ah



iidbae

Expert 1.0
Sambil nungguin back up 200 MB kecepatan unduh 20 KB selesai, mending ghibah. Padahal waktu awal-awal bisa sampai 500 KB. Ada apa sih si Lautan Biru ini? Hadueh...

Sudah lama sekali gak buka topik baru di sini. Paling komentar kalau penting-penting amat. Itu juga komentar lantaran ada yang colek. Terakhir komentar, ada hubungannya dengan ini.

Hari ini/kemarin mungkin sudah pada tahu, ada kebakaran di salah satu pusat data di negeri seberang. Salah satu penyedia server. Tim promosinya juga suka promosi di sini.

Buat yang pegang server pastilah tahu betapa stres nya kalau mengalami kondisi itu. Satu server terbakar bikin pusing, apalagi satu gedung yang terbakar. Apalagi ini perusahaan juga bukan kaleng-kalengan. Sampai-sampai mereka menjalankan “Rencana Pemulihan Pasca Bencana”

Minggu lalu aja gak sengaja hapus satu folder foto di HP, bingung nge-resotore nya. Terpaksa diiklasin.

Nah yang mau dighibahin adalah, kenapa bisa terbakar?

Itu memang musibah. Lalu diikuti, kita semua juga manusia biasa gak ada yang sempurna.

Yang menarik, provider ini membagi-bagi kasta pelanggan mereka. Bagi pelanggan yang gak kuat bayar support tiket, balasan tiketnya sekian lama. Yang kuat bayar support tiket, bisa secepat kilat. Wusss

Kalau saya sih ngeliatnya begitu.

Mungkin ada client yang gak ada pilihan lain terpaksa pakai provider ini. Lalu dia bersabar menunggu balasan tiket.

Praktik pembagian kasta klien ini sebenarnya wajar. Di dunia lain, ada yang seperti ini. Meski SLA balasan tiket kasta gratisan gak sampai 24 jam, tapi mungkin pembagian kasta ini bikin menyentuh hati.

Nah yang mau digibahin itu, apa mungkin kebakaran itu terjadi akibat doa-doa para klien kecil yang merasa “teraniaya”?

Kalau satu atau dua orang itu gak masalah. Ini bisa jadi ribuan atau mungkin akumulasi ratusan ribu pelanggan yang merasa teraniaya sebelumnya, di tahun-tahun sebelumnya.

Sudah itu saja gibahnya.

Lama banget 200 MB, serasa zaman windows 98 selesai unduhannya.

Selesai gibah juga masih belum selesai.

Ada yang mau ikutan gibahin kebakaran?
 

BUANA dotnet

Hosting Guru
Verified Provider
akibat doa-doa para klien kecil yang merasa “teraniaya”
Kita gak doa apa2 sih ...
Cuma sebel aja, karena sudah balas tiket nya lama, balasannya songong dan congkak
Mungkin karena kita masih masuk kasta rendah, cuma omset ribuan USD

Ada post keluhan di sini juga tidak direspon, padahal akun dia di DWH sebagai Verified Provider
 

masdono

Poster 1.0
masih untung mereka, datacenternya pinggir kali, jadi bisa cepet padamin api nya, kalo padamin ticket2 ga tau deh.
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Nah yang mau digibahin itu, apa mungkin kebakaran itu terjadi akibat doa-doa para klien kecil yang merasa “teraniaya”?
Musibah akan selalu mungkin terjadi kepada siapa saja, jadi maaf jika dari saya pribadi sepertinya kurang tepat jika kita beranggapan demikian karena bukan domain kita
 

BUANA dotnet

Hosting Guru
Verified Provider
iya, itu musibah sih, kemungkinan paling deket short-circuit, tapi harusnya bisa tertangani
mesti tunggu hasil investigasi petugas terkait untuk dapat kepastian kenapa nya

kemungkinan lain sabotase, karena OVH France hosting beberapa muatan content yang kontroversial
 

trias

Expert 1.0
Kita gak doa apa2 sih ...
Cuma sebel aja, karena sudah balas tiket nya lama, balasannya songong dan congkak
Mungkin karena kita masih masuk kasta rendah, cuma omset ribuan USD

Ada post keluhan di sini juga tidak direspon, padahal akun dia di DWH sebagai Verified Provider
Sabar om, ini hanya cobaan untuk om naik tingkat

Musibah akan selalu mungkin terjadi kepada siapa saja, jadi maaf jika dari saya pribadi sepertinya kurang tepat jika kita beranggapan demikian karena bukan domain kita
betul, bisa jadi memang mereka dikirim tuhan pada kita untuk menguji kita.
balas aja semua dengan kerah tamahan, ramah tamah kan ciri khas orang indonesia.
 

iidbae

Expert 1.0
Dari pelajaran kebakaran ini, pelajaran yang terpenting back up, back up, back up.

Sudah dua kali mau nekan check out di tempat mereka. Cuma mikir, tagihannya dipotong per bulan bukan per jam. Trus keterangan hitungan 1 bulan gimana, juga gak nemu. Unik banget dah ini provider.

Gara-gara pembagian kasta itu, asli gak nyaman buka tiket. Masak iya mesti baca SLA sama TOS mereka dulu.

Yah semoga yang terkena musibah diberikan kesabaran. Termasuk para kliennya.

Makasih om-om sudah komentar di sini.
 

trias

Expert 1.0
Sudah dua kali mau nekan check out di tempat mereka. Cuma mikir, tagihannya dipotong per bulan bukan per jam. Trus keterangan hitungan 1 bulan gimana, juga gak nemu. Unik banget dah ini provider.
belum jodoh itu namanya pak :4:

kita ndak tau apa yang akan terjadi kemudian, bisa jadi besok atau tahun depan bapak bisa berjodoh dengan mereka.
semua bisa terjadi
 

Top