Permisi.. saya newbie di forum ini, mohon maaf kalo salah tempat. saya hanya ingin menyampaikan keluh kesah saya tanpa bermaksud memojokan siapapun.
sebagai internet marketer, saya sudah faham mengenai web hosting, ttg resource usage, bahasa marketing "unlimited space or bandwith", etc. selama ini saya selalu menggunakan jasa hosting luar dan tidak mempunyai masalah. dimana mereka memperhatikan hak dari customer mereka (mungkin karena hukum di sana lebih jelas kali ya?). jadi klo suspend or banned, itu benar" karena customer memang sudah menyalahi aturan ToS mereka. dan biasanya meskipun di banned karena pelanggaran ToS, customer tetap menerima hak nya (spt file" dan data" website customer, refund pembayaran yg telah dibayarkan setelah dipotong masa pemakaian, etc).
dan hampir setiap penyedia hosting memberikan feature "money back guarantee" apabila customer nya tidak puas dengan pelayanannya. hal ini membuat saya nyaman dan tidak susah dalam mencari web hosting luar.
hingga akhirnya saya punya client yg minta dibikinkan web company profile dengan target lokal. atas pertimbangan segi seo, saya memutuskan untuk memakai hosting dengan server lokal iix. di sini saya terkejut dgn kondisi penyedia hosting lokal. harga sangat-sangat bervariasi dari mulai yg murahan smp yg fantastic. dan dari semua penyedia hosting lokal, none of them alias tidak ada satupun (at least dari yg saya dapet dgn googling dan baca" reviewan) yg di dalam ToS nya memperhatikan hak customer.
akhirnya saya memilih penyedia hosting yg sesuai dgn kebutuhan client saya saat ini. namun baru bbrp hari saya menemukan banyak masalah dgn server nya. dari mulai server down, server loading very very very slowly, etc. dan apabila saya mengeluh kepada live-chat nya, itupun setelah sekian kali kontak setelah berkali-kali tidak digubris, sangat sangat sangat berbeda seperti pada saat kita ingin membeli sebagai calon customer sepertinya sebelum kita nanya pun sudah dijawab (lebay mode: on), jawabannya : "bapak bole kirim pertanyaan bpk ke email kami di support kami" dimana kalo saya buka support ticket, jawabannya bisa melebihi 1 x 24 jam. and guess what, klo kita tidak puas dgn layanan yg diberikan dgn enteng jawaban mereka : "silahkan bapak cari penyedia hosting lain, money refund tidak dapat diberikan"... really funtastic!!!
akhirnya skrg sebelum memutuskan untuk membeli layanan hosting, hal pertama yg saya tanyakan : "apakah ada feature money back guarantee?" and amazingly, none of them can provide it. hal yg sepertinya menjadi keharusan bagi penyedia hosting untuk kredibilitas nya dalam memperhatikan hak customer, sepertinya menjadi hal yg tabu bagi penyedia hosting lokal. apakah hal seperti ini memang trick dari penyedia hosting lokal dimana setelah menerima pembayaran untuk jangka waktu tertentu setelah itu mulai mencari celah untuk "menendang" customer tanpa merasa bertanggungjawab akan pembayaran yg telah diterima? is it realy a good business? no wonder there are so much local web hosting but none of them have a good reputation. it is true, banyak di kalangan internet marketer yg meragukan kualitas hosting lokal. dan baru saya sadari sekarang ternyata memang demikian adanya.
saya mohon maaf untuk para penyedia layanan hosting lokal namun saya beranikan menulis ini di internet (yg tentunya akan dibaca oleh umum) dikarenakan memang seperti ini ada nya. feature money back guarantee seakan dianggap menjadi suatu hal yg tidak menyenangkan, bukan sebagai kesempatan untuk membuktikan kredibilitas dari penyedia hosting tsb.
sad but its true..
sebagai internet marketer, saya sudah faham mengenai web hosting, ttg resource usage, bahasa marketing "unlimited space or bandwith", etc. selama ini saya selalu menggunakan jasa hosting luar dan tidak mempunyai masalah. dimana mereka memperhatikan hak dari customer mereka (mungkin karena hukum di sana lebih jelas kali ya?). jadi klo suspend or banned, itu benar" karena customer memang sudah menyalahi aturan ToS mereka. dan biasanya meskipun di banned karena pelanggaran ToS, customer tetap menerima hak nya (spt file" dan data" website customer, refund pembayaran yg telah dibayarkan setelah dipotong masa pemakaian, etc).
dan hampir setiap penyedia hosting memberikan feature "money back guarantee" apabila customer nya tidak puas dengan pelayanannya. hal ini membuat saya nyaman dan tidak susah dalam mencari web hosting luar.
hingga akhirnya saya punya client yg minta dibikinkan web company profile dengan target lokal. atas pertimbangan segi seo, saya memutuskan untuk memakai hosting dengan server lokal iix. di sini saya terkejut dgn kondisi penyedia hosting lokal. harga sangat-sangat bervariasi dari mulai yg murahan smp yg fantastic. dan dari semua penyedia hosting lokal, none of them alias tidak ada satupun (at least dari yg saya dapet dgn googling dan baca" reviewan) yg di dalam ToS nya memperhatikan hak customer.
akhirnya saya memilih penyedia hosting yg sesuai dgn kebutuhan client saya saat ini. namun baru bbrp hari saya menemukan banyak masalah dgn server nya. dari mulai server down, server loading very very very slowly, etc. dan apabila saya mengeluh kepada live-chat nya, itupun setelah sekian kali kontak setelah berkali-kali tidak digubris, sangat sangat sangat berbeda seperti pada saat kita ingin membeli sebagai calon customer sepertinya sebelum kita nanya pun sudah dijawab (lebay mode: on), jawabannya : "bapak bole kirim pertanyaan bpk ke email kami di support kami" dimana kalo saya buka support ticket, jawabannya bisa melebihi 1 x 24 jam. and guess what, klo kita tidak puas dgn layanan yg diberikan dgn enteng jawaban mereka : "silahkan bapak cari penyedia hosting lain, money refund tidak dapat diberikan"... really funtastic!!!
akhirnya skrg sebelum memutuskan untuk membeli layanan hosting, hal pertama yg saya tanyakan : "apakah ada feature money back guarantee?" and amazingly, none of them can provide it. hal yg sepertinya menjadi keharusan bagi penyedia hosting untuk kredibilitas nya dalam memperhatikan hak customer, sepertinya menjadi hal yg tabu bagi penyedia hosting lokal. apakah hal seperti ini memang trick dari penyedia hosting lokal dimana setelah menerima pembayaran untuk jangka waktu tertentu setelah itu mulai mencari celah untuk "menendang" customer tanpa merasa bertanggungjawab akan pembayaran yg telah diterima? is it realy a good business? no wonder there are so much local web hosting but none of them have a good reputation. it is true, banyak di kalangan internet marketer yg meragukan kualitas hosting lokal. dan baru saya sadari sekarang ternyata memang demikian adanya.
saya mohon maaf untuk para penyedia layanan hosting lokal namun saya beranikan menulis ini di internet (yg tentunya akan dibaca oleh umum) dikarenakan memang seperti ini ada nya. feature money back guarantee seakan dianggap menjadi suatu hal yg tidak menyenangkan, bukan sebagai kesempatan untuk membuktikan kredibilitas dari penyedia hosting tsb.
sad but its true..