Kekuatan Platform Sosial Media

joneserver

Poster 1.0
Seperti yang kita tahu, zaman sekarang untuk promosi platform sosial media engga kalah eksis dengan platform search enggine (saya kurang tau saat ini lebih populer mana)

Dan pendapatan penyedia platform sosial media pun sangat fantastis

Tapi... bisakah indonesia seperti negara china yang punya platform sosial media sendiri ?
Bahkan china saat ini mulai menyusul platform platform dari paman sam

Dari beberapa platform sosial media yang di buat anak bangsa menurut tuan tuan apa kekurangannya yang membuat tidak bisa bersaing ?
 

chairulavif

Poster 1.0
Pemerintah China dengan Tegas meminta data dari plaform yang mau masuk ke Negara mereka. Jadi saya rasa Indonesia kalo mau buat Sosmend sendiri jadi kayak buang2 uang
 

Pencari_Ilmu

Hosting Guru
Indonesia sudah punya sosmed, tapi ga sepopuler punya luar sih seperti kaskus, sebangsa, qlue, video.com, dll
tergantung definisi media sosial itu seperti apa dulu..
 

TopBgtWeb.com

Poster 2.0
video.com
vidio.com tuan, bukan video

selain itu Indonesia juga punya meTube.co.id, Saling Sapa (seperti FB) dan dulu kalau ga salah (mohon dikoreksi jika salah) Indonesia punya sosmed chat CatFish.


Dari beberapa platform sosial media yang di buat anak bangsa menurut tuan tuan apa kekurangannya yang membuat tidak bisa bersaing ?
menurut saya kekurangannya adalah promosi yang kurang besar-besaran. seperti e-commerce, sosmed seperti FB, Twitter, IG, WA juga memiliki biaya promosi yang besar atau istilahnya ada fase "bakar uang". contohnya miChat tidak hanya sangat populer di Cina, tapi juga di Indonesia. itu karena biaya promo/iklan mereka sangat besar di fase awal. itu salah satu sebab sosmed buatan anak negeri belum popoluer di warganya sendiri.

untuk tampilan dan fitur menurut saya tidak kalah dengan sosmed luar.
 

VMarshall

Poster 1.0
Inisiatif orang sekarang itu:
" Kalau sudah ada yang lebih bagus, dengan pengguna user base yang besar, branding yang lebih keren, kenapa harus pakai lokal? "
 

kyuichi

Poster 2.0
Klo saya lebih trust search engine, data di sosmed bisa lebih mudah di'seting' krn banyak yg jual "traffic" palsu tergantung jenis sosmednya, sosmed lebih mudah manipulasi data krn sosmed ga lebih open drpd search engine untuk kegunaan publik. Klo search engine lebih susah nembus misal 10 first rank page, persaingan seo lebih sengit, jasa iklan juga keyword spesifik targetnya jelas dan lebih open ke akses publik dari negara manapun bisa akses mudah ga perlu login sosmed dulu (misalnya).

Klo bicara income, sosmed mungkin lagi masa"nya penghasilan gede, tapi bagaimanapun ga akan pernah mengalahkan data real dari search engine. Yang bener" cari data real akan lebih monitoring kompetisi di search engine, kemudian cari akal pasang iklan di search engine untuk bersaing dng kompetitor. Sosmed menurut saya sekedar pelengkap saja, penggembira, ibaratnya akan ada musimnya runtuh krn memang ga atau bukan di desain untuk menyediakan data yang lebih baik drpd data search engine (dan periklanan search engine).

Klo bicara indonesia punya platform sosial media sendiri, menurut saya sbnrnya sudah ada, cuma belum ada yang menonjol. Korporasi lokal juga lebih "care" pasang iklan utk perusahaan OTT / sosmed luar. Indonesia agak unik, platform, sosial media memang ga seheboh buatan negara luar, tapi urusan bloggin org indo emang rajin, dan ini bisa jadi sumber pendapatan iklan utk blogger, bagi blogger ini 'mainan sosmed' yang profitable utk mrk tp memang ga bisa mengatasnamakan sosmed indonesia. Faktanya banyak korporasi otomotif bersyukur ada blogger indonesia krn meningkatkan citra brand image produk mrk dan korporasi ini bahkan lebih banyak pasang iklan di blogger" spt ini drpd di sosmed atau di search engine.
 

lintas

Beginner 1.0
Indonesia punya kok beberapa social media, namun saja tidak terkenal seperti sosmed diluar, tapi balik lagi regulasi pemerintah juga bisa membantu untuk menaikan konten (bukan hanya sosmed) di indonesia :)
 

    
Top