Laporan Analisis SEO Pasca Update Google Mei 2020


Tulisan semacam ini...

  • Buang-buang waktu

  • Tidak begitu relevan

  • Cukup informatif


Results are only viewable after voting.

Sumeh

Beginner 1.0
Salam, Tuan-tuan. Ini posting pertama saya, semoga berkenan.

Laporan Analisis SEO Pasca Update Google Mei 2020

Diterjemahkan dari thread Aim100I di BHW: Google May 2020 update explained, 400 sites checked, 270 human manual hours invested.

Google melakukan update besar 4 Mei kemarin. Mungkin banyak dari Anda yang telah melihat perubahan ranking situs Anda.

Sejak 7 Mei, saya dan 3 orang anggota tim saya telah melakukan analisis guna memahami update Google ini. Kami memperoleh sejumlah kesimpulan.

Bagaimana Kami Melakukannya?

Kami memeriksa lebih dari 400 situs secara detail dan telah menghabiskan lebih kurang 270 jam kerja.

Kami membagi situs ke dalam 3 kategori:
  • Kategori A: situs yang kehilangan ranking setelah update. Sebut saja situs pecundang.
  • Kategori B: situs yang rankingnya hampir tetap setelah update. Mungkin hanya berubah 5-10 peringkat, atau hanya kehilangan ranking untuk beberapa keyword saja.
  • Kategori C: situs yang diuntungkan oleh update. Sebut saja situs pemenang
Kami melakukan kroscek kembali pada situs-situs tersebut pada 22 Mei. Sebab, Goggle butuh waktu untuk meluncurkan update secara komplet. Kemudian, kami memilih situs-situs tertentu untuk memastikan hasil analisis yang terang.

Bagaimana Google Menentukan Ranking Situs?

Bagian ini tidak ada hubungannya dengan analisis kami. Tetapi ini agar Anda lebih memahami tulisan ini secara utuh.

Google tidak pernah menentukan ranking sebuah situs dengan SATU FAKTOR. Google selalu memeriksa banyak faktor untuk menentukannya.

Sebagai ilustrasi:
  • Dalam niche tertentu, bisa jadi ada situs ranking 1 meski sama sekali tak punya sinyal dari media sosial.
  • Dalam niche tertentu, bisa jadi ada situs ranking 1 meski hanya memiliki 5 halaman konten.
  • Dalam niche tertentu, bisa jadi ada situs yang muncul di SERP meski hanya punya 10 backlink.
Meski demikian, tidak berarti Anda lantas ikut-ikutan tidak memanfaatkan social signal, hanya membuat 5 halaman konten, atau hanya memberikan 10 backlink, kemudian berharap situs Anda memperoleh ranking.

Dengan adanya social signal, peluang ranking situs Anda akan meningkat.

Dengan mengunggah banyak artikel, peluang ranking situs Anda lebih besar.

Dengan banyak backlink, peluang ranking situs Anda lebih bagus.

SEO adalah tentang memberikan POIN-POIN POSITIF dari berbagai aspek pada situs Anda. Baik media sosial, link, atau lainnya.

Tak sukup satu hal saja untuk menjatuhkan ranking situs Anda. Ada banyak faktor yang terlibat, dan kita akan membahasnya.

Mari kita mulai!


1. Link ke homepage vs link ke halaman lainnya

Kebanyakan situs pemenang memiliki rerata 30-50% backlink ke homepage dan 50-70% backlink ke halaman lainnya.

Kebanyakan situs pecundang memiliki prosentase backlink jauh lebih besar ke homepage dan jauh lebih kecil ke halaman lainnya.

POIN PENTING: Periksa prosentase link situs Anda. Pastikan jumlah backlink ke inner pages (halaman non-homepage) LEBIH BANYAK daripada ke homepage.


2. Prosentase Exact Brand Anchor

Kebanyakan situs pemenang memiliki sekitar 30% exact brand anchor.

Kebanyakan situs pecundang memiliki sekitar 13% exact brand anchor.

Contoh exact brand anchor:

Jika situs Anda adalah sepakboladotkom, maka brand anchor-nya adalah sepakbolaatau sepak bola.

Kami tidak menghitung BRAND ++ keywords, misalnya judul halaman + brand anchor, atau variasi brand anchor lainnya sebagai brand anchor. Jika dihitung, maka prosentasenya akan terlalu tinggi.

POIN PENTING: Pastikan memiliki cukup banyak exact brand anchor.


3. Prosentase Anchor Generik

Kebanyakan situs pemenang memiliki sekitar 10% anchor generik.

Kebanyakan situs pecundang memiliki sekitar 5% anchor generik.

POIN PENTING: Pastikan situs And punya sekitar 10% anchor generik.


4. Social Media Votes

Kebanyakan situs pemenang memiliki sekitar 2000 social votes.

Kebanyakan situs pecundang memiliki sekitar NOL social votes.

Sebagian situs pecundang lainnya memiliki social votes terlalu besar, lebih dari 10 ribu.

Kami memriksa social media votes pada situs-situs pecundang, dan hasilnya menunjukkan spamming yang terlalu kentara. Kebanyakan menggunakan spammy profiles dan terlihat 100% spam.

Kami juga memeriksa social media votes dari situs-situs pemenang dan nampak bahwa mereka berasal dari profil-profil yang cukup terpercaya.

Kebanyakan situs pemenang memiliki social media votes yang tersebar di berbagai halaman di situsnya.

Kebanyakan situs pecundang memiliki social media votes yang tertarget di beberapa halaman saja di situsnya.

Google memiliki kinerja yang baik dalam menentukan eksistensi situs Anda di media sosial, sehingga tak bisa diremehkan.

POIN PENTING:
  • Dapatkan social media votes dari akun-akun terpercaya, jangan dari akun-akun spam.
  • Dapatkan votes perlahan dan jangan pernah membeli ribuan votes dalam sekali waktu.
  • Dapatkan votes untuk berbagai halaman situs Anda, jangan hanya url tertentu saja.
  • Paling utama, eksistensi situs Anda di media sosial tak boleh nampak spammy. Harus kelihatan rasional. Pastikan kontennya cukup bagus dan penting untuk di-share di medsos.

5. Media Sosial Mana Saja yang Disukai Google?

Kebanyakan situs pemenang memiliki social media votes di:
  • FB (suka, komentar, share) sekitar 20%-50% dari total votes.
  • Pinterest sekitar 20%-50% dari total votes.
  • GetPocket, Folkd, Bitly, VK, Buffer, Reddit.
POIN PENTING:
  • Dapatkan votes terutama dari Facebook dan Pinterest.
  • Setelahnya baru dapatkan votes dari GetPocket, Folkd, Bitly, VK, Buffer, dan Reddit.
  • Baik juga untuk menambahkan sejumlah vote dari Twitter.

6. Relevansi Backlink Niche

Kebanyakan situs pemenang memiliki backlink yang terkait niche. Backlink dari niche yang tak terkait diposkan pada kategori situs backlinking yang benar.

Kebanyakan situs pecundang memiliki sedikit backlink terkait niche. Backlinknya juga diposkan pada kategori situs yang keliru.

POIN PENTING: Dapatkan backlink dari situs yang niche-nya relevan. Backlink dari niche yang tak terkait harus diletakkan pada kategori/tag yang tepat.


7. Jumlah Artikel di Situs

Kami memeriksa 400 situs secara rinci, juga 600 situs lainnya demi memperoleh kesimpulan berikut.

Dalam setiap niche, kami memeriksa 10 kompetitor utama dari situs pemenang, dan kami menemukan bahwa situs pemenang tersebut memiliki artikel 3 kali lebih banyak daripada situs pecundang.

POIN PENTING: Pastikan memiliki lebih banyak artikel daripada 10 kompetitor utama. Hindari berkompetisi dengan situs authority, sebab hampir mustahil untuk memiliki artikel lebih banyak dari mereka.


8. Jumlah Kata dalam Artikel

Kebanyakan situs pemenang memiliki artikel sepanjang rata-rata 1000 kata.

Kebanyakan situs pecundang memiliki artikel sepanjang rata-rata 700 kata.

POIN PENTING: Pastikan situs Anda memiliki rata-rata artikel sepanjang 1000 kata.


9 . Anchor yang dipakai?

Kebanyakan situs pemenang, saat kami lihat berbagai halaman di situs tsb, kami menemukan bahwa tiap-tiap halaman memiliki setidaknya 5 anchor berbeda.

Kebanyakan situs pecundang, saat kami lihat berbagai halaman di situs tsb, kami menemukan bahwa tiap-tiap halaman memiliki hanya 2-3 anchor yang merujuk ke halaman tsb.

POIN PENTING: Saat membuat backlink, pastikan sebagian besar halaman situs Anda memiliki masing-masing 5 anchor berlainan.


10. Durasi Pengunjung

Kebanyakan situs pemenang menghabiskan waktu rata-rata 53 detik di situs tersebut.

Kebanyakan situs pemenang menghabiskan waktu rata-rata 1,49 menit di situs tersebut.

POIN PENTING: Tidak relevan.


11. Backlink Video

Saat ini, Google memberikan bobot penilaian untuk backlink video.

Kebanyakan situs pemenang memiliki banyak video backlink.

Kebanyakan situs pecundang memiliki NOL video backlink.

POIN PENTING: Pastikan membuat sejumlah video Youtube dan berikan backlink ke situs Anda. Juga dapatkan backlink dari situs video lainnya, seperti DailyMotion.


12. Relevansi Situs (on page)

Kebanyakan situs pemenang memiliki LEBIH SEDIKIT artikel umum.

Kebanyakan situs pecundang memiliki LEBIH BANYAK artikel umum.

Contoh broad anchor: Jika situs Anda adalah sepakboladotkom, maka broad anchor-nya adalah hobi atau olahraga.

Google nampaknya cukup peduli pada relevansi on page sebuah situs.

POIN PENTING: Anda harus tetap fokus pada niche situs, jangan memuat artikel umum.


13. LSI Keywords untuk Backlink

Situs pemenang memiliki lebih banyak backlink dengan lsi keyword daripada situs pecundang.

POIN PENTING: Dapatkan lebih banyak backlink dengan LSI keyword.



Demikianlah temuan-temuan yang berhasil kami dapatkan.


Bagaimana merebut ranking situs Anda kembali?

Pada kebanyakan kasus, tak ada faktor tunggal yang menentukan apakah situs Anda akan naik atau turun ranking. Hal ini selalu ditentukan oleh banyak faktor.

Jika situs Anda turun ranking, coba kroscek seluruh poin di atas dan coba penuhi satu per satu.

NB:
  • Frasa kebanyakan situs di tulisan ini artinya 40-80% dari seluruh situs yang diperiksa.
  • Kami memeriksa situs-situs berukuran sedang atau kecil saja. Maka, tulisan ini bukan merujuk pada situs-situs authority besar yang memiliki jutaan artikel di dalamnya.

Semoga tulisan ini berguna. Terima kasih sudah membacanya.
 

Top