Lokasi server untuk peringkat situs


mlutfiup

Hosting Guru
Siang tuan saya masih awam dalam hal seo, Saya sering baca begini "kecepatan situs mempengaruhi peringkat situs", itu artinya lokasi server berpengaruh, tapi saya masih bingung kecepatan yang di maksud kecepatan dari pengguna atau dari robot google, kalau kecepatan dari pengguna yg mayoritas targetnya adalah indonesia tentu server indonesia bisa jadi yang paling cepat, tapi kalau kecepatan yg di maksud adalah roboot google saat mengindex mungkin bukan server indonesia karena sepertinya roboot google menggunakan server us (menurut saya) atau memang robot google juga punya beberapa lokasi berbeda untuk merayapi situs misal lokasi di asia atau indonesia mungkin?
mungkin ada tuan2 di sini yang bisa memberi penjelasan tentang kebingungan saya ini, terimaksih sebelumnya.

lokasi server mempengarugi kecepatan loading website
gak serta merta berpengaruh sama ranking website, ini banyak lagi faktornya gak cuma loading web
 

XXIKU.COM

Hosting Guru
Menurut saya tidak apa-apa sih, saya ada beberapa lokasi server web di yg digunakan di negara canada, perancis, dan jerman. Tetapi akses sepertinya sama saja tidak ada perbedaan dengan yang berlokasi server singapura. Bahkan menurut rank alexa rata-rata itu pengunjung asal Indonesia dan berperingkat di Indonesian.

Sekarang kan sudah zamannya 4G bahkan mau ke 5G sehingga akses kemanapun tidak akan terasa lambat lah.

Cuma kalau faktor SEO, saya rasa google udh gk mementingkan hal lokasi server ini untuk peringkat web, tetapi google yang jelas menyukai halaman web yang bermanfaat bagi orang tak perduli itu mau lokasi servernya di Antartika ataupun di Green Land.
 

tk-hassan

Beginner 2.0
Menurut saya, lokasi server memang mempengaruhi SEO. Jika Anda memiliki server yang dekat dengan audiens target Anda, itu akan membantu situs web Anda
 

XXIKU.COM

Hosting Guru
Menurut saya, lokasi server memang mempengaruhi SEO. Jika Anda memiliki server yang dekat dengan audiens target Anda, itu akan membantu situs web Anda
paling cuma berbeda beberapa milliseconds doang
 

masiqbal

Hosting Guru
Verified Provider
Dua bulan lalu saya baru publish sebuah website untuk jualan dengan lokasi server di Indonesia. Website asal dibuat tanpa pertimbangan SEO, keindahan, dll.

Secara random saya bertanya kepada orang yg kontak nomor yg tertera di website dari mana tahu informasinya, ternyata dari mesin pencari. Saya cek ternyata website saya nomor dua di bawah tokopedia dengan kata kunci produk yang dijual.

Saya tidak terlalu menekuni urusan SEO, jadi tidak tahu pasti mengapa bisa demikian. Mungkin memang sedang beruntung aja.
 

dominasiserp

Beginner 2.0
ikut nimbrung, menurut saya posisi server tidak mempengaruhi ranking. yg mempengaruhi ranking itu content anda, sejauh mana anda bisa create content / landing page yang maksimal dari sisi keywords relevansinya (sesuai hasil riset kw yg sudah dilakukan). Dan dari sisi onpagenya juga; meta, page performance, kalopun agak lambat, tetep bisa pake CDN atau free cache WP, trus cek speed speed insightnya google atau gtmetrix. dan yg terpenting sudah create sitemap xml dan sudah disubmit di gsc. make sure semua url sudah terindex. Baru setelah itu cek mana page yg udah live tapi blom keindex, find the problemnya... apakah ada meta yg disalow index, atau robots.txt nya atau canonicalnya ... dll
 

XXIKU.COM

Hosting Guru
Saya pakai server jerman ryzen NVME dan perancis + CDN. Akses dari indo tetap jos, mayoritas pengunjung indo sih. Selama sudah 1 tahun lebih tidak ada komplain perihal speed web dan load web. It ok. Racikan Varnish NginX + Wp Rocket dan LiteSpeed Cache + LiteSpeed web server emang tetap mantul.
 

Top