Mengapa Sebaiknya Website Anda Menggunakan CDN



kyuichi

Apprentice 2.0
Sebelum dimulai, mari diperjelas dulu. Tentu kita menginginkan kemampuan hosting yang handal dengan harga terjangkau. CDN tidak mengganti jasa hosting anda tapi membawa perubahan website anda ke level yang lebih baik, dari sisi kecepatan, pengalaman penggunaan, hingga faktor keamanan.

Bagaimana CDN Meningkatkan Kemampuan Hosting?

Hosting yang anda gunakan saat ini, yang digunakan untuk menampilkan website anda, pasti terletak pada suatu lokasi server (Negara dan Propinsi DC berada). Coba kita pikir sejenak, misal nih ada pengunjung ke website anda ingin menonton konten multimedia, browser yang digunakan mengirimkan permintaan itu ke server hosting tersebut agar konten bisa disajikan. Nah, bagaimana jika di saat yang sama, ada pengunjung lain yang berada di lokasi lainnya meminta request konten yang sama? Kondisi ini bila diakses semakin banyak pengunjung maka akan terjadi "kemacetan" akses dan proses (perlambatan bahkan unable to process).

Perlambatan delay akses ini yang sederhananya bisa dikatakan latency mungkin hanya berasa beberapa detik saja, mungkin ga masalah buat anda sebagai pengguna hosting (merasa hosting masih mampu saja melayani visitor jumlah sekian). Tapi coba dilihat dari sisi pengunjung, ini jaman modern bro! Katakanlah itu delay aksesnya bisa 5 detik-an, apa ya pengunjung masih bisa terus sabar? Mungkin klo masih jaman 56kbps orang masih sabar ya, krn juga ngerti speed era itu spt apa, lah tapi ini sudah jaman mobile internet aja 4mbps d indonesia, 5 detik buffering/delay bisa rese juga pengunjung website anda.

Tahukah anda, penelitian Google telah menunjukkan bahwa 53% orang akan meninggalkan website jika butuh lebih dari 3 detik untuk memuat konten. Itu kerugian besar dalam potensi pendapatan bisnis website tertentu.

Belum lagi ini adalah era dimana file size konten semakin besar, dulu jaman masih 2G gprs aja kita bisa teriak" pulsa cepet habis cuma buka 1 website dng konten baru puluhan sampe ratusan kB size aja, lah skrg...konten video, file, musik semakin padat berisi seksi bohay...halaahh.. keblablasan...anda pasti paham lah maksud saya file size semakin gede dng berbagai macam jenis file yg ada di jaman modern ini. Kondisi di belakang layar ini juga membuat pemilik server/penyedia hosting terus berkutat dengan kemampuan server mereka agar bisa mengikuti proses yang semakin cepat dan stabil.

Ukuran halaman web rata-rata melonjak dari 702 kB pada 2010 menjadi 2.409 kB pada 2016. Itu adalah peningkatan besar 248% dalam data (bisa dibaca disini - https://httparchive.org/reports/page-weight), dan angkanya akan jauh lebih tinggi di tahun 2020. Hosting tradisional tidak bisa mengatasi permintaan data global saat ini untuk media yang kaya data, dikirim dengan kecepatan 3 detik.

Pada 2021, jaringan IP global akan menangani satu juta menit (17.000 jam) konten video setiap detik (data bisa dibaca disini - https://www.forbes.com/sites/tjmccue/2017/09/22/top-10-video-marketing-trends-and-statistics-roundup-2017/#73edbd77103d).

Sebanyak 92% orang yang menonton video di smartphone juga membagikannya dengan orang lain. (datanya disini - https://www.virtuets.com/45-video-marketing-statistics/).

Pengguna rata-rata menghabiskan 88% lebih banyak waktu di situs web dengan video. (datanya disini http://www.mistmedia.com/).

Lalu, CDN ini masuk dibagian mana?

CDN ini akan masuk sebagai "jembatan" yang mengisi kekosongan spot. CDN terdiri dari banyak server yang tersebar di banyak negara di dunia ini, yang menyimpan (cache) dari website Anda. Cache ini akan sangat berguna untuk pengunjung website anda dan server anda.

Dengan banyak server CDN, maka pengunjung akan mendapatkan proses request konten yang jauh lebih cepat karena cdn akan memprosesnya dari server terdekat dari lokasi pengunjung website anda sehingga ini dapat meminimalkan delay latency.

CDN dapat diibaratkan sebagai bahan bakar tambahan untuk hosting tradisional yang digunakan hingga saat ini. Jika anda menggunakan shared hosting, menggunakan cdn bisa dikatakan sangat penting untuk jatah hosting anda, karena server hosting yang digunakan juga melayani akun shared hosting lain juga.

Manfaat CDN.

CDN ga cuma soal nambah kecepatan situs anda dengan mengurangi potensi latency dan menambahkan cache. Berikut adalah manfaat lain CDN:

Meningkatkan Kinerja Website Anda! :111:

Memilih dan menggunakan CDN yang tepat dan berkualitas juga akan memberikan peningkatan kinerja untuk website anda, apalagi bila anda menggunakan website untuk keperluan bisnis, penggunaan HTTP2 akan mengompres data lebih efisien, dan sekarang sudah akan memasuki era standar QUIC yang akan semakin mempercepat akses dan loading website. CDN juga menawarkan fasilitas caching yang mudah untuk dioptimalkan.

Membuat Pengunjung Menjadi Lebih Mau Mampir Lagi. :67:

Pengunjung tentu akan lebih memprioritaskan mampir ke website yang ga macet dalam memenuhi request proses konten. Anda punya website jenis streaming podcast? video? musik? atau sekedar ngeblog dng konten file gambar yang banyak, tentu anda berharap pengunjung website betah lama-lama menikmati konten anda tanpa delay kan?

Memungkinkan Biaya Hosting Yang Rendah.:41:

Jadi gini penggambarannya, dengan menggunakan CDN, otomatis si CDN ini akan mengambil jatah cache dan menyimpannya, dan akan diproses oleh CDN saat ada request dari pengunjung website anda. Semakin banyak pengunjung me-request konten di website anda, otomatis semakin tinggi beban kinerja hosting dan semakin menyedot bandwidth hosting anda bila tidak menggunakan CDN, dengan menggunakan CDN maka request bisa disebar ke jaringan server CDN yang sesuai dengan letak pengunjung website (ip address base). Mungkin anda merasa, loh hosting saya kan bandwidthnya unmetered/unlimited, ga usah kawatir... ya silahkan...tapi bagaimana dng request and process jatah spesifikasi di hosting yang anda gunakan!?

Mengamankan Dari Aktivitas Demit. :eek:

CDN ada juga yang menawarkan proteksi tambahan DDoS, yang saya rasa ini sangat jarang ditawarkan untuk sekelas shared hosting biasa atau VPS tertentu. Ada juga CDN yang sudah include memberikan proteksi firewall basic gratis, kalau mau proteksi lebih ya bayar lah bro.

Meningkatkan Rating Website Anda.:36:

Google memberi peringkat lebih tinggi untuk website yang servernya cepat diakses dan cepat loading kontennya ketimbang yang lebih lambat. Analis Senior Tren Webmaster, John Mueller, merekomendasikan kecepatan loading konten hingga full loading tidak lebih dari dua hingga tiga detik. Anda bisa mengkombinasikan cache yang tepat dan CDN untuk mendapatkan performa ini dan meningkatkan rating website anda di google.

Nah, bila ada yang merasa menggunakan CDN justru memperlambat akses ke server hingga loading konten, ini perlu dipisah dulu karena faktornya juga banyak. Tapi secara umum, tulisan diatas sudah bisa menggambarkan mengapa sih kita perlu pakai CDN untuk website kita.

Semoga membantu.
 

kyuichi

Apprentice 2.0
kalau server di indo, target pengunjung juga indo apakah perlu pakai cdn pak?
Supaya tidak ada salah paham, CDN bukan sekedar dipahami sebagai meningkatkan kecepatan (di dapat dari proses pengurangan latency dan caching konten). CDN juga berguna utk meningkatkan level website kita ke jenjang lebih modern yang belum bisa disediakan oleh hosting biasa/cloud sekalipun (ada bbrp).

Jadi bung @paijrut maunya CDN utk apa dulu nih? speed, caching, firewall, atau gmn? MIsal butuh semua ya klo saya sih tetep perlu pake cdn, setau saya ada kok cdn yg sudah "bermarkas" di area jkt.
 

paijrut

Poster 2.0
ya kalau saya selama server cdn nya sendiri lokasi nya cuma ada di jakarta yg indo ya agak gmn gitu kalau harus bayar lebih lagi.. hehe.. speed pasti sama aja kalau server sendiri lokasi jakarta juga ada caching, firewall saya rasa hosting nya sudah ada basic firewall.. beda cerita kalau di indo sendiri udah ada server cdn di beberapa kota besar di indo, mungkin jadi ada wow factor nya.. itu kalau saya yg target visitor cm indo aja.. hehe
 

JagoMovie.NET

Apprentice 2.0
Wah, Ulasan yang padat berisi. saya ngelola beberapa web konten streaming film box office gretongan setia menggunakan CDN untuk menghandel segala urusan Statis (IMG,JS, dan CSS) ke layar browser pengunjung guna seperti di jelaskan mbah diatas, Latency,Security, Speed, Cache yang memang Mantul Manfaatnya dirasakan jika visitor lumayan-tinggi yang mampir, untuk film strraming film traffic banjir saat jam tenang Indonesia 20:00-00-00 WIB terasa CDN sangat membantu performa web, stabil, lancar jaya. Apalagi yang itu punya DC server di lebih dari 250+ Negara di dunia yang stay delivery content. Sudah tidak perlu di ragukan keseriusan perusahaan itu tuh hehe.
 

Syams

Apprentice 2.0
Mohon pencerahan tuan. Kalau blog pake server US, target visitor Indo.

  1. Apakah saya perlu pindah ke SG minimal?
  2. Apakah di SG masih perlu CDN?

Soalnya saya masih bingung. Selama ini pake CDN free CF.

Kalau di SG + CF free, apa gak ambyar? Karena dilempar ke tempat jauh sama CF.
 

kyuichi

Apprentice 2.0
Mohon pencerahan tuan. Kalau blog pake server US, target visitor Indo.

  1. Apakah saya perlu pindah ke SG minimal?
  2. Apakah di SG masih perlu CDN?

Soalnya saya masih bingung. Selama ini pake CDN free CF.

Kalau di SG + CF free, apa gak ambyar? Karena dilempar ke tempat jauh sama CF.
Balik lagi jenis web dan kebutuhan masing" owner web. Contoh ya, server saya di USA, litespeed, klo cuma wp basic baru install ya kenceng, tapi abis dijejali 25 lebih plugin cuma 1gb ram ya harus dioptimalisasi agar lebih ringan kinerja server dan web lebih cepat loading (ringan lah). Klo blm dioptimalisasi plugin sebanyak itu rata" bisa 10 detik keatas server usa baru 1 halaman muka yg konten cuma teks n gambar bisa loading sempurna, Skrg sudah dioptimalkan, load web saya rata" 3 detik-an saja (pakai CF gratisan dan optimalkan dr sisi server dan webnya jg)

Nah tentu dng full load halaman muka cuma 3 detik-an ya visitor ga akan protes juga kan? itu masih dbwh standard 5 detik rata" web yg disarankan ahli SEO dsb gtu lah. Kembali ke pertanyaan anda, apa perlu dipindah ke SG, klo versi saya... ah ga perlu juga asal bisa dioptimalkan server usa anda.
Lalu misal, apa kalau sudah dipindah ke SG apa perlu pake CF? Bagi saya skrg pake CDN itu keharusan, ga bisa sekedar nyantai modal security dan servis bawaan server hosting saja, dng seting CDN yg tepat web kita bisa naik kelas jg. Kan CF itu CDN, mrk menyediakan cache web kita sesuai dari area terdekat server mrk dan pengunjung situs (CMIIW).

Dari pengalaman saya, blm tentu loh SG itu selalu lebih baik drpd letak di HK (pada bbrp kasus).

Alasan saya memilih server di luar indo lebih ke infrastruktur DC, ISP, dsb di negara server tsb, bukan sekedar nyari cepat aja krn lokasi dekat dr saya di Indonesia.

Orang beda-beda, sesuaikan aja kebutuhan.
 

Syams

Apprentice 2.0
Balik lagi jenis web dan kebutuhan masing" owner web. Contoh ya, server saya di USA, litespeed, klo cuma wp basic baru install ya kenceng,
Saya cuma web artikel. Rata-rata 1 post, 1 gambar. cuma beberapa yang ada 2-3 image. Plugin baru 5. Score cuma 50 di web.dev
Mohon pencerahan harus lakukan apa?

1593090541854.png

1593090504638.png
1593090637375.png
 

JagoMovie.NET

Apprentice 2.0
Biasanya CDN juga membantu menambah hasil poin SEO seperti Gtmetrik atau web.dev, Coba tes lalu uji ulang.

Settingan LiteSpeednya, Atur sesuai kebutuhan aja. Jangan centang semua nanti malah membuat script render yang banyak yang menambah waktu muat. Centang Minify aja, kalau cocok Combine juga. Semoga membantu.

Dan iya, tambahan. Faktor Kualitas server hosting juga berpengaruh banyak, seperti kecepatan respon server. Karna meskipun di SG atau di Eropa pun kalau yang Eropa lebih cepet respon servernya maka jadinya lokasi server eropa yang lebih unggul dari pada yang di SG meskipun itu yang terdekat route nya.
 

shidhi

Poster 2.0
Saya cuma web artikel. Rata-rata 1 post, 1 gambar. cuma beberapa yang ada 2-3 image. Plugin baru 5. Score cuma 50 di web.dev
Mohon pencerahan harus lakukan apa?
sepertinya bukan masalah cdn atau lokasi server kalau itu. mungkin pemilihan templat sama optimasi servernya saja kalau soal score tools seperti itu. saya pake server usa + nginx tanpa pake cdn kalu di cek di gtmetrix/webdev lumayan bagus scorenya walaupun gak 100 :)

Untitled.png
 

Top