Minta Review Nata Network dan Qwords (GoldenFast)


CV YACANET

Poster 2.0
Assalamualaikum Wr. Wb.

Setelah lama meninggalkan provider Indonesia sekitar 2 tahun yang lalu karena kecewa dengan salah satu provider yang menyebabkan data loss total; saya balik lagi ke kampung halaman karena tuntutan klien (Pemerintah) yang mewajibkan supaya server diletakan di Indonesia.

Saya Rencana di Qwords pilih :

Intel Xeon E3-1230 Paket B (Rp. 4.284.500 / Bulan)
  • 2 Public IP Addresses
  • 4 Cores 8 Thread, 3.2 GHz
  • 32GB RAM ECC DDR4
  • Dual 2TB SATA III + 1 TB Internal Backup Disk
  • 100Mbps Public Port (Fair Usage), 1 Gbps Private Network (Optional)
  • 100 Mbps International Transit
  • 1Gbps peering to Indonesia Internet Exchange, OpenIXP
  • 1 Gbps to Tier 1 International Transit (Blend)
  • Unlimited Reboot with remote Hand
  • Easy Managed
dan Nata Network :

DS - Xeon E-2124 / E-2224 : Rp (2.200.000/bulan) saya custom tambah SSD 512 GB (200.000/bulan)
  • Intel Xeon E-2124 - 3,3Ghz - 4 Core
  • 16Gb RAM (*)
  • SSD 512 Gb(*)
  • Raid Hardware
  • 1 IP Public v4 (*)
  • Unlimited Traffic Sharing IIX, OIXP 1Gbps
  • International ,Content 50Mbps
  • Location Indonesia
  • (*) Upgrade Optional
  • Free Setup
Yang Nata Network saya gunakan untuk keperluan pribadi, karena di Leaseweb Singapore saya kecewa; orderan saya (Dedicated Server) belum di deliver dengan alasan Covid-19 sejak Tanggal 09/12/2020.

Bagaimanakah pendapat Tuan-Tuan di sini dengan dua provider tersebut. Mohon masukan dan pengalamannya (Second Opinion).

Terimakasih...

NB: saya sendiri member qwords tapi untuk yang hosting.
 
Last edited:

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
kenapa bisa data los total ya?
untuk layanan dedicated server ini memang biasanya untuk backup data menjadi tanggung jawab pengguna, karena yang namanya hardware bisa saja mengalami kerusakan kapan saja baik di provider Indonesia maupun luar, jadi pastikan data selalu di backup terpisah
 

CV YACANET

Poster 2.0
data los total memang tidak di backup sama skali sblomnya?
dulu tahun 2018, sehingga saya pindah ke Luar.

Di backup, waktu itu mekanisme backup-nya secara tidak tidak berjalan 3 bulan. jadi data klien mundur 3 bulan ke belakang
 

CV YACANET

Poster 2.0
kenapa bisa data los total ya?
untuk layanan dedicated server ini memang biasanya untuk backup data menjadi tanggung jawab pengguna, karena yang namanya hardware bisa saja mengalami kerusakan kapan saja baik di provider Indonesia maupun luar, jadi pastikan data selalu di backup terpisah
baik
 

paijrut

Poster 2.0
saya udah setahun lebih sewa dedicated server di natanetwork, selama ini cuma ada 1-2 kali masalah network/listrik dan selalu resolved kurang dari satu jam..

saya perlu open ticket di natanetwork cuma sekali waktu butuh remote ipmi.. selain itu blm pernah open ticket karena ada masalah.

untuk bandwidth karena saya butuh nya 99% traffic lokal selama ini jadi saya bisa bilang network nya bagus dan sesuai yg di advertise..
Hardware juga Alhamdulillah belum pernah ada masalah (jangan sampai lah)..

overall pengalaman saya fantatis, om hendra really did a good job karena benar2 saya ndak perlu banyak bikin support ticket di natanetwork karena memang blm ada (jangan sampai) ada problem yg perlu sampai open ticket..
 

CARE Computer

Apprentice 1.0
Data loss karena apa ya?

Kalo dari software/salah setting/ga sengaja delete oleh user, pihak provider sama sekali ga ada urusan di dalamnya
Kalo dari sisi hardware hardisk, biasanya ada opsi buat user untuk bikin RAID di hardisk. Kalo servernya yang rusak/down, tinggal pindahkan hardisk saja.

Yang manapun memang porsi tanggung jawab data hampir 100% ada di user :D

+1 untuk Natanetwork
 

Axiadata

Poster 2.0
Verified Provider
untuk layanan dedicated server baik lokal maupun luar itu untuk data menjadi tanggung jawab user 100%, jadi kalo masalah di data loss ini lebih sisi user karena user memperoleh akses full root. ada baiknya kalau misal tidak ada sysadmin gunakan layanan managed dr provider yang bersangkutan.
semoga bisa pilih yg terbaik.
 

Top