Persaingan tidak sehat?


Status
Not open for further replies.

hostingceria

Expert 1.0
mau buka bahasan sedikit, saya baru2 ini memantau pricing dari *** (sengaja disamarkan) yang merupakan pemimpin dalam industri webhosting di indo, ternyata pricingnya sudah "dibanting" sangat jauh dibandingkan beberapa bulan yang lalu saya cek.

Ok, sepintas tidak ada yang salah dari menurunkan harga, tapi cermati hal dibawah ini:

ambil contoh beberapa bulan lalu domain .com ditawarkan 120rb/tahun, sekarang hanya 59rb/tahun, tentunya semua tau, yang bisa nawarin harga domain seperti ini tanpa rugi/impas hanya pelaku reseller yang sangat2 besar, apakah hal ini etis dilakukan oleh pimpinan pasar?

saya ambil perbandingan seperti ini, dulu pernah ada orang internal telk** yang cerita ke saya, telk** tetap pasang harga lebih premium dibanding operator yang lain (baik landed/wireless) karena tidak ingin mematikan persaingan dengan yang lain dan sambil tetap menjaga agar selaras dengan pasal anti-monopoli pasar (katanya). orang telkom ini juga cerita, kalo telkom mau kasih harga jauh dibawah harga kompetitornya juga bisa, tapi yang lain pasti ga bisa ngikutin dan cepat/lambat akan ambruk.

saya pikir seharusnya dari *** juga mengikuti etika bisnis ini, bukannya menjatuhkan persaingan dengan webhoster yang masih kecil2 lainnya.

monggo opini / komentarnya :)
 

PusatHosting

Hosting Guru
saya kira masalah etis/etika memmang ngga ada aturannya dan ngga bisa dipermasalahkan seandainya bisa pun ya susah banyak yang mengaggap itu hal yang biasa.

Misalnya saya anlogikan dalam etika bermasyarakat
ada orang asing melewati jalan kecil dimana banyak keluarga yang asyik nongkrong beramai2 di jalan tsb, etikanya ketika orang tsb melewati jalan ya bilang permisi tapi seandainya ngga bilang pun juga ngga masalah, paling2 ada yang bergumam "orang itu ga punya sopan santun"

yah seperti itulah, dipermasalahkan pun ya susah namanya juga masalah etika.
saya kira harga diatas masih dalam rangka promo, kalau seterusnya mo jual segitu ya pasti rugi wong harga dasarnya saja ngga segitu. CMIIW :D

dan untuk telkom karena sudah monopoli dari dulu dan pemikiran itu cermin etika yang baik jadi sebut saja "TELKOM yang Baik" hehe :)
 
Last edited:

Uzack12

Apprentice 1.0
Hal seperti ini sudah terjadi dalam dunia telekomunikasi. mereka banting harga gila2an.
Begitu pula yang trjadi dgn dunia Broadband.
Yang sangat disayangkan penurunan harga tapi kurang mengindahkan kualitas.
Awalnya customer senang, namun akhirnya customer jadi korban.
Untuk para hoster besar yg banting harga semoga tidak mengesampingkan kualitas layanannya.(ato mungkin mereka cuma promo akhir tahun)
Mereka mungkin panas liat harga dari para hoster yg lebih murah.
Klo opini saya sih kalo kita ga bisa bersaing dalam harga. Cobalah bersaing dalam hal kualitas layanan, saya rasa itu lebih sehat.
Karena saya yakin masih banyak para calon customer yang juga mengutamakan kualitas layanan disamping harga.
Ya..manusiawi lah kalo ingin kualitas TOP dengan harga LOW.
Soalnya kalo cuma ngejar harga... mungkin bisa bernasib seperti hoster2 yang sudah jatuh reputasinya. Mungkin mereka terlalu asyik menjaring customer tapi lupa menjaga dan meningkatkan kualitas. (
 
Last edited:

ramadoni

Apprentice 1.0
mau buka bahasan sedikit, saya baru2 ini memantau pricing dari *** (sengaja disamarkan) yang merupakan pemimpin dalam industri webhosting di indo, ternyata pricingnya sudah "dibanting" sangat jauh dibandingkan beberapa bulan yang lalu saya cek.

Ok, sepintas tidak ada yang salah dari menurunkan harga, tapi cermati hal dibawah ini:

ambil contoh beberapa bulan lalu domain .com ditawarkan 120rb/tahun, sekarang hanya 59rb/tahun, tentunya semua tau, yang bisa nawarin harga domain seperti ini tanpa rugi/impas hanya pelaku reseller yang sangat2 besar, apakah hal ini etis dilakukan oleh pimpinan pasar?

saya ambil perbandingan seperti ini, dulu pernah ada orang internal telk** yang cerita ke saya, telk** tetap pasang harga lebih premium dibanding operator yang lain (baik landed/wireless) karena tidak ingin mematikan persaingan dengan yang lain dan sambil tetap menjaga agar selaras dengan pasal anti-monopoli pasar (katanya). orang telkom ini juga cerita, kalo telkom mau kasih harga jauh dibawah harga kompetitornya juga bisa, tapi yang lain pasti ga bisa ngikutin dan cepat/lambat akan ambruk.

saya pikir seharusnya dari *** juga mengikuti etika bisnis ini, bukannya menjatuhkan persaingan dengan webhoster yang masih kecil2 lainnya.

monggo opini / komentarnya :)
hhhmmm... betul juga sih opini ini...
tapi kalo menurut saya selama itu masih promo gak masalah, dan kalopun mau selamanya begitu kemungkinan besar akan memble juga dy...
dan yang pasti gak bisa dikalahkan oleh uang/ harga murah adalah kepuasan dan kepercayaan... selama kita bisa memberi kepuasan yang setara dengan harga yg kita tawarkan sehingga klien menjadi sangat percaya kepada kita dan kitapun menjaga kepercayaan itu... saya rasa harga murah tetangga sebelah menjadi gak pengaruh terlalu banyak terhadap prospek bisnis kita...
belum lagi bila klien yang puas terhadap pelayanan kita itu menceritakan kebaikan kita kepada orang2 yg dikenalnya, boleh jadi pasar kita menjadi makin luas tanpa kita gembar-gembor pasang iklan apalagi sampe banting harga... CMIIW... *maklumin pendapat nubi ini ya kalo ada yang salah, cukup diberi pencerahan aja kalo salah... :)*
 
Last edited:

hostingceria

Expert 1.0
yah saya kira juga begitu, cuma saya memang seringkali melihat promo di *** diperpanjang terus2an, kalo memang ini promo sampai akhir desember saja ya tidak masalah (hitungannya subsidi promo sih).

yang jadi masalah kalo promo itu diperpanjang terus2an akan berdampak cukup signifikan ke webhoster2 kecil lainnya, bisa bayangkan kan 59rb vs 75rb-100rb?

walaupun kita mengandalkan kepuasan/loyalitas konsumen, yah namanya konsumen tetep aja uda gelep mata liat harga murah begitu :D
 

ramadoni

Apprentice 1.0
yah saya kira juga begitu, cuma saya memang seringkali melihat promo di *** diperpanjang terus2an, kalo memang ini promo sampai akhir desember saja ya tidak masalah (hitungannya subsidi promo sih).

yang jadi masalah kalo promo itu diperpanjang terus2an akan berdampak cukup signifikan ke webhoster2 kecil lainnya, bisa bayangkan kan 59rb vs 75rb-100rb?

walaupun kita mengandalkan kepuasan/loyalitas konsumen, yah namanya konsumen tetep aja uda gelep mata liat harga murah begitu :D
hehehehe... anggap aja si tiga bintang (a.k.a ***) itu lagi khilaf dan panik...
"mungkin" gara2 mengalami penuruan pendapatan yg signifikan... jangan sampe deh saya jadi begitu... amit2...
 

Topanz

Beginner 2.0
yah saya kira juga begitu, cuma saya memang seringkali melihat promo di *** diperpanjang terus2an, kalo memang ini promo sampai akhir desember saja ya tidak masalah (hitungannya subsidi promo sih).

yang jadi masalah kalo promo itu diperpanjang terus2an akan berdampak cukup signifikan ke webhoster2 kecil lainnya, bisa bayangkan kan 59rb vs 75rb-100rb?

walaupun kita mengandalkan kepuasan/loyalitas konsumen, yah namanya konsumen tetep aja uda gelep mata liat harga murah begitu :D
1. saya rasa itu memang bukan sekedar promo mas..karena *** selama ini belum pernah menurunkan paketnya lagi setelah dinaikkan
2. harga sih saya liat masih standar dibanding yang lainnya..dan juga dilihat dari fitur2 tiap paketnya misal:addon domain dsb, memang sih jauh lebih murah dari sebelumnya tapi (saya itung2 ngga lebih murah dari punya sampeyan:D)
3. saya rasa persaingan ngga hanya sekedar dari harga, tapi juga pelayanan, bisa aja dalam hal itu dimata pelanggan2 yg lain *** tidak lebih baik dari sampeyan..tinggal bagaimana hoster lain meningkatkan ini

dari semua itu sepertinya yang jadi momok adalah karena *** posisinya perusahaan besar yang sudah bertahun2 dan sebagai penguasa pasar sementara (menurut beberapa sumber).

jangan minder mas:D,, ayo tingkatkan pelayanan, fitur, utamakan kepuasan klien, dan pertahankan yang sudah ada..
 

Bforce

Hosting Guru
dari semua itu sepertinya yang jadi momok adalah karena *** posisinya perusahaan besar yang sudah bertahun2 dan sebagai penguasa pasar sementara (menurut beberapa sumber).
Jangan berkecil hati, mungkin saja ini:
Perusahaan penguasa pasar biasanya tak perlu merebut pasar lagi (karena sudah dikuasai dia, cukup kembangkan pasar & layanan). Kalau mulai agresif, mungkin saja porsi pasarnya sudah menurun drastis, jadi perlu 'merebut' kembali pasar tersebut, segala cara diusahakan. Tapi itu hal biasa juga dalam bisnis, inovasi.

Itu hanya analisa sederhana, bisa jadi lain.... :)
 

ramadoni

Apprentice 1.0
Jangan berkecil hati, mungkin saja ini:
Perusahaan penguasa pasar biasanya tak perlu merebut pasar lagi (karena sudah dikuasai dia, cukup kembangkan pasar & layanan). Kalau mulai agresif, mungkin saja porsi pasarnya sudah menurun drastis, jadi perlu 'merebut' kembali pasar tersebut, segala cara diusahakan. Tapi itu hal biasa juga dalam bisnis, inovasi.

Itu hanya analisa sederhana, bisa jadi lain.... :)
mirip sama pikiran saya tadi, langkah "banting harga" ini bisa jadi karena merasa kewalahan lawan hoster2 kecil yang punya layanan bagus, akhirnya modal besar pun bermain buat main2in harga pasar *penasaran, ada yang bakal nyaingin harganya doi gak ya*... :D :D
 

Topanz

Beginner 2.0
Jangan berkecil hati :)
saya g berkecil hati kok mas, lha wong posisi saya bukan hoster(lbh tepatnya klien) :D ..
masalah domain yg harganya jd 50an rb kn itu cuma 1 thn pertama,perpanjangan tetep semula, biasa itu berani rugi diawal mengingat asset yg dimiliki *** sudah cukup besar..
 
Status
Not open for further replies.

Top