Kita tanggapi secara positif, sebenarnya maksudnya TS adalah baik, yaitu agar rasa percaya antara client dan provider tetap terjaga baik maka sebaiknya tidak semua support staff boleh tahu password klien (sedikit yg tahu lebih baik dan lebih aman). Saya kira ini tantangan atau PR buat kita sebagai provider untuk menunjukkan itikad baik kita kepada client, salah satunya dg cara "tidak tahu" passwordnya client.
Jadi teringat beberapa bulan lalu pada saat saya mengalami kesulitan untuk menghandle suatu server, sehingga terpaksa harus minta bantuan ke pihak cPanel. Nah, pada saat mengisi ticket form di
http://tickets.cpanel.net/, pada bagian terakhir ada pertanyaan seperti ini:
Password Access:
Most requests can be handled without viewing the provided passwords. If your request involves a migration or authentication problem you may need to permit our Tech Analysts to view your passwords.
- Only permit Tech Analysts to access this server via our automated login system (without viewing passwords).
- Permit Tech Analysts to view your passwords for this server.
Artinya client diberikan pilihan apakah mau kasih akses ke support staf tetapi tanpa harus memperlihatkan passwordnya atau support boleh lihat passwordnya. Sayangnya di WHMCS atau system ticketing lainnya fitur seperti ini kayaknya belum ada. Hayooo yang ahli otak-atik WHMCS, segera bikinkan addons-nya dan saya yakin akan banyak yg berminat.