Posisi duduk yang benar untuk pekerja didepan komputer


Status
Not open for further replies.

reza ariandes

Poster 2.0
Pekerjaan dikantor sebagian besar dilakukan didepan komputer. Posisi duduk saat menggunakan komputer yang ergonomis dan nyaman diharapkandapat membuat pengguna tersebut tidak cepat lelah sehingga produktivitas bekerja akan semakin meningkat.

Berdasarkan pada OHSA dan referensi lainnya, Posisi duduk, jarak pandang antara monitor yaitu :

1. Peletakan meja
Pastikan posisi dan pengaturan kursi dan meja telah sesuai dengan postur tubuh anda. Letakkan keyboard pada meja dan diatur dengan posisi senyaman mungkin.


2. Posisi duduk
• Duduk tegak punggung tidak melengkung tidak tegang.
• Bahu dalam keadaan rileks dan lengan atas mengantung secara normal disisi tubuh.
• Siku tetap berada disisi tubuh dan derajat kelengkungan siku antara 900 dan 1200 derajat.
• Paha dan pinggul yang didukung oleh kursi empuk baik dan umumnya sejajar dengan lantai.



Posisi yang Benar Posisi yang salah

Tubuh pengguna, leher, dan kepala tegak vertikal, sedangkan pinggul, paha dan lutut horisontal. Kaki bagian bawah tegak vertikal.


3. Penggunaan monitor
• Atur senyaman mungkin resolusi monitor anda sehingga tidak melelahkan mata.
• Jarak mata ke monitor paling dekat 25 inchi (± 60 cm), lebih jauh akan lebih baik lagi.
• Kemiringan monitor dimana bagian atas monitor sedikit lebih jauh dari mata daripada bagian bawah monitor.


Akibat posisi duduk yang salah

1.kelelahan ( fatigue )

duduk dalam waktu jangka lama dan posisi statis, justru biasanya menimbulklan gangguan pada leher,behu,punggung dan lengan . hal ini di karenakan pada sikap kerja statis terjadi kontraksi otot yang kuat dan lama tanpa cukup kesehatan pemulihan dan aliran darah ke otot terhambat . akibatnya , timbul rasa lelah dan nyeri pada otot tubuh .bagian tubuh yang sering paling sering terjadi fatigue bagian belakang tubuh hingga leher yang di sebut juga varicose veins .

2. low back pain

Low back pain merupakan suatu gangguan neuromuskuloskeletal, gangguan organ visceral dan gangguan vaskuler yang di rasakn bagain punggung bawah .World Health Organization (WHO),LBP merupakan ketidak nyamanan yang sering di keluhkan oleh pegawai kantoran yang umumnya melaksakan 6 jam waktu bekerja , beberapa aktivitas yang berhubungan dengan komputer di sebagian waktu kerja , memasukkan data dan mengangkat telpon. aktivitas tersubut membuat pegawai kantoran untuk duduk dalam waktu yang lama sehingga resiko untuk terjadinya LBP meningkat .

3. kifosis

kifosis adalah kelainan pada tulang belakang melengkung ke belakang .sehingga tubuh bungkuk, hal ini terjadi apabila posisi duduk terlalu menunduk .

4. skoliosis

skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang melengkung ke samping . hal ini terjadi posisi duduk menyamping terlalu lama .

5.lordosis

Lordosis adalah kelainan pada tulang belakang bagian perut melengkung ke depan sehinnga bagian perut maju. Hal ini dimungkinkan terjadi apabila posisi bersandar ketika duduk dilakukan terlalu lama .

di copas dari berbagai sumber
 

CloudFastest

Apprentice 1.0
Saya terkena lordosis kayanya nih, perut maju soalnya.. Memang suka bersandar tapi gak pernah lama.. Tiap kali bersandar, sandaran hatinya pergi. :20:
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
keyboardnya pakai yg terbagi dua pak dokter ... spt ini :

atau pakai teknologi speech recognition.
belinya dimana itu? :D

kalau saya sih gaya bebas, asalkan klo duduk setiap 30-60 menit harus ada istirahat minimal 5 menit walaupun hanya sekedar berdiri mengambil kopi
 
Status
Not open for further replies.

    
Top