Ransomware, harus gimana antisipasinya untuk server linux/windows?


Status
Not open for further replies.

selalukeren

Beginner 2.0
010123600_1422952707-ransom-screen.jpg



Seperti diketahui, internet telah menjadi media penyebaran malware yang sangat berbahaya. Dan pada tahun 2005, ancaman di dunia cyber bertambah dengan munculnya varian baru malware jenis ransomware.

Ransomware, secara sederhana dapat dijelaskan sebagai malware yang memiliki kemampuan untuk mengunci komputer atau mengenkripsi file untuk mengelabui penggunanya. Tujuannya adalah membuat pengguna memberikan uang tebusan agar file yang tersandera tersebut dilepaskan.

Bagaimana cara kerja ransomware?

Malware yang paling banyak ditemukan di Amerika Serikat ini bekerja dalam empat cara. Pertama, ransomware melumpuhkan komputer dengan cara mematikan sejumlah tools dan program yang terdapat di registry. Kedua, ransomware melumpuhkan keyboard dan mouse, dan hanya membiarkan pad nomor aktif.

Ketiga, ransomware mengunduh dan menampilkan pesan peringatan, yang isinya mengaku-ngaku sebagai penegak hukum. Keempat, pesan peringatan tersebut menyatakan bahwa si pengguna telah diketahui mengakses konten ilegal di internet, sehingga si pengguna harus membayar sejumlah uang agar bisa mengakses komputernya.

Apa saja yang terkena dampak ransomwares?

Sistem yang terkena dampak ransomeware adalah komputer, perangkat mobile, dan server. Kebanyakan serangan ransomware di komputer ditemukan pada komputer pribadi yang berjalan di sistem operasi Windows.

Sementara di perangkat mobile, ransomware masih dalam tahap percobaan pengembangan, yang mana para pelaku kejahatan di dunia maya mengamati hasilnya terlebih dahulu, sebelum memutuskan langkah berikutnya. Adapun serangan ransomware terhadap server dilakukan si pelaku dengan cara melancarkan serangan distributed denial-of-service (DDoS).

Dalam gelaran media briefing Symantec yang berlangsung hari ini, Kamis (27/08/2015), Country Manager Symantec Indonesia, Ong Jong Han, mengungkapkan, "Saat ini 4.000 serangan ransomware dikabarkan ada di Indonesia."

Selain itu, Halim Santoso selaku perwakilan dari System Engineering Symantecs ASEAN memaparkan, "Di Indonesia, kami menemukan scam di situs jejaring sosial dalam persentase yang sangat tinggi, yaitu 90%. Angka ini bisa dicapai karena pada dasarnya, penyebaran scam tersebut bermula dari rasa saling percaya di antara lingkaran pertemanan para pengguna situs jejaring sosial."

(why/dhi)

sumber http://liputan6.com/tekno/read/2303322/begini-cara-kerja-dan-bahaya-virus-ransomware



untuk server linux/windows apalagi webhoster harus gimana untuk antisipasinya ya?
 

FluidaWeb

Hosting Guru
saat ini belum menerapkan antisipasi khusus, cuma selalu update windows dan antifirus bawaan windows
 

lordi

Apprentice 1.0
saya pake anti ransomware buatan kasperkere, gratis, ahaha mayan

di pc saya cuman pake windows defender + antiransomware gretongan

aman untuk sekarang :D
 
Status
Not open for further replies.

Top