Ucapan Terima Kasih....



kyuichi

Apprentice 2.0
Melihat kapan saya gabung di DWH, dan mengetahui sekarang tahun berapa, saya sendiri cukup terkejut. Tidak pernah mampir dan login bertahun-tahun, baru setahun terakhir saya mulai mampir dan login lg.

Sekarang saya jadi sadar umur nih krn lihat kapan saya join di DWH. Saya bukan tipe anggota yg aktif, kontribusi saya di DWH jg ga sebanding lah ya dng yg senior aktif.

Tujuan awal saya dulu gabung di DWH itu krn saya masih bener-bener NOL tentang apa itu hosting, domain, server dsb, gabung jg saya ga ingat drmn saya tau tentang DWH (faktor usia x).

Yang jelas saya juga cukup kaget DWH bisa bertahan 1 dasawarsa lebih, pasti banyak suka duka dibelakang layarnya, saya berikan apresiasi utk tim DWH. :41:

Sedikit ingin berbagi cerita dan terima kasih.

Saya pertama kali beli hosting itu dari seorang reseller di Jogja, itu lupa tahun brp mungkin sekitar thn 2008, ini orang lulusan sekolah IT di jogja, ya bbrp x saya menemukan web berita lokal pernah nulis tentang dia. Jadi saat itu saya sampai ke jogja, sekedar pingin temui langsung utk bayar tunai (jaman itu agak kawatir transaksi online) dan dia menempati kamar kos (kantornya gtu lah ya). Bayar, dpt domain n hosting (bukan paketan). Dari situ saya menggarap web milik kecamatan dikota saya, itu awal saya 'go public' walo aslinya saya cuma kaki tangan mitra saya (yg cuma bertahan bbrp bln aja), dr situ dpt project bikin web utk perusahaan lokal, pengadilan negeri jg (mitra saya modal usaha CV).

So, stelah ga jodoh panjang dng mitra itu, saya jalani sendiri, mungkin krn haus ilmu, jadi drpd kepalang tanggung, saya lanjutkan belajar hosting,domain,wp,web statis dsb setelah itu.

Awal-awal modal saya rental CD cms/themes dsb di Jogja (ruko sanata dharma gejayan jaman itu) demi belajar script dll. Sering nongkrong d warnet demi belajar lainnya.

Waktu ternyata sudah berlalu begitu cepat, 10 tahun lebih, membuat saya berpikir saya sudah jalani ini 15thnan x, dr NOL. Kadang bbrp wkt saya ga ikuti perkembangan IT, ckp sering otak saya mendadak pikun,blank, pdhl sesuatu itu sudah pernah saya kerjain (ini sptnya faktor otak udah pikun).

So sblm saya pikun permanen nih, saya mau berterima kasih ke rekan" hoster indonesia berikut:

  1. MIXMAXSPACE.
  2. HOSTING CERIA.
  3. RIAU CYBER SOLUTION.
  4. DOMAINESIA.
  5. DOMOSQUARE.
  6. Satu lg saya lupa siapa gtu ya?

Semua mitra diatas, ada yang masih nongol di DWH jg, saya ucapkan terima kasih telah melayani saya semaksimal mungkin. Tentu dibalik jasa dan pelayanan ada plus minusnya, tapi saya berusaha cukup mengingat hal baiknya saja lah ya (itulah mengapa saya ga pernah tulis komplain di Keluhan Pelanggan & Surat Terbuka - ga tega).

Tidak ada jasa/pelayanan yang luput dr kesalahan/kekurangan, yg sudah terjadi ya saya iklaskan saja.

  • Terima kasih utk MIXMAXSPACE (generasi awal) untuk layanan hostingnya yg murah meriah dan sangat membantu saya di awal".
  • Terima kasih utk Pak Yohanes dari Hosting Ceria utk pelayanan hosting dan domainnya (saya ingatkan anda lupa nonaktifkan baris perkakas profil wp saat anda mengupdate malam hari). Dari beliau saya tau web intodns :21:
  • Terima kasih utk RCS utk pelayanan hostingnya (yg murah dng kapasitas yg gede di awalnya dan berakhir...well gtulah)
  • Terima kasih untuk Domainesia utk pelayanan reseller domainnya.
  • Terima kasih untuk Domosquare utk pelayanan reseller domainnya.

Hingga kini, saya hanya masih mempertahankan layanan domain dari Domainesia dan Domosquare krn hosting saya sudah tahunan pakai dari Ramnode.

Dari sini, saya juga akan segera pamit dari IT, 2021 adalah tahun terakhir saya utk melayani customer saya. Saya masih ada sisa kontrak k klien hingga maret 2022 dan rencana sudah akan saya hentikan desember ini. Mereka ini saya pertahankan krn mrk termasuk customer loyal dan gede (korporasi). Saya akan menyarankan mereka untuk beralih ke jasa layanan hoster di Indonesia, kebetulan akhir-akhir ini saya sedang pantau apa yg ditawarkan rekan-rekan hoster di Indonesia supaya bisa saya sarankan ke customer saya, semoga desember ada yang menawarkan produk yg menarik n sesuai utk customer saya tsb. Sptnya utk domain sudah jelas lari kemana ya?:21:

Klien saya tidak banyak kok, hanya 61 klien saja kini (dulu 70), itu semua dari NOL, dari mulut lewat mulut, bertahan 5 tahun lebih rata-rata dng saya dan saya sudah bangga utk pencapaian itu krn tujuan saya memang bukan fokus penuh mendapatkan pemasukan dari ini, saya jalani santai project website dan sejenisnya. Saya lebih suka disebut freelance ketimbang pengusaha hoster, saya melayani customer dng pendekatan berbeda selama ini.

Setelah selesai urus pelanggan, saya berencana untuk jalani kehidupan yang lebih sederhana saja. Mungkin selama ini menjalankan IT saya agak kurang waktu utk keluarga, waktu telah berubah, dan sudah saatnya saya memberikan porsi waktu lebih ke keluarga. Selama ini buat saya, sangat sulit menyediakan waktu berharga buat orang tercinta tanpa embel-embel 'masih kerja'. Sekarang beberapa project domain sudah saya alihkan ke rekan saya untuk diurusin entah mo dlanjut garap atau pending dulu.

Tapi saya tidak akan berhenti total dari urusan IT, tapi hanya fokus ke usaha saya lainnya yg utamanya bukan seputar IT tapi masih membutuhkan backup fasilitas IT dan pekerjaan sosial yang ingin saya lanjutkan kembali.

Saat ini ingin lebih fokus ke usaha kuliner saya (kebetulan sudah selesai aplikasi food order n delivery sendiri - sudah ckp ikut mitra si ijo ijo).

Akhir kata, tulisan saya yg berantakan susunan ini saya ingin mengambil poin singkatnya:

1. Untuk anda yang baru memulai usaha hosting/domain/web development, jangan mudah menyerah untuk belajar, ilmu jaman now sudah makin berlimpah dan beberapa diantaranya makin sederhana untuk dikerjakan.

2. Jalinlah hub baik dng hoster yang anda gunakan jasanya, mungkin anda ga jodoh lama dng layanan hoster itu, tapi hei bukankah kita bisa jadi kawan di dunia ini juga diluar urusan bisnis? Kali aja kita bisa kopi darat dan ngumpul" jalan bareng wisata kemana gtu ya kan? Hidup sebagian orang hanya 1x, kan lebih enak kita nambah teman nambah persaudaraan menyimpan nilai-nilai baik drpd kekesalan :) Saya yakin pasti kelak anda akan menyadari bahwa hoster-hoster tersebut langsung/tidak langsung pernah mengajarkan anda sesuatu, entah itu mental, entah itu tggjwb, informasi, dsb.

3. Jika anda ingin masuk ke ranah usaha hosting/domain dsb, modal utama anda seharusnya bukan uang, tapi kemauan. Saya akui saya bener-bener ga ada duit sepeserpun dan ga punya komputer di jaman awal saya memulai proses saya, hanya modal mondar-mandir kesana kemari dpt kenalan, ngetem d warnet ambil paket malam buat belajar, simpan di flashdisk, membuat calon pelanggan pertama yakin utk pake jasa saya, dan dengan hasil web awal yg jaman itu sudah termasuk bagus, saya terima bayaran pertama dan proses selanjutnya akan tau arahnya (jng lupa berdoa jg!).

4. Jika anda tipe pejuang mandiri alias susah klop dng org lain, susah bermitra, itu jg gpp kok. Setiap org ada jalannya masing-masing, ga perlu sama dng orang lain, anda akan tahu sendiri baiknya utk proses diri anda dan usaha anda. Jalani saja!;)

5. Berjuang itu harus, pantang mundur, tapi... ada saatnya melihat kehidupan dekat sekitar anda, apakah masih worth it semua yg anda jalani? atau ada opsi lain? Kadang cara terbaik untuk bersyukur adalah TAU KAPAN SAATNYA UNTUK BERHENTI YANG DIKERJAKAN SELAMA INI UNTUK DAPAT MEMULAI KEBAHAGIAAN BARU.

Terima kasih utk usia yg masih diberikan ke saya utk menulis ini agar saya bisa berterima kasih utk hoster-hoster yang pernah saya gunakan layanannya. :)

Salam.

- FERRY -
 

Attachments

paijondablexs

Expert 1.0
ku dulu awal² mengenal hosting tahun 2007 / 2008 . lupa udah lama soale. ku datang ke kantor jogjacamp di jl. perintis kemerdekaan jogja. waktu itu ku kos di depan SGM jl. kusumanegara yg tembus di Jl. Veteran.

terima kasih idwebhost jg rumahweb yg telah berikan dukungan support yg bagus.

juga untuk Dracoola yg di surabaya yg pernah ku order hosting paket DAWN dulu kala... dari dulu sampe sekarang tampilan website tetap itu gk ada yg berubah . juga harga paket hosting tetap sama dari dulu ...
chat support dulu pake Ym. skr udah gk pke ym kayaknya ku cek..
thanks Dracoola.
 

kyuichi

Apprentice 2.0
mantap ... tahun 2008 ? atrium baru lahir :)
Sptnya saya jg pernah pakai jasa hosting di t4 anda jg mas! Hehehehe tpi saya lupa kapan gtu sptnya perlu saya ubek² email. Soalnya akun jg dah lupa.

Pikun beneran nih
 

Hosterbyte

Apprentice 2.0
Verified Provider
mantap. tahun 2008 masi smk baru belajar per websitean. sangat menginspirasi karena semua tak hanya soal finansial tapi nambah pertemanan.
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
pengalaman yang sangat luar biasa

3. Jika anda ingin masuk ke ranah usaha hosting/domain dsb, modal utama anda seharusnya bukan uang, tapi kemauan. Saya akui saya bener-bener ga ada duit sepeserpun dan ga punya komputer di jaman awal saya memulai proses saya, hanya modal mondar-mandir kesana kemari dpt kenalan, ngetem d warnet ambil paket malam buat belajar, simpan di flashdisk, membuat calon pelanggan pertama yakin utk pake jasa saya, dan dengan hasil web awal yg jaman itu sudah termasuk bagus, saya terima bayaran pertama dan proses selanjutnya akan tau arahnya (jng lupa berdoa jg!).
saya setuju sama ini, sekarang ini banyak banget peluang mencari rezeki, online dan belajar di warnet seru sebenarnya, karena waktu terbatas jadi berusaha memanfaatkan waktu semaksimal mungkin...
 

AutoWebHost

Poster 1.0
setuju om @kyuichi sy ingat pertama kali belajar (dl front page) di warnet brsm tmn2 kuliah/kost tahun 1999 krn tugas.
Sepanjang Jl. Margonda 1998 warnet Rp. 20-25rb /jam :20: di 1999 15rb/jam, dan sering main paket tengah malam smp subuh krn murah & patungan brsm tmn2 kost :p dl sempat sewa hosting lokal lupa namanya cm setahun dan domain2 beli di networksolution :( . 2003 kl ga salah buka di hostgator smp 2007.
& Point 2 tepat sekali,
 

ultra7

Poster 2.0
bbrp ingatan di 2008, PC pentium 4, HDD maxtor, USB 256MB, rental CD game seminggu sekali, ke warnet tiap mlm, dan mengenal virtualhost :9:

saya memahami yg dirasakan tuan @kyuichi , diakui ga diakui bidang yg kita geluti ini menyita waktu & pikiran, ibarat kata 24x7 itu pasti kurang, jatuh bangun tak peduli selelah apa gunung masalah itu harus dilalui, psikologi alam bawah sadar para penyuka tantangan dan problemsolver, namun, secanggih apapun skill kita, setinggi apapun ilmu pengetahuan dan pengalaman kita, semua tdk ada gunanya klo anggota keluarga yg jd tanggung jawab kita jd terabaikan, moga2 suatu saat kita semua sempat merasakan kebahagiaan hidup di dunia dan mati masuk sorga... amin :38:
 
Last edited:

Top