web client ilang T_T


Status
Not open for further replies.

alvingiovanno

Apprentice 2.0
di whmcs seharusnya ada dengan status terminated, kalo ga ada kemungkinan besar itu adalah akun yang di free kan...
dan ga mungkin auto terminate kalo ga ada di billing :D

log dalam artian dia memang benar adanya beli paket bro. dan status active

kalau cek dari log ? whmcs log ?
maksudnya di product & services
Mas Alvin, ini kalo gak salah seharusnya keluhan klien kepada hosternya, bukan hoster kepada kliennya.
Kok malah mas alvin curhat keluh kesahnya disini
Solusinya:
Coba deh kontak sama tempat yang lama, apa bener akun tersebut pernah ada dan jika ada bisa diambil backupnya.
Kalau tidak ada ya mungkin benar mas alvin itu tidak tahu menahu akun-akun dari tempat lama.
Untuk di forum sebelah, coba komunikasikan dengan baik dan jelaskan sedetail-detailnya ke user tersebut
kalau masnya benar mas tidak perlu bingung menghadapi klien.
At least itulah pahitnya di forum sebelah, sekali kena pembahasan yang jelek bisa gawat nantinya. Dan kudu kuat menghadapinya :D
iya mas,tapi di satu sisi saya sebagai new owner kan juga jadi bingung. jadi pengen cari pencerahan aja soalnya udah butek hehe
Ngakak ampe teguling-guling :24:

ini mah disemua forum juga begitu kali... :111:

Oyi mas bener sih, cuman parah di sana lagi, wong yang ngakses bejibun :109:

Mas Alvin, bahasanya gaul banget. Sampe saya baca berulang ulang. Hehehe. Mungkin harus ada mediasi antara Mas Alvin dan Indowebnet serta klien nya. Biar bagi-bagi pusing.
Semoga saja ada remote backup nya. Bisa diambil disana. Itupun jika ada.
Jika nggak ada jalan temu, backup nggak ada, klien masih marah, tawarkan sesuatu, entah refund atau permen lolypop.
Good Luck mas.
bahaha iya udah malem jadi keluarin aja kata-kata yang ada di mulut
memang kudu ati2 sih kalo mau migrasi klien, cuman ya bagaimana lagi kalo udah kejadian. sabar Mas Alvin, semoga kliennya bisa mengerti, saran coba dikomunikasikan secara personal, seperti yang disarankan Bli Orange + gentleman mengakui kesalahan, bilang ke klien kalo itu memang salah satu resiko migrasi, apalagi dalam hal ini pindah antar hosting apalagi jika jumlah akunnya bejibun.
Hidup penuh masalah, kalo gak ada masalah berarti kita tidak hidup hehe..
sabar ya Mas..
iya betul, apa lagi itu migrasi pertama saya wekekeke

namun yang saya khawatirkan jika klien tersebut meminta ganti rugi yang berlebihan diluar kesanggupan saya. di tolak nanti masuk BAP , kalau di okein ya gitu dehh

jika memang harus ganti rugi, kira kira ada saran tidak kemungkinan apa saja yang bisa saya kasih sebagai pengganti kerugian ? apakah free domain, free hosting, refund, atau sampe buatin web itu lagi?
 

budiono

Expert 1.0
pertama-tama, pada proses akuisisi alias pemindahan klien seharusnya dibuat manifest alias daftar klien, lantas dibuat checklist mana saja yang sudah dipindahkan dan mana saja yang belum. setelah selesai semua barulah boleh dihapus dari tempat yang lama.

perlu difahami juga dalam proses akuisisi terdapat resiko, termasuk ketika terjadi hal seperti ini, dan itu mestinya juga sudah diperhitungkan dengan matang. jadi bukan hanya mendapatkan enak-enaknya saja (limpahan klien yang berpotensi akan 'mendaftar ulang' alias memperpanjang alias renew)

akhir kata, semoga masalah ini lekas selesai dengan cara yang baik :)
 

mentariweb

Apprentice 2.0
jika memang harus ganti rugi, kira kira ada saran tidak kemungkinan apa saja yang bisa saya kasih sebagai pengganti kerugian ? apakah free domain, free hosting, refund, atau sampe buatin web itu lagi?

coba gandeng pihak lama (indowebnet), tanyakan ke mereka apa mungkin masih ada file2 backup yg lama. atau mungkin si klien juga menyimpan backup sendiri, secara kalau dari sisi user, ditempat saya, saya wajibkan klien untuk punya file backup sendiri selain backupan yg ada di tempat saya sendiri.
 

mixmaxspace

Hosting Guru
jika memang harus ganti rugi, kira kira ada saran tidak kemungkinan apa saja yang bisa saya kasih sebagai pengganti kerugian ? apakah free domain, free hosting, refund, atau sampe buatin web itu lagi?

Ya tidak ada tuh namanya mengganti kerugian besar dari hasil karya yang hilang baik disengaja/tidak pada server kalau terjadi kerusakan atau sebab hal lain. Apalagi ini ketidak sengajaan. Dan ganti rugi maksimal adalah sebatas refund dana. Syukur-syukur kalau mau diberikan perpanjangan layanan gratis. Dan sebaiknya buatlah TOS perihal masalah model seperti ini. Biasanya dan kebanyakan hoster tidak akan bertanggung jawab penuh jika terjadi sesuatu pada akun klien, dan klien diharapkan ikut menjaga dan mengamankan website dengan cara melakukan backup secara rutin adalah juga tanggung jawab mereka. Lain lagi ceritanya jika klien mengambil layanan backup berbayar di mas.
 

derrimaulana

Apprentice 2.0
jika memang harus ganti rugi, kira kira ada saran tidak kemungkinan apa saja yang bisa saya kasih sebagai pengganti kerugian ? apakah free domain, free hosting, refund, atau sampe buatin web itu lagi?

pertanyaan pencerahan ini :)
=> awal nya dapet kompensasi ga ? kalo ga dapet kompensasi artinya mas ga usah ada ganti rugi, refund dll...
kenapa ?
karena mas alvin itu disini berarti hanya menampung klien saja.

masa udah dikasih tempat minta ganti rugi juga => sungguh terlalu menurut saya :D
 

PusatHosting

Hosting Guru
Saya lihat ini adlah resiko mengakusisi hoster yang tutup usaha karena pasti semua klien akan melimpahkan komplain ke hoster baru.
Menurut saya, sampaikan saja kronologis proses akuisisinya termasuk tanggal backup datanya.

Niat baik belum tentu bisa langsung dipahami jadi besarkan hati. :)
 

nicosoftmedia

(RIP) Community Guide
Sepertinya baru kali ini ada hoster yang mengeluh data clientnya hilang. Berarti mesti dibuat sub forum tambahan "Keluhan Hoster" (just kidding). Menurut saya jika kondisinya sudah demikian (dalam artian data memang sudah hilang sama sekali) dan pihak client meminta refund. Mungkin bisa di rundingkan dengan pihak hoster lama untuk melakukan refund (50-50).

Semoga masalahnya cepat selesai dengan win-win solution.
 

alvingiovanno

Apprentice 2.0
pertama-tama, pada proses akuisisi alias pemindahan klien seharusnya dibuat manifest alias daftar klien, lantas dibuat checklist mana saja yang sudah dipindahkan dan mana saja yang belum. setelah selesai semua barulah boleh dihapus dari tempat yang lama.

perlu difahami juga dalam proses akuisisi terdapat resiko, termasuk ketika terjadi hal seperti ini, dan itu mestinya juga sudah diperhitungkan dengan matang. jadi bukan hanya mendapatkan enak-enaknya saja (limpahan klien yang berpotensi akan 'mendaftar ulang' alias memperpanjang alias renew)

akhir kata, semoga masalah ini lekas selesai dengan cara yang baik :)
iya ini sedang proses kok mas budi semoga lancar.
coba gandeng pihak lama (indowebnet), tanyakan ke mereka apa mungkin masih ada file2 backup yg lama. atau mungkin si klien juga menyimpan backup sendiri, secara kalau dari sisi user, ditempat saya, saya wajibkan klien untuk punya file backup sendiri selain backupan yg ada di tempat saya sendiri.
kalau dari pihak lama sih udah di terminate pak oleh uplinenya ya karena memang sudah overdue lewat 2 minggu jadi auto terminate, untuk backupan di mereka (upline) juga sudah di bersih-bersihkan.

Ya tidak ada tuh namanya mengganti kerugian besar dari hasil karya yang hilang baik disengaja/tidak pada server kalau terjadi kerusakan atau sebab hal lain. Apalagi ini ketidak sengajaan. Dan ganti rugi maksimal adalah sebatas refund dana. Syukur-syukur kalau mau diberikan perpanjangan layanan gratis. Dan sebaiknya buatlah TOS perihal masalah model seperti ini. Biasanya dan kebanyakan hoster tidak akan bertanggung jawab penuh jika terjadi sesuatu pada akun klien, dan klien diharapkan ikut menjaga dan mengamankan website dengan cara melakukan backup secara rutin adalah juga tanggung jawab mereka. Lain lagi ceritanya jika klien mengambil layanan backup berbayar di mas.
iya sih saya sih mau-mau aja kalau memang sang klien minta perpanjangan free atau complimentary. kalau masalah buat web kembali sebenernya saya juga agak keberatan gimana gitu,soalnya kalau kasarnya 'dollar dia aja tidak masuk kantong saya' apa lagi membuat website itu ngga semudah klik create hosting pada whmcs , oke makasih saran untuk TOS nya, akan saya update,sekalian ubah tampilan web indowebnet hehe

dari google cache / webarchieve sudah dicek om? bisa jadi ada cache dimana web yang hilang itu masi ada cachenya.
ga ada Tuan, sekalinya ada juga web dia pake wordpress kalo ngga salah. di cachenya cuma muncul welcome host dari cPanel saya.
pertanyaan pencerahan ini :)
=> awal nya dapet kompensasi ga ? kalo ga dapet kompensasi artinya mas ga usah ada ganti rugi, refund dll...
kenapa ?
karena mas alvin itu disini berarti hanya menampung klien saja.

masa udah dikasih tempat minta ganti rugi juga => sungguh terlalu menurut saya :D
boro2 kompensasi,saya disini jujur aja beli domain idwn,klient beserta asetnya. nilai pembeliannya sih boleh di bilang kecil mas.

Saya lihat ini adlah resiko mengakusisi hoster yang tutup usaha karena pasti semua klien akan melimpahkan komplain ke hoster baru.
Menurut saya, sampaikan saja kronologis proses akuisisinya termasuk tanggal backup datanya.

Niat baik belum tentu bisa langsung dipahami jadi besarkan hati.
mau di ceritain tapi orangnya udah ngomong pake urat Tuan, apa lagi saya juga orangnya suka pake urat jadi kadang2 suka ga tahan jadi dari pada meledak,saya diemin hehe perlu belajar yoga nih :p

Sepertinya baru kali ini ada hoster yang mengeluh data clientnya hilang. Berarti mesti dibuat sub forum tambahan "Keluhan Hoster" (just kidding). Menurut saya jika kondisinya sudah demikian (dalam artian data memang sudah hilang sama sekali) dan pihak client meminta refund. Mungkin bisa di rundingkan dengan pihak hoster lama untuk melakukan refund (50-50).

Semoga masalahnya cepat selesai dengan win-win solution.

hehe bukan ngeluh sih pengen sharing2 aja sekedar melimpahkan beban di hati :p iya akan saya ajukan ke pemilik lama.

tapi pekerjaan kalau engga ada masalah itu bagaikan makan rujak ngga pake sambel, kita ngga bakal tau seberapa besar kemampuan kita untuk menyelesaikan masalah
 

1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
Kalau saran saya coba contact upline indowebnet, dan minta backup-nya untuk account klien TS tsb ... kalau memang backupnya masih ada, asal diminta secara baik ya mestinya masih bisa dirundingkan. Pada saat account di terminated di WHM kan gak otomatis semua backup [daily, weekly dan monthly ] langsung hilang dan mungkin juga masih ada di remote backup. Kalau terpaksanya ya sementara account reseller lama diaktifkan dulu .. mungkin bayar bulanan saja. Atau mungkin perlu bayar Restore Fee ke upline indowebnet. semoga masalahnya cepat tuntas boz ...
 
Status
Not open for further replies.

Top