id.maulana
Apprentice 1.0
iya bener hahah

pertama : hunting dolo kastemer sebanjak kemampuan
kemampuan nyari kastemer baru maupun todong temen² deket/sekitar
jangan lupa sesuaiken juga dengan kemampuan daya tampung akun reseller yg dipake
sbap bertindak oversell (rakus) itu slalu menjadi pukulan telak dan jelek untuk mengakhiri karir bisnis hostingan
kalopun terpaksa harus berhenti dari bisnis hosting, upayaken berhenti dengan tjara yg lebih natural.
misalnja kerna gunung meletus, gempa bumi, atau kiamat.
kedua : jangan pernah gentar dengan pertanjaan dan keluhan teknis kastemer
sepanjang status masih reseller, bisa nanya² dan rikues bantuan teknis ke uplink
uplink yg baek seharusnja nda perna segan untuk segera membantu reseller mreka
pun google nda perna ketauan bolos online
pake aja senantiasa
ketiga : selalu minta (paksa) uplink membeberin proses apa aja yg mreka lakuken saat ngasi bantuan teknis
detail perbaikan apa yg dah mreka lakukan
nah, penjelasan dari uplink itu dicatet baik² masgan
untuk bekal masgan kelak saat dah waktunja berpindah ke lahan yg lebih besar, misalnya vps
Intinya mas Tuan kalau mau jual hosting beserta dengan cpanel harus ngerti sikit-sikit masalah yang biasanya dialami si customer. Sama juga dengan kalau Tuan jual domain![]()
Bener sekaliUntuk masalah teknikalnya mungkin memang penting, minimal mengetahui letak masalahnya dimana dan siap untuk ambil tindakannya, minimal paham dulu.
Benar, seenggaknya ada rasa respon yang cepat terhadap pelanggan, terima dulu semua keluhannya, komunikasi dengan baik, netralkan keadaan saat masalahnya memang krodit, minimal alasan itu bisa meredam dulu heheBener sekaliDan juga kalau ada masalah jangan langsung panik serta beri alasan yang jelas kepelanggannya
![]()
Betul...betul...betulmodal nya cukup uang + googling![]()
Betul...betul...betul