Apakah merk dagang kalian sudah didaftarkan?

megdi

Apprentice 1.0
Kalo pake konsultan cukup surat kuasa aja gak perlu ke jakarta om
paling murah 2.9jt, kalo bisa nunjukin surat keterangan umkm cuma 1.4jt per kelas

kalo ngurus sendiri paling 500-600rb
wah mantab. sip sip.
Cari konsultan biasanya di kantor LBH ya? saya dari dulu kepingn tapi bingung mulai dari mana hehehe...
Sebenarnya untuk umkm, harga 2.9jt pun sudah murah. apalagi kalau dipermudah, bisa ngurus sendiri harga 500rb itu pasti akan banyak umkm yang minat.
tapi sosialisasinya itu loh. Jangankan daftarin merk. Kadang umkm saja menganggap bikin siup TDP aja gak penting. Sebenarnya perlu sosialisasi yang besar agak kesadaran akan legalitas menjadi dianggap penting.
 

mas.satriyo

Hosting Guru
Cari konsultan biasanya di kantor LBH ya? saya dari dulu kepingn tapi bingung mulai dari mana hehehe...
bisa tanya2 dulu ke LBH atau kantor pengacara, umumnya mereka juga punya 'koneksi' ke konsultan merek
atau bisa juga ke konsultan merek langsung

apalagi kalau dipermudah, bisa ngurus sendiri harga 500rb itu pasti akan banyak umkm yang minat.
ini teori yg pada praktik dan kenyataannya lumayan 'kejam'
prinsip yg berlaku, 'murah jangan minta cepat'
ini saya baru aja ngalami :D

Sebenarnya perlu sosialisasi yang besar agak kesadaran akan legalitas menjadi dianggap penting
sosialisasi memang kurang, tapi kesadaran dari pemilik umkm juga perlu
pengalaman kawan saya, susah payah bangun merek, tidak segera didaftarkan, legalitas tidak diurus
akhirnya diambil orang lain yg bahkan dia sendiri tidak kenal
umumnya dinas terkait punya agenda rutin, bisa coba dihubungi
 

megdi

Apprentice 1.0
bisa tanya2 dulu ke LBH atau kantor pengacara, umumnya mereka juga punya 'koneksi' ke konsultan merek
atau bisa juga ke konsultan merek langsung


ini teori yg pada praktik dan kenyataannya lumayan 'kejam'
prinsip yg berlaku, 'murah jangan minta cepat'
ini saya baru aja ngalami :D


sosialisasi memang kurang, tapi kesadaran dari pemilik umkm juga perlu
pengalaman kawan saya, susah payah bangun merek, tidak segera didaftarkan, legalitas tidak diurus
akhirnya diambil orang lain yg bahkan dia sendiri tidak kenal
umumnya dinas terkait punya agenda rutin, bisa coba dihubungi
iya om.
BTW kalau merk ini harus sudah punya siup tdp gak?
atau bisa orang biasa? anggaplah usaha perorangan yang belum punya legalitas. :)
 

mas.satriyo

Hosting Guru
BTW kalau merk ini harus sudah punya siup tdp gak?
perorangan juga bisa
karena banyak teman2 di umkm kota saya yg daftar atas nama pribadi
lampirkan aja SKDU dari kecamatan sebagai bukti kalo punya usaha
kalo termasuk umkm binaan kota/kabupaten setempat, bisa melampirkan bukti keanggotaan umkm binaan, dapat diskon biaya registrasi merek, lupa persentasenya berapa
 

mlutfiup

Hosting Guru
Fatal banget sih misalnya udah usaha ber tahun2 kalo suatu saat orang atau perusahaan dengan merk yang sama yang baru berdiri mendaftarkan merk dagang duluan bisa kelar tuh :41:
 

mas.satriyo

Hosting Guru
oia fyi,
beberapa hari yg lalu saya sempat berkunjung dan diskusi dengan bapak agung damar, kasubdit yankum djki
sekarang proses pendaftaran merek bisa dilakukan secara online,
  • merek di laman merek.dgip.go.id
  • paten di laman paten.dgip.go.id
  • desain industri di laman desainindustri.dgip.go.id
prosedur pendaftaran merek sekarang juga ada beberapa perubahan, sesuai dengan peraturan yg baru
- proses lama, urutannya pemeriksaan substantif --> pengumuman
sekarang berubah menjadi pengumuman --> pemeriksaan substantif
- pengumuman dari 3 bulan, menjadi hanya 2 bulan

sehingga diharapkan dalam waktu 2 tahun sejak didaftarkan, sertifikat merek sudah dapat diambil
 

eroljoudy

Poster 1.0
oia fyi,
beberapa hari yg lalu saya sempat berkunjung dan diskusi dengan bapak agung damar, kasubdit yankum djki
sekarang proses pendaftaran merek bisa dilakukan secara online,
  • merek di laman merek.dgip.go.id
  • paten di laman paten.dgip.go.id
  • desain industri di laman desainindustri.dgip.go.id
prosedur pendaftaran merek sekarang juga ada beberapa perubahan, sesuai dengan peraturan yg baru
- proses lama, urutannya pemeriksaan substantif --> pengumuman
sekarang berubah menjadi pengumuman --> pemeriksaan substantif
- pengumuman dari 3 bulan, menjadi hanya 2 bulan

sehingga diharapkan dalam waktu 2 tahun sejak didaftarkan, sertifikat merek sudah dapat diambil
This site can’t be reached
paten.dgip.go.id’s server IP address could not be found.
Try running Windows Network Diagnostics.
DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

62 .. :33:
 

    
Top