Bagaimana Cara Kerja SSH? + Kelebihan dan Kekurangannya

masterwebnet

Beginner 2.0
Hai semua!

SSH merupakan sebuah pengembangan dari teknologi telnet yang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, seperti memiliki fitur DNS dan IP Address Spoofing, bisa mendapatkan akses secara gratis, koneksi yang lebih cepat, bisa membuka website yang tidak bisa dibuka, dan lain sebagainya. Selain itu, dengan menggunakan SSH untuk melakukan kegiatan remote server, pengguna akan dijamin keamanan aksesnya. Karena SSH ini memiliki fungsi untuk melindungi dan mengamankan pertukaran data yang sedang terjadi dengan menggunakan proses enkripsi data.

Sebagai seorang programmer tentunya teknologi ini perlu kamu pelajari lebih lanjut agar dalam prakteknya Anda tidak kesulitan untuk menggunakannya. Didalam proses penggunaannya, Anda memerlukan sebuah akun SSH. Dan untuk membuat akun SSH ini diperlukan sebuah server atau VPS.

Anda pastinya sudah paham tentang pengertian SSH yaitu sebuah jaringan yang aman. Dan tentu cara kerjanya pun akan memberikan jalan yang aman sampai pada tempat tujuan. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja SSH ini menggunakan model Client – Server, dimana SSH Client akan melakukan lalu lintas atau koneksi dengan SSH Server. Dalam proses koneksi ke SSH server tersebut, SSH Client akan menggunakan kunci kriptografi yang berfungsi untuk melakukan verifikasi data dan mengidentifikasi identitas SSH Server yang menjadi tujuannya. Sehingga apabila kunci kriptografi yang digunakan oleh SSH Client tidak sesuai atau tidak sama dengan SSH server maka lalu lintas tersebut tidak akan mungkin tersambung.

Berikut ini adalah beberapa tahapan-tahapan Cara Kerja SSH :

  1. Client BIND (Berkeley Internet Name Domain) pada local port yang memiliki nomor besar melakukan koneksi ke SSH server menggunakan port 22 TCP atau port yang sesuai.
  2. Jika antara SSH Client dengan SSH server sudah memiliki kesepakatan untuk menggunakan versi SSH tertentu, maka koneksi akan tersambung. Namun jika keduanya tidak menggunakan versi yang sama, maka koneksi tidak akan tersambung.
  3. Kemudian SSH Client akan meminta sebuah public key dan host key yang SSH server miliki.
  4. SSH Client dan SSH server menyetujui enkripsi yang digunakan oleh keduanya. (Ingat ya untuk kunci kriptografi yang digunakan keduanya harus sama)
  5. SSH Client akan membentuk sebuah session key dan mengenkripsinya menggunakan public key milik SSH server.
  6. SSH server mengembalikan data rahasia tersebut menjadi data asli yang didapat dari SSH Client. Kemudian SSH Server meng-enkripsi balik dengan public key milik SSH Client, dan terakhir mengirimkannya kembali ke Client untuk kebutuhan verifikasi.
  7. User atau pengguna yang menggunakan teknologi SSH ini kemudian mengotentikasi dirinya ke server dengan memasukkan username dan password yang sudah disediakan. Sampai pada tahap ini koneksi sudah terbentuk dan sudah aman, dimana SSH client sudah bisa bekerja secara interaktif untuk melakukan transfer file ke atau dari SSH server.
Kelebihan dan Kekurangan SSH
SSH sebagai teknologi jaringan yang aman yang memiliki segudang keuntungan dan manfaat, pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangannya juga. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan SSH :

Kelebihan SSH
  1. Memiliki fitur DNS dan IP Address Spoofing. Dimana data yang masuk ditempatkan ke dalam cache server
  2. Dengan menggunakan SSH, kamu bisa membuka dengan mudah berbagai situs yang tidak dapat dibuka atau situs yang sudah diblokir oleh internet positif
  3. Kamu akan mendapatkan sebuah koneksi yang lebih cepat, namun hal ini tergantung dari jenis SSH server yang kamu gunakan
  4. Dengan mudahkan mendapatkan koneksi internet yang unlimited alias gratis
  5. Harganya lebih murah jika dibandingkan dengan membeli di operator seluler
Kekurangan SSH
  1. Di dalam penggunaannya SSH ini tidak bisa dipakai selamanya, sehingga kamu perlu untuk mengupdate secara berkala apabila kamu ingin menggunakannya lagi.
  2. Memang dengan SSH ini kamu bisa mendapatkan koneksi yang lebih cepat, namun hal ini hanya berlaku untuk versi berbayarnya saja. Jika kamu menggunakan versi yang gratis. Ketika ada proses download, kamu akan merasakan koneksi yang lebih lambat.
Sekian pembahasan artikel kali ini tentang penjelasan apa itu SSH dan cara kerjanya, semoga informasi yang kami jelaskan di artikel ini bisa memberikan manfaat untuk semua.
 

TopBgtWeb.com

Poster 2.0
Alhamdulillah MasterWebNet aktif lagi di DWH. ditunggu sesepuh yang lain seperti Pak Yusuf Nurrachman dari RumahWeb di DWH :D
 

    
Top