Kemampuan VPS Untuk Hosting


Status
Not open for further replies.

andrastudio

Beginner 1.0
Halo,

Saya kebetulan ingin menyediakan layanan hosting untuk klien-klien saya. Selama ini mereka hosting sendiri-sendiri di beberapa provider hosting.

Saya ada beberapa opsi untuk ini yaitu pakai layanan reseller hosting atau pakai VPS di salah satu layanan cloud VPS.

Saya tertarik sekali dengan VPS, namun ada 1 hal yang masih mengganjal di saya. Kebetulan semua klien-klien kami adalah toko online lokal dengan trafik kecil hingga medium, taruhlah di kisaran masing-masing toko online trafiknya ada dikisaran 50 - 1500 unique/hari.

Kira-kira apakah spek VPS seperti di bawah ini cocok untuk menghandle sedikitnya 80 web toko online berbasis WordPress + WooCommerce di dalam 1 VPS menggunakan CloudLinux, WHM/cPanel, WHMCS?

RAM: 16 GB
CPU: 6 vCPUs
Disk Space: 320 GB
Bandwidth: 6 TB

Kemudian untuk mail server apakah perlu dibuatkan di VPS terpisah? Jika iya ada rekomendasi bagusnya di mana karena banyak penyedia cloud VPS yang memblok port 25. Karena klien membutuhkan alamat email dengan nama domain mereka sendiri.

Terima kasih.
 

mlutfiup

Hosting Guru
mending dedicated server aja atau colocation biar bisa custom spek sesuai kebutuhan apalagi kalo kliennya bertambah terus sekalian untuk jangka panjang

dibanding reseller hosting yang cloud nya cuma bahasa marketing. vps juga kurang mumpuni si itukan shared resource nya
tau sendiri wordpress cms yang makan banyak resource harus optimasi sana sini ditambah woocommerce
sampe ada hosting yang nyediain 1 server khusus untuk wp hosting doang karna butuh penanganan spesial menurut saya

untuk mail server terpisah gak perlu, se sibuk apa sampai ada mail server terpisah?

mendingan pakai google apps aja si udah paling oke
 

andrastudio

Beginner 1.0
Alasan pakai vps sebenarnya karena suoaya mudah scaling saja mas.

Tadinya mail server dipisah karena di DO port 25 diblok dan untuk meringankan beban server
 

andrastudio

Beginner 1.0
Rencananya kalau ada web klien yg trafiknya atau scriptnya sudah terlalu membebani server akan kami sarankan upgrade paket atau kami sarankan sewa sewa vps saja .

Jadi cukup ya mas @hendranata dengan spek seperti di atas untuk handle minimal 80 web WooCommerce dengan cloudlinux plus cpanel?
 

Hosterbyte

Apprentice 2.0
Verified Provider
cukup sepertinya. mungkin untuk whmcs bisa di pisah aja. semisal ada masalah di vps whmcs masi on untuk penyampaian informasi.. berbagi pengalaman saja sih. hehe
CMIMW
 

Ilham Hakim

Apprentice 2.0
Verified Provider
cukup kok, saya spek di bawah itu pernah lebih dari 100 user. kalau dedicated spek di bawah itu pun juga cukup, cuma gedein disk space aja kalo toko online biasanya makan space untuk gambar produk. Kalau colocation saya belum pengalaman :D tetapi sepertinya agak berlebihan ya, dilihat dari perangkat servernya yg tinggi harganya + biaya colo, apalagi hosting hanya khusus untuk klien web olshop saja. Yang bisnis hosting untuk umum pun masih banyak yang pakai DS.
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
sepertinya cukup, apalagi kalau vps sudah menggunakan SSD, tinggal dipikirkan urusan backupnya saja, mau disimpen dimana backupnya dan jgn smpe ketika menjalankan backup vps overload
 
Status
Not open for further replies.

Top