Managed VPS Service


Status
Not open for further replies.

funkyasa

Expert 1.0
Selamat siang Tuan-Tuan DWH.. Apakah ada yang menawarkan managed VPS?
Akhir tahun kemarin saya sempat menghentikan layanan managed VPS karena kesulitan dalam komunikasi dengan client, terutama yang agak awam.

Berikut salah satu dari beberapa case yang akhirnya berujung saya pusing sendiri:

- Client memesan managed VPS
- Saya aktifkan dan saya bantu migrasi juga 3 webnya
- Control panel pakai webuzo (nginx, mariadb)
- Kemudian user membuka tiket dan katanya emailnya ga bisa login, hal tersebut sudah biasa di webuzo, dan saya bisa tangani
- Nah, suatu saat user bilang lagi webnya down. saya cek VPS up. Kemudian saya restart VPS, dan ternyata masih down. Lalu saya cek ternyata nginx not running, saya lihat ternyata ilang nginxnya (entah user yang uninstall atau bagaimana). Saya coba perbaiki dan install ulang nginx di webuzo, dan sedikit config , lalu kembali menyala
- Beberapa minggu kemudian, lagi-lagi web tidak bisa diakses, user mengaku tidak melakukan apa-apa (karena alasannya awam). Saya sampai 3 hari keliling2 VPS ga ketemu masalahnya, dan saya tanya user tetap bilang tidak tau menau apa2. Akhirnya ketemu ada file vhost yang diedit oleh user. Saya pertegas pada user, akhirnya doi mengaku kalau dia mencoba rewrite non-www ke www di nginx (tapi caranya salah). Gdugrak deh kalo dari kemarin bilang kan setidaknya saya bisa memperkecil area pencarian problem VPS doi.

Itu hanya satu dari beberapa case, di mana user utak atik file penting, dan menyebabkan errror. Karena managed, doi langsung submit ticket tapi tidak mau mengaku apa saja yang sudah dilakukannya. Hal ini benar-benar menguras waktu (kalau user ngaku apa aja yang dia utak atik sih lebih mendingan).

Nah bagaimana teman hoster yang punya managed VPS, apakah ada solusi jika user 'ga mau informatif' seperti ini? Jadi kita kaya dukun tanpa dikasi informasi apa aja yang diutak atik harus bisa tau letak problemnya :D

Akhir 2014 lalu saya menghentikan managed vps, dan rencananya bulan ini saya akan adakan kembali, tetapi dengan syarat ssh access dan webuzo panel detail loginnya saya yang pegang, jadi user hanya login ke CMS admin saja, kalau ada kebutuhan tentang file manager atau mysql atau butuh konfig khusus (nginx edit, php extension, dll) maka akan submit ticket. kira-kira masuk akal ga ya kalau seperti itu? :D

Thanks buat yang membantu, atau mungkin ada yang mau share juga cara nalangin user seperti itu :)
 

idnix

Hosting Guru
Verified Provider
webuzo pake nginx? setting vhost sama rewrite nya manual :D
 

WarnaHost

Expert 2.0
Verified Provider
Wah kalau saya managed vps yang kliennya ga sanggup bayar cpanel pake kloxo-mr, karena di webuzo memang selalu begitu meskipun user tidak otak-atik apa-apa si nginx selalu tiba-tiba off akhirnya klien ngoceh, setelah saya rekomendasikan pake kloxo sampe sekarang klien lebih nyaman di kloxo (ini untuk klien yang ga sanggup beli cpanel)
Beda lagi kalau managed + cpanel, ini lebih mempersingkat waktu hahaha... ga usah disebut lagi kalau cpanel mah semua udah pada tau :D
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
iya, di webuzo memang terkadang sering error... namanya juga gratis ya fitur apa adanya, hehe
manage vps non cPanel malah lebih sulit dari pada yang pakai cPanel/WHM, hihi :D
 

mustafaramadhan

Hosting Guru
iya, di webuzo memang terkadang sering error... namanya juga gratis ya fitur apa adanya, hehe
manage vps non cPanel malah lebih sulit dari pada yang pakai cPanel/WHM, hihi :D
Apa selalu selalu yang free akan 'apa adanya'?.

Apa ada di CPanel (tanpa tambahan/plugins pihak ketika):
1. Sekaligus manage OpenVZ VPS --> ada di ISPConfig3
2. Ada lighttpd, nginx dan hiawatha (disamping apache) dan sekaligus proxy-nya --> ada di Kloxo-MR
3. Dan masih banyak yang lain

Silahkan sebut apa yang dirasa ada di CPanel dan dirasa tidak ada di CP yang free.
 

IIXPLANET

Expert 2.0
biasanya klo managed service itu di butuhkan kerjasama komunikasi yg baik antara klien dengan sysadmin
jadi lebih mudah kerja nya dan lebih cepat fix problem yg ada

namun klo user nya yg suka ngutak ngatik dan tidak mengakui ketika error muncul akibat salah prosedur lalu kita suruh benerin repot juga dan akan menyita waktu banyak , dan kedepannya pasti ga akan lancar klo komunikasi yg di bangun tidak bisa sejalan .

tidak webuzo atau cpanel atau yg lain saya fikir klo masalahnya dari sisi user nya sama saja sih.
 

IDreg.Net

Expert 2.0
inti sebenarnya sih hanya komunikasi itu yg terpenting :D
jadi apapun panel nya klo komunikasi nyambung jd lebih mudah.
klo usernya tidak ngaku, ini yg bikin susah, banyak menyita kesibukan ...
di saya mash ada beberapa klien yg vps managed pakai webuzo akses ke admin di kasih, tapi SSH tidak hanya jika klien request + kasih warning
alasan rata2 pakai webuzo karena tambahan harga license cpanel nya :D
klo cpanel rata2 klien yg pakai ram di atas 1GB saja ( managed ) Full akses By request + kasih warning.
klo yg unmanaged hanya di bantu jika berhubungan dgn server utama. di luar itu di utak atik sendiri.

Tambahan :
untuk Webuzo yg managed klo bisa DNS nya jgn pakai di webuzo itu sendiri, pakai aja DNS lain, BIND nya di uninstall saja, biar lebih stabil :D
 
Status
Not open for further replies.

Top