funkyasa
Expert 1.0
Selamat siang Tuan-Tuan DWH.. Apakah ada yang menawarkan managed VPS?
Akhir tahun kemarin saya sempat menghentikan layanan managed VPS karena kesulitan dalam komunikasi dengan client, terutama yang agak awam.
Berikut salah satu dari beberapa case yang akhirnya berujung saya pusing sendiri:
- Client memesan managed VPS
- Saya aktifkan dan saya bantu migrasi juga 3 webnya
- Control panel pakai webuzo (nginx, mariadb)
- Kemudian user membuka tiket dan katanya emailnya ga bisa login, hal tersebut sudah biasa di webuzo, dan saya bisa tangani
- Nah, suatu saat user bilang lagi webnya down. saya cek VPS up. Kemudian saya restart VPS, dan ternyata masih down. Lalu saya cek ternyata nginx not running, saya lihat ternyata ilang nginxnya (entah user yang uninstall atau bagaimana). Saya coba perbaiki dan install ulang nginx di webuzo, dan sedikit config , lalu kembali menyala
- Beberapa minggu kemudian, lagi-lagi web tidak bisa diakses, user mengaku tidak melakukan apa-apa (karena alasannya awam). Saya sampai 3 hari keliling2 VPS ga ketemu masalahnya, dan saya tanya user tetap bilang tidak tau menau apa2. Akhirnya ketemu ada file vhost yang diedit oleh user. Saya pertegas pada user, akhirnya doi mengaku kalau dia mencoba rewrite non-www ke www di nginx (tapi caranya salah). Gdugrak deh kalo dari kemarin bilang kan setidaknya saya bisa memperkecil area pencarian problem VPS doi.
Itu hanya satu dari beberapa case, di mana user utak atik file penting, dan menyebabkan errror. Karena managed, doi langsung submit ticket tapi tidak mau mengaku apa saja yang sudah dilakukannya. Hal ini benar-benar menguras waktu (kalau user ngaku apa aja yang dia utak atik sih lebih mendingan).
Nah bagaimana teman hoster yang punya managed VPS, apakah ada solusi jika user 'ga mau informatif' seperti ini? Jadi kita kaya dukun tanpa dikasi informasi apa aja yang diutak atik harus bisa tau letak problemnya
Akhir 2014 lalu saya menghentikan managed vps, dan rencananya bulan ini saya akan adakan kembali, tetapi dengan syarat ssh access dan webuzo panel detail loginnya saya yang pegang, jadi user hanya login ke CMS admin saja, kalau ada kebutuhan tentang file manager atau mysql atau butuh konfig khusus (nginx edit, php extension, dll) maka akan submit ticket. kira-kira masuk akal ga ya kalau seperti itu?
Thanks buat yang membantu, atau mungkin ada yang mau share juga cara nalangin user seperti itu
Akhir tahun kemarin saya sempat menghentikan layanan managed VPS karena kesulitan dalam komunikasi dengan client, terutama yang agak awam.
Berikut salah satu dari beberapa case yang akhirnya berujung saya pusing sendiri:
- Client memesan managed VPS
- Saya aktifkan dan saya bantu migrasi juga 3 webnya
- Control panel pakai webuzo (nginx, mariadb)
- Kemudian user membuka tiket dan katanya emailnya ga bisa login, hal tersebut sudah biasa di webuzo, dan saya bisa tangani
- Nah, suatu saat user bilang lagi webnya down. saya cek VPS up. Kemudian saya restart VPS, dan ternyata masih down. Lalu saya cek ternyata nginx not running, saya lihat ternyata ilang nginxnya (entah user yang uninstall atau bagaimana). Saya coba perbaiki dan install ulang nginx di webuzo, dan sedikit config , lalu kembali menyala
- Beberapa minggu kemudian, lagi-lagi web tidak bisa diakses, user mengaku tidak melakukan apa-apa (karena alasannya awam). Saya sampai 3 hari keliling2 VPS ga ketemu masalahnya, dan saya tanya user tetap bilang tidak tau menau apa2. Akhirnya ketemu ada file vhost yang diedit oleh user. Saya pertegas pada user, akhirnya doi mengaku kalau dia mencoba rewrite non-www ke www di nginx (tapi caranya salah). Gdugrak deh kalo dari kemarin bilang kan setidaknya saya bisa memperkecil area pencarian problem VPS doi.
Itu hanya satu dari beberapa case, di mana user utak atik file penting, dan menyebabkan errror. Karena managed, doi langsung submit ticket tapi tidak mau mengaku apa saja yang sudah dilakukannya. Hal ini benar-benar menguras waktu (kalau user ngaku apa aja yang dia utak atik sih lebih mendingan).
Nah bagaimana teman hoster yang punya managed VPS, apakah ada solusi jika user 'ga mau informatif' seperti ini? Jadi kita kaya dukun tanpa dikasi informasi apa aja yang diutak atik harus bisa tau letak problemnya

Akhir 2014 lalu saya menghentikan managed vps, dan rencananya bulan ini saya akan adakan kembali, tetapi dengan syarat ssh access dan webuzo panel detail loginnya saya yang pegang, jadi user hanya login ke CMS admin saja, kalau ada kebutuhan tentang file manager atau mysql atau butuh konfig khusus (nginx edit, php extension, dll) maka akan submit ticket. kira-kira masuk akal ga ya kalau seperti itu?

Thanks buat yang membantu, atau mungkin ada yang mau share juga cara nalangin user seperti itu
