MariaDB 10.3 dan MySQL 8.0, mau pilih jalur yg mana ya ?


1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
cPanel/WHM 88 yang akan segera direlease sekarang support MariaDB 10.3 dan MySQL 8.0, mau pilih jalur yg mana ya ?
Khabarnya MySQL 8.0 lebih cepat. Menurut saya ini adalah pilihan yang suilit karena begitu kita sudah pilih salah satunya maka itu adalah akhir dari compatibilitas antar keduanya MariaDB vs. MySQL. Gimana menurut teman2 di sini ? Ayo kita diskusi lebih lanjut tentang keduanya.
 

1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
1590120146357.png

Defaultnya cPanel masih merekomendasikan MariaDB 10.3 tetapi itu mungkin karena dulu cPanel belum support MySQL 8.0. cPanel tidak lagi mensupport MySQL setelah versi 5.7 setelah MySQL dibeli oleh Oracle. Sejak cPanel 88 sepertinya mereka sudah rujuk kembali, dan tadi pagi dini hari ikutan webinar cPanel 88 katanya sih MySQL 8.0 lebih cepat.

Konsen saya karena nanti di cPanel 88 ada pilihan MySQL 8.0 maka bisa saja akan banyak (sebagian) provider Hosting yg mungkin memilih MySQL 8.0 dan sebagian lainnya akan memilih menggunakan MariaDB 10.3 (atau versi lanjutannya), masalah akan timbul dan merepotkan manakala dibutuhkan migrasi cPanel dari provider Hosting yg memakai MySQL 8.0 ke provider hosting yang menggunakan MariaDB 10.3 atau sebaliknya. Karena setelah MySQL 5.7 kompatibilitas antar keduanya sudah semakin jauh.
 

jetdino

Expert 1.0
Verified Provider
Sebenarnya pada tgl. 18 Juni 2019, MariaDB 10.4.6 sudah Release Stable tetapi kenapa di cPanel / WHM Upgrade MySQL/MariaDB hanya ada versi paling tinggi 10.3 ya ? Jadi curiga nih sama cPanel sepertinya ada saling melirik dengan MySQL lagi ... hehehehe
Nggak semua release stable bisa stable juga di environment yg berbeda.
Waktu centos 7 sudah release, cPanel juga blm kompatible langsung dgn centos 7.

Centos 8 udah release lama, skr juga cpanel blm suppot centos 8 kan :)
Begitu juga software2 lain, kalau WHMCS release versi paling baru, om @1stserver langsung update gak? :D
 

BUANA dotnet

Hosting Guru
Verified Provider
Tetap pakai yang di rekomendasi cPanel saja, saat ini masih MariaDB

Sama halnya dengan DNS server, sebelumnya rekomendasi BIND, sekarang jadi PowerDNS
 

Top