[POLLING] Tindakan Anda Klo Klien Ga Bayar Tagihan?

Jika Pelanggan Anda Tidak Bayar Layanan Hosting di Hari Terakhir Masa Layanan, Tindakan Anda?


  • Total voters
    39

mybloodiscoffee

Expert 1.0
Ada banyak pengusaha jasa hosting di Indonesia, namun tentu tidak setiap dari mereka punya perlakuan yang sama pada pelanggan. Mungkin juga belum ada 1 suara bulat untuk urusan A B C D untuk semua jasa hosting di Indonesia. Semoga tidak ada yang keberatan ikut sharing di polling sederhana ini...

Disini pertanyaannya jelas ya: TIDAK BAYAR, bukan TELAT BAYAR. Tidak bayar ini dari konfirmasi pelanggan itu sendiri sebelum masa layanan berakhir dan atau sesudah diberikan informasi sekian kali tagihan dan tetap tidak bayar hingga masa layanan berakhir.

Terima kasih untuk yang ikutan polling ini.
 
jawabannya sederhana, biarkan saja biar sistem yang bekerja.
tidak bayar = auto suspend --> auto terminate
dimana biasanya fitur itu sudah ada di billing hosting seperti whmcs dll.

note:
kita sebagai pengusaha hosting tidak bisa "memaksa" pelanggan untuk tetap bertahan.
jika pelanggan tidak membayar, berarti layanan hosting selesai sampai masa berakhir yang sudah ditentukan oleh sistem.
 
sebelum jatuh tempo kirim notifikasi
jika sudah jatuh tempo dan customer belum ada pembayaran bole suspend
pastikan juga apakah notifikasi nya sampai
perlu juga komunikasi ke customer untuk jaga hubungan baik
 
biasanya kita bisa memberikan notifikasi kepada klien saat sudah memasuki masa perpanjang. setelah mendekati jatuh tempo nanti bisa di-followup kembali untuk mengingatkan. namun, jika memang masih belum ada jawaban atau memang tidak diperpanjang, nanti sistem akan langsung ngasih auto suspend sampai jangka waktu tertentu sebelum auto terminate.
 
Kalau di shared hosting, menurut kami idealnya seperti yang @Mas Alpii sampaikan, dibiarkan sistem berjalan normal menurut jadwal auto suspend dan auto terminate-nya. Hanya saja harus hati2 untuk auto terminatenya. Pastikan sistem backupnya punya cukup waktu untuk mempunyai data backup di titik terakhir, tambahkan 1-2 hari bila perlu.
 
Wah rame ya... Hehehe

Klo di layanan saya dan bbrp rekan lainnya, kami kebetulan tipikal friendly tapi tegas. Setiap email invoice tdk kami berikan sekedar url T.O.S tapi kami benar² tulis syarat kondisi pembayaran dan layanan jika tidak konfirmasi atau tidak bayar maka dianggap konsumen juga telah melakukan konfirmasi tidak memperpanjang layanannya. Krn pelanggan aja dberi sekedar url T.O.S payment dsb aja blm tentu klik, jadi kami paksa beri tulisan lumayan panjang per invoice mengingatkan resiko tentang tidak bayar/gagal bayar pada layanannya.

Di T.O.S kami jg jelas bahwa layanan yg tdk diperpanjang baik melalui konfirmasi atau TIDAK BAYAR invoice maka akan diterminate tengah malam hari terakhir layanan berakhir.

Saya tidak memberikan toleransi sisa waktu jika konsumen tidak bayar karena definisi TIDAK BAYAR buat saya beda dengan telat bayar. Invoice sudah dikirim jauh hari bahkan bisa rentang 3bln sblmnya dan itu pun ada email lanjutan sampe email terakhir warning. Artinya kan ada jeda lama invoice itu ada 2 kondisi yaitu pelanggan konfirmasi ke kami tidak lanjut layanan atau sampai di akhir layanan tagihan ga dibayar, jadi kami terima sebagai end of servis life.

Sedangkan jika pelanggan mau bayar tapi telat, maka ia harus konfirmasi dulu jauh hari ke kami dan kami akan pertimbangkan kasih jeda 1-2 hari sebelum sistem terminate account. Buat kami disitu bedanya.

Ini sebenarnya polling n pertanyaan awal jg mengacu pada kondisi Pelanggaran syarat pemakaian misal pelanggan melakukan tindakan merugikan server kan ada yg suspend atau langsung terminate account, kalo pelanggaran ini langsung kena Terminator itu dah umum dan sptnya wajar aja, tapi jika sudah ga bayar tagihan, ga konfirmasi jauh hari telat bayar tapi malah diberi dispensasi setelah layanan berakhir buat kami itu bukan hal yg tepat lg.

Jadi kalo sudah konfirmasi jauh hari ga perpanjang layanan, sudah jelas tiap email ada info resiko tidak bayar atau hal menyangkut tidak dilanjutkan kontrak dan resiko dihapus tengah malam di hari terakhir kontrak tapi customer malah koar² protes ini yang gila sapa? Ga ngotak jg kan klien gnian!
 
kalau seperti itu balik lagi sih kebijakan masing2 penyedia, kalau memang ingin langsung terminated pada saat jatuh tempo juga tidak masalah.
beberapa rekan yang memberikan waktu terminate lebih lama dengan harapan si user bakalan perpanjang, tidak semua user membaca email setiap saat. Kecuali jika sudah melakukan follow up melalui email, sms, whatsapp, telpon atau bahkan visit langsung ke kantor klien namun tidak ada tanggapan ini baru bisa dianggap sudah tidak diperpanjang.
Terkadang klien2 tertentu ini butuh perlakuan khusus
 
@dhyhost Kebetulan saya ada klien yg mrk sendiri koordinasi dalam team berantakan dng alasan sibuk A B C D, nah posisi kita sbg penyedia layanan kan hanya mengirim pemberitahuan, soal apakah pelanggan merespon baca dan mengambil tindakan yg diperlukan sblm masa akhir layanan itu sudah diluar ranah kita sbg penyedia jasa ya? YA saya paham salah satu alasan diberi kemurahan hati tidak langsung di terminate ya ttg harapan wilayah abu-abu itu 50:50 yes or no to renew.

Yg "menarik", ketika pelanggan compare T.O.S kita dengan penyedia jasa lainnya, lah dipikirnya kita ini satu Kartu Keluarga ape ya? :24:
 
Back
Top