Wah rame ya... Hehehe
Klo di layanan saya dan bbrp rekan lainnya, kami kebetulan tipikal friendly tapi tegas. Setiap email invoice tdk kami berikan sekedar url T.O.S tapi kami benar² tulis syarat kondisi pembayaran dan layanan jika tidak konfirmasi atau tidak bayar maka dianggap konsumen juga telah melakukan konfirmasi tidak memperpanjang layanannya. Krn pelanggan aja dberi sekedar url T.O.S payment dsb aja blm tentu klik, jadi kami paksa beri tulisan lumayan panjang per invoice mengingatkan resiko tentang tidak bayar/gagal bayar pada layanannya.
Di T.O.S kami jg jelas bahwa layanan yg tdk diperpanjang baik melalui konfirmasi atau TIDAK BAYAR invoice maka akan diterminate tengah malam hari terakhir layanan berakhir.
Saya tidak memberikan toleransi sisa waktu jika konsumen tidak bayar karena definisi TIDAK BAYAR buat saya beda dengan telat bayar. Invoice sudah dikirim jauh hari bahkan bisa rentang 3bln sblmnya dan itu pun ada email lanjutan sampe email terakhir warning. Artinya kan ada jeda lama invoice itu ada 2 kondisi yaitu pelanggan konfirmasi ke kami tidak lanjut layanan atau sampai di akhir layanan tagihan ga dibayar, jadi kami terima sebagai end of servis life.
Sedangkan jika pelanggan mau bayar tapi telat, maka ia harus konfirmasi dulu jauh hari ke kami dan kami akan pertimbangkan kasih jeda 1-2 hari sebelum sistem terminate account. Buat kami disitu bedanya.
Ini sebenarnya polling n pertanyaan awal jg mengacu pada kondisi Pelanggaran syarat pemakaian misal pelanggan melakukan tindakan merugikan server kan ada yg suspend atau langsung terminate account, kalo pelanggaran ini langsung kena Terminator itu dah umum dan sptnya wajar aja, tapi jika sudah ga bayar tagihan, ga konfirmasi jauh hari telat bayar tapi malah diberi dispensasi setelah layanan berakhir buat kami itu bukan hal yg tepat lg.
Jadi kalo sudah konfirmasi jauh hari ga perpanjang layanan, sudah jelas tiap email ada info resiko tidak bayar atau hal menyangkut tidak dilanjutkan kontrak dan resiko dihapus tengah malam di hari terakhir kontrak tapi customer malah koar² protes ini yang gila sapa? Ga ngotak jg kan klien gnian!