[POLLING] Tindakan Anda Klo Klien Ga Bayar Tagihan?


Jika Pelanggan Anda Tidak Bayar Layanan Hosting di Hari Terakhir Masa Layanan, Tindakan Anda?


  • Total voters
    39

jetdino

Expert 1.0
Verified Provider
Wah rame ya... Hehehe

Klo di layanan saya dan bbrp rekan lainnya, kami kebetulan tipikal friendly tapi tegas. Setiap email invoice tdk kami berikan sekedar url T.O.S tapi kami benar² tulis syarat kondisi pembayaran dan layanan jika tidak konfirmasi atau tidak bayar maka dianggap konsumen juga telah melakukan konfirmasi tidak memperpanjang layanannya. Krn pelanggan aja dberi sekedar url T.O.S payment dsb aja blm tentu klik, jadi kami paksa beri tulisan lumayan panjang per invoice mengingatkan resiko tentang tidak bayar/gagal bayar pada layanannya.

Di T.O.S kami jg jelas bahwa layanan yg tdk diperpanjang baik melalui konfirmasi atau TIDAK BAYAR invoice maka akan diterminate tengah malam hari terakhir layanan berakhir.

Saya tidak memberikan toleransi sisa waktu jika konsumen tidak bayar karena definisi TIDAK BAYAR buat saya beda dengan telat bayar. Invoice sudah dikirim jauh hari bahkan bisa rentang 3bln sblmnya dan itu pun ada email lanjutan sampe email terakhir warning. Artinya kan ada jeda lama invoice itu ada 2 kondisi yaitu pelanggan konfirmasi ke kami tidak lanjut layanan atau sampai di akhir layanan tagihan ga dibayar, jadi kami terima sebagai end of servis life.

Sedangkan jika pelanggan mau bayar tapi telat, maka ia harus konfirmasi dulu jauh hari ke kami dan kami akan pertimbangkan kasih jeda 1-2 hari sebelum sistem terminate account. Buat kami disitu bedanya.

Ini sebenarnya polling n pertanyaan awal jg mengacu pada kondisi Pelanggaran syarat pemakaian misal pelanggan melakukan tindakan merugikan server kan ada yg suspend atau langsung terminate account, kalo pelanggaran ini langsung kena Terminator itu dah umum dan sptnya wajar aja, tapi jika sudah ga bayar tagihan, ga konfirmasi jauh hari telat bayar tapi malah diberi dispensasi setelah layanan berakhir buat kami itu bukan hal yg tepat lg.

Jadi kalo sudah konfirmasi jauh hari ga perpanjang layanan, sudah jelas tiap email ada info resiko tidak bayar atau hal menyangkut tidak dilanjutkan kontrak dan resiko dihapus tengah malam di hari terakhir kontrak tapi customer malah koar² protes ini yang gila sapa? Ga ngotak jg kan klien gnian!
URL layanan nya apa om?
 

jagoweb.com

Apprentice 1.0
kalau seperti itu balik lagi sih kebijakan masing2 penyedia, kalau memang ingin langsung terminated pada saat jatuh tempo juga tidak masalah.
beberapa rekan yang memberikan waktu terminate lebih lama dengan harapan si user bakalan perpanjang, tidak semua user membaca email setiap saat. Kecuali jika sudah melakukan follow up melalui email, sms, whatsapp, telpon atau bahkan visit langsung ke kantor klien namun tidak ada tanggapan ini baru bisa dianggap sudah tidak diperpanjang.
Terkadang klien2 tertentu ini butuh perlakuan khusus
kalau memang sudah telat seharusnya klien memang tidak bisa protes lagi. namun, memang benar adanya kalau kita juga kadang menjumpai klien yang memiliki beberapa alasan-alasan yang mereka kemukakan. kalau sudah bertemu kasus seperti ini kalau dari tempat kami biasa diambil jalan tengahnya. jadi jika data masih ada dan bisa dipulihkan maka nanti masih bisa dikoordinasikan. kalau di whmcs biasanya ada dikenakan biaya keterlambatan, tetapi kalau pakai sistem sendiri biasanya tergantung kebijakan masing-masing provider.
 

hendra0404

Poster 2.0
Suspensi selama 30 hari sambil auto reminder jalan dan terminate deh kalau selama 30 hari ga ada konfirmasi atau perpanjang. Kalau bisa sama sekalian backup nya di terminate kalau ada karna udah di kasih jangka waktu. Jadi udah ga pake resource apa2 kalau udah di terminate
 

XXIKU.COM

Hosting Guru
Klw di server luar negeri dengan layanan shared/cloud hosting hmpir mirip kyk term nya domain ya.. Klwpun sudh lwat tanggal expirednya paling tidak butuh waktu 1-2 minggu data backup masih dpt diambil/didownload/dimigrasikan oleh provider.

Nb : tidak jarang jg meskipun VPS KVM/OVZ atau Dedicated server jg demikian masih ada wktu jenjang dengan estimasi paling tidak 1-7 hari data msih dapat diakses/diambil, gk keberatan mereka klw server di colok power On kan sementara, tapi ya harus kirim tiket dengan Subjek Urgent. Tapi ya itupun kalau node/dedicated tsb blum di booking orang, agak tidak menjamin jg sih, makanya ISP selalu menyarankan backup. Lain halnya klw yg provider reseller sih biasanya lngsung full terminate langsung mgkin karna cost server backup tambahan, klw yg ISP yg punya datacenter sendiri biasanya ada longgar sedikit dan lebih safety.
 
Last edited:

Top