Status
Not open for further replies.

GPLHosting

Hosting Guru
Ini ada case menarik, seputar domain .id

1. Saya punya client. Client tsb punya domain, sebut saja sablonkaos.id (penyebutan domain bukan untuk promosi, tapi untuk pengecekan bersama).

2. Domain sablonkaos.id di register pada 19-May-2015, dan beli untuk periode 2 tahun.

3. Sehingga expire-nya jatuh pada tanggal 19-May-2017.

4. Tiga Bulan sebelum dan hingga menjelang expire, client tidak pernah mendapatkan reminder. (ternyata email remindernya masuk spam folder).

5. Client baru menyadari hal tsb pada hari ini, tanggal 21 Juni 2017. Dan kemudian mengontak saya, sebagai reseller.

6. Saya juga ngga mengirimkan reminder. Lha wong ga ada komunikasi sama sekali, maka saya berasumsi ngga akan di renew. Karena asumsi saya, dia juga pasti akan dapat reminder, serta web-nya juga ga akan bisa dibuka. (web di redirect ke expired page). Minimal akan tahu dan "ngeh" dari berubahnya website domain tsb.

7. Nah, ketika akan di renew, ternyata tidak bisa. Di sistem registrar sudah masuk Grace period, dan harus proses restore domain dengan biaya 400% dari biaya renewal.

8. Kalau merujuk siklus domain pandi di https://pandi.id/mengelola-domain/siklus-domain/, Renewal period itu kan 35 Hari.

9. Padahal kan domain tsb, kalau mau hitungan harinya dari tanggal 19 Mei 2017 hingga 21 Juni 2017, baru berjalan 34 hari (tanggal 19 Mei dan 21 Juni nya ikut saya hitung).
https://www.timeanddate.com/date/durationresult.html?d1=19&m1=05&y1=2017&d2=21&m2=6&y2=2017&ti=on

10. Nah, saya coba kontak dan kirim tiket ke registrar, ternyata jawabannya adalah siklus renewal period di sistem liqu.id nya adalah 33 hari, bukan 35 hari.

11. Jadi domain tsb katanya sudah melewati lebih 33 hari dan masuk grace period. Kalau domainnya mau aktif kembali, ya melakukan proses Restore.

12. Saya tetap belum bisa menerima hal tsb dengan menanyakan dasar ketentuannya kepada registrar. Apalagi ternyata ada Kebijakan baru PANDI tertanggal 24 Maret 2017, yang menyatakan bahwa Renewa Period adalah 45 Hari.
https://pandi.id/konten/uploads/201...ma_Domain_III_2017_PANDI-Publik-versi-6.1.pdf

13. Sambil komunikasi dengan pihak registrar, saya coba eskalasi ke PANDI sebagai registry untuk konfirmasi perihal Kebijakan barunya tersebut.

14. Ternyata, setelah kontak dengan PANDI, mereka menyatakan bahwa registrar dapat menyetting siklus masing-masing period sesuai dengan kebijakan masing-masing registrar.

15. Dan kebijakan PANDI tersebut tidak bersifat mengikat. Namanya juga "KEBIJAKAN" kali yaaa.... bukan "PERATURAN" .... :D

16. Rencana selanjutnya, saya akan me-restore domainnya dahulu dengan bermusyarawah dengan client bagaimana baiknya. Bila client tidak bisa menerima, maka akan saya bayarkan dahulu biaya restore-nya.

17. Setelah itu, saya berencana akan mencoba membawa hal ini ke PPND. Mungkin bisa dapat pencerahan lanjutan disana.

18. Thread ini dibuat bukan sebagai curcol atau apalah, thread ini saya buat sebagai bentuk informasi yang mungkin teman-teman disini perlu ketahui daripada kebijakan PANDI dan kebijakan registrar-nya masing-masing.

Semoga bermanfaat, dan dapat diambil hikmah dan pelajarannya bersama.
 
Last edited:

FluidaWeb

Hosting Guru
Di resgistrar yang saya ikuti 30 hari malah, pernah rugi juga karena hal ini.. client sudah bayar dan ketika mark paid ternyata modulenya tidak bisa auto renew jika sudah expired (harus kontak cs dulu), setelah renewal periode habis client baru komplen jika domainnya tidak bisa di akses, dan akhirnya harus menanggung kerugian biaya restore..
ini sikusnya:
1. Renew Periode / AutoRenew Periode -> 30hari
2. Redemption period -> 35hari
3. Pending delete -> 5-7hari
 

natanetwork

Hosting Guru
Verified Provider
hmmm..sayang bgt ya. itu 34hari ya.. tapi dari pandi max 45hari..
coba cari registrar yg support sampe 45hari trus di transfer domain.. hehe.. jadi inget ktnya bisa transfer domain posisi masi expired :D
 

GPLHosting

Hosting Guru
Di resgistrar yang saya ikuti 30 hari malah, pernah rugi juga karena hal ini.. client sudah bayar dan ketika mark paid ternyata modulenya tidak bisa auto renew jika sudah expired (harus kontak cs dulu), setelah renewal periode habis client baru komplen jika domainnya tidak bisa di akses, dan akhirnya harus menanggung kerugian biaya restore..
ini sikusnya:
1. Renew Periode / AutoRenew Periode -> 30hari
2. Redemption period -> 35hari
3. Pending delete -> 5-7hari

Wah ternyata sudah ada yg duluan yang mengalami-nya ya...
Turut prihatin om Idris ...
 

GPLHosting

Hosting Guru
hmmm..sayang bgt ya. itu 34hari ya.. tapi dari pandi max 45hari..
coba cari registrar yg support sampe 45hari trus di transfer domain.. hehe.. jadi inget ktnya bisa transfer domain posisi masi expired :D

yg trf domain posisi expired mungkin TLD, kalau .ID mah jangan ditanya dahhh... :D
 
Status
Not open for further replies.

Top