Status
Not open for further replies.

Hosterbyte

Apprentice 2.0
Verified Provider
Kedepan saya tidak hanya mengandalkan email notifikasi dari registrar saja, melainkan saya juga yang harus pro-aktif menjalan monitoring domain-domain yang akan expired.

harus kerja ekstra biar tidak kempis dompet hehe..

bisa di tiru ini hehe
 

GPLHosting

Hosting Guru
harus kerja ekstra biar tidak kempis dompet hehe..

bisa di tiru ini hehe

Tipsnya adalah waspada terhadap domain yang sudah expired. Kalau sudah expired, harus di konfirmasi lagi, apakah mereka memang gak mau renew ataukah mereka gak tau kalau sudah expired (notifikasi dr sistem registrar mungkin masuk spam folder). Konfirmasinya, jangan sampai tunggu masa renew habis atau jangan tunggu masuk grace periode.

Cukup sekali aja saya dapet begini. Dan cukup saya saja yang terakhir mendapat yg begini. Semoga teman-teman lainnya, tidak akan ada yang mengalaminya di masa depan, aamiin.
 

1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
Tipsnya adalah waspada terhadap domain yang sudah expired. Kalau sudah expired, harus di konfirmasi lagi, apakah mereka memang gak mau renew ataukah mereka gak tau kalau sudah expired (notifikasi dr sistem registrar mungkin masuk spam folder). Konfirmasinya, jangan sampai tunggu masa renew habis atau jangan tunggu masuk grace periode.

Cukup sekali aja saya dapet begini. Dan cukup saya saja yang terakhir mendapat yg begini. Semoga teman-teman lainnya, tidak akan ada yang mengalaminya di masa depan, aamiin.
Turut prihatin atas kasus ini .... tetapi menurut saya itu bukan "tanggungjawab" GPL sebagai domain provider untuk mengaktifkan domain kembali, tetapi saya salut dengan itikad baiknya untuk membantu klien. Tips tersebut sepertinya tidak selalu bisa dilaksanakan ... bayangin saja kalau jumlah domain yg sedang expired ada ribuan, gimana kita bisa follow-up satu2 untuk meminta konfirmasi mau diperpanjang atau tidak? rasanya kok mustahil ya ....

Faktanya adalah data pelanggan yang belum tentu akurat ... alamat email mungkin sudah tidak valid, nomor telpon sudah tolalit, alamat rumah/kantor yang gak lengkap. Apa lagi, sebenarnya billing system kita kan juga sudah reminder untuk melakukan renewal domain sejak 90, 60, 45, 30, 15, 7 hari sebelum domain expired dan dilanjutkan reminder untuk bayar invoicenya sampai mungkin 7 hari atau lebih setelah expired, tetap direminder terus. Bahkan kalau ditempat saya, klien juga dapat reminder otomatis via sms (jadi kalau klien tidak terima email dan juga sms -- salah siapa?)

Dalam hal klien tidak menerima email dengan alasan masuk ke folder spam atau alasan lainnya, klien tetap mempunyai tanggungjawab untuk memonitor masa berlaku domainnya bisa melalui billing system yg tersedia atau menggunakan tools lainnya seperti whois query yang bisa ditemukan dibanyak tempat. Apa lagi kalau domain tersebut adalah domain yg penting buat klien maka jangankan sampai expired, web tidak bisa diakses 10-15 menit saja mestinya klien sudah teriak. Kalau domain sampai expired dan ownernya tidak ngeh artinya itu bukan domain yang penting. Menurut saya sih klien tidak layak untuk menuntut provider bila domain sampai expired dan tidak direnew karena alasan tidak menerima notifikasi apapun, karena klien juga harusnya tahu persis berapa lama masa berlaku domainnya.

Mungkin yang perlu kita pertimbangkan adalah dengan menambahkan TOS yang lebih detail terkait dengan masa berlaku domain, notifikasi ke klien dan kewajiban klien untuk selalu memonitor tgl. expired domainnya dan layanan lainnya, serta kewajiban klien untuk secara periodik mengunjungi portal billing system kita dan melakukan pengkinian data bila diperlukan. ***Satu lagi pembelajaran buat kita semua untuk direnungkan , semoga bermanfaat ***
 
Status
Not open for further replies.

Top