saya bisa mengerti kesusahaan owner corong.com yang sudah menempuh berbagai cara untuk recovery semua data2 client tetapi tidak berhasil, tapi apakah client saya mengerti kesusahaan saya ??
jika memang seperti itu apakah owner corong.com bersedia membantu saya untuk berbicara ( menelpon ) ke semua client saya bahwa data tidak bisa di selamatkan ( mempertanggung jawabkan ) ??
TOLONG KASIH SOLUSI PADA SAYA ?
secara ini bukan kesalahan pada owner server.. owner server bahkan udah berusaha keras buat mengembalikan semua datanya, tapi hasilnya nihil, kecuali owner servernya cuek ya itu mungkin bisa...
Setiap klien memang diwajibkan untuk selalu membackup reguler data datanya.. sekarang gini, bos nya punya server sendiri full dengan klien bos, eh suatu saat ternyata HW failure juga dengan kasus diatas, bos mau menyalakan siapa? datacenter? datacenter kan cuman provider juga. Bagaimana misalnya ntar semua server baik server utama maupun server backup sama sama HW Failure? bagaimana kalau kasus ini? padahal udah backup eh ternyata HW Failure juga. susah kan? apalagi yang tidak diduga lagi.
Tidak ada yang mengharapkan semua itu terjadi bos, salah satu caranya ya antisipasi. Saya pun demikian, saya menyuruh klien saya juga backup reguler sendiri meskipun saya juga menyediakan backup di server berbeda.. meskipun ada yang cuek ya saya sih fine fine aja, saya juga memberitahu terus..
coba bicara baik baik dengan klien, bahwa semua itu tanpa disengaja, klien pasti memaklumi...
yang tabah aja, buat jadi pengalaman