Wah! Domain GO.... Melanggar Lhoooo


chairulavif

Apprentice 1.0
Domain dan brand memang menjadi area hukum yang abu-abu.
Prinsip domain Firstcome First serve sedangkan merek tidak. Apakah bisa daftar nama domain yang sama? jelas enggak tapi apakah bisa daftar merek yang sama? jawabanya bisa selama itu beda kelas. Contoh Garuda Pesawat dengan Garuda Kacang. Sama-sama pegang merek Garuda. Kadang hoster juga terlalu parno. Baru di email sama pemilik merek tanpa konfirmasi langsung delete. Apalagi ini domain GTLD yang mana aturan hukumnya berbeda dengan Indonesia. Saya juga pernah disuruh delete domain yang berbau facebook gara2 domainya mengandung kata Facebook. Ga saya turutin karena menurut saya client tidak melanggar (Phising, Nipu dll). So Buat kawan2 Hoster IMHO alangkah baiknya hal2 seperti ini diteliti dulu.
 

iBox

Poster 1.0
gopayroll itu nama generik, terdiri dari go dan payroll, sedangkan gopay itu nama brand dan generik (go dan pay) serta google adalah contoh nama brand. jadi dalam hal ini, tergantung argumen dari masing2 pihak, kemungkinannya 50-50, tergantung seberapa pahamnya: para hakim dan para pengacara memahami kasus ini.
 

malhuda

Poster 2.0
Verified Provider
ini sama dengan meta alias facebook, yang dulu ad user di redit buat domain dengan nama awal face, beberapa bulan jalan domain nya tiba2 di take down dan berpindah hak milik domainnya ke facebook inc, memang abu2 untuk domain dengan awalan nama perusahaan besar
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
Kadang hoster juga terlalu parno. Baru di email sama pemilik merek tanpa konfirmasi langsung delete.

kadang pemegang merek ini ngasih somasinya ke hoster, bukan ke orang yang mendaftarkan, sedangkan jual domain untung tipis banget, buat nasi padang pun kurang, dari pada ribet kebanyakan cari jalan pintas.
 

karyamuda

Beginner 2.0
Aapakah masalah ini sudah selesai??, dan jika selesai hanya kembali modal ini tidak benar, ada baiknya tuntut balik karena sudah merugikan waktu serta tenaga dan script yang di gunakan.

Sebaiknya Terkait Layanan hrus saling berkoordinasi dan sling menjaga privacy,
 

michael

Apprentice 1.0
Selama tidak dikasuskan dan tidak digunakan untuk hal tidak baik ga masalah sih sebenarnya. Saya punya panduanwordpress.com aman kok. Kalau dikasuskan lain cerita. sony-ak.com dulu juga pernah dikasuskan pihak SONY, tapi akhirnya SONY kalah.
 

Top