apakah bisnis hosting harus mahir linux ?


Status
Not open for further replies.

mas.satriyo

Hosting Guru
1. saya mau tanya apakah dalam menjalankan bisnis hosting harus mahir managed server (menguasai linux server ) apabila menggunakan vps atau dedicated
seharusnya memang paham dulu, minimal aplikasi yg dipakai untuk hosting, seperti web server, database, mail, dns
yang mutlak harus paham, setidaknya perintah-perintah dasar linux

2. alur belajar linux server yang baik bagaimana ?
tentukan distro yg mau dipakai
tentukan tujuannya mau ke mana, lebih baik fokus dulu ke satu tujuan
tentukan aplikasi yg mau dipakai

rajin cari tutor dan belajar troubleshooting juga sangat membantu
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
wah klo ngandalin jasa org g belajar2 juga donk pak.. kecuali kepepet..hehe

kan saya bilang juga kalau kepepet :D
lagian ga ada salahnya sewa jasa orang agar kita lebih santai
 

berkah

Apprentice 2.0
seharusnya memang paham dulu, minimal aplikasi yg dipakai untuk hosting, seperti web server, database, mail, dns
yang mutlak harus paham, setidaknya perintah-perintah dasar linux
sebenarnya yg dmksd paham web server, database , mail, dnstu apa hanya sekedar instal saja?? atau sampai masuk ke tweak
 

megdi

Apprentice 1.0
sebenarnya yg dmksd paham web server, database , mail, dnstu apa hanya sekedar instal saja?? atau sampai masuk ke tweak
Berikut langkah langkah yang perlu anda tahu menurut saya.
1. yang terpenting adalah, tahu cara kerja dan fungsi dari setiap komponen penting seperti webserver,php,mail,dns dll.
2. kemudian pelajari cara seting dasar server anda dan keterkaitan antara satu dan lainnya.
3. Setelah install, baru pelajari cara tweak dari server anda. Secara umum anda sudah bisa mulai menjalankan server anda pada tahap 3 ini jika anda berani.
4. Baru mulailah pejarilebih detail setiap komponen server.

Saran saya, jangan langsung masuk ke teknis. Pelajari dahulu cara kerjanya, baru setelah paham anda bisa memulai belajar teknis lebih mudah.
 

Bestariweb Hosting

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
kalu sy mungkin sedikit nyeleneh.. hampir gak pernah tanya langkah langkah atau caranya bagaimana untuk memulai sesuatu..
yang penting bagi sy.. lakukan secara bertahap dari yang paling ringan dulu...

sy seorang mantan buruh pabrik baut yang resign karena ada masalah keluarga.. coba usaha ini itu gagal..
akhirnya coba buka hosting mulai dari ambil reseller dulu. belajar dari salah seorang anak sekolah SMK yang hanya kenal di facebook dan beberapa teman sekolah yang juga tau komputer.. sedikitpun sy tidak punya latar belakang pengetahuan linux..
saat client bertambah, sy coba beranikan diri beli vps di drupadi.. dari beberapa masalah yg saya temui setiap ada complain dari client.. disitu juga kesempatan sy untuk belajar (belajar dari masalah)... terbersit waktu itu ingin jual vps.. akhirnya beranikan diri beli DS.
ternyata 1 minggu install DS gak jadi jadi.. betapa sulitnya install DS dgn custom partition via remote.. akhirnya hal ini sy tanyakan di DWH. banyak makian dan bullying waktu itu dikarenakan sy belum faham apa apa ttg DS dan dianggap masih mentah di linux, namun nekat beli DS. coba install pakai VNC, IPMI.. akhirnya 3 hari kemudian jadi juga.. bagi sy nekat adalah jalan pintas untuk cepat bisa...

Alhamdulillah, skr sedikit lebih faham ttg linux desktop dan linux server.

Dari pengalaman saya dan melihat bbrp karakter org sekitar sy juga, sy berani simpulkan:

1. kalau mau cepat bisa.. Just do it.. ketemu masalah->googling.. ada masalah lagi-> googling lagi. Mungkin dari 10 masalah, hanya 1 yang kita tanyakan ke teman, selebihnya kita cari sendiri solusinya. biasakan lebih banyak cari solusi daripada bertanya.. biasakan lebih banyak kasih solusi ke temen dibanding tanya minta solusi. Biasakan itu tanpa melihat sekecil apapun skill kita.

2. Orang yg banyak tanya, biasanya takut untuk melakukan kesalahan.. akhirnya lama untuk bisa

3. Silahkan tanyakan pada diri sendiri.. apakah saat kita bayi dulu bertanya pada orang tua kita bagaimana caranya jalan? bagaimana caranya lari.. kemudian beranjak besar.. mau belajar naik sepeda.. apakah kita bertanya juga bagaimana caranya naik sepeda? kaki mana dulu yang harus diangkat? bagaimana sikap badan kita? percayalah.. yang lebih cepat mahir melakukan sesuatu adalah mereka yang "just do it" bukan "just ask it"

4. Saat kita berusaha untuk "belajar emberi solusi" maka akan ada banyak bantuan, termasuk Allah akan membantu memberikan keahlian tertentu.. Allah akan mempermudah kita dalam mempelajari apapun.. karena apa yang kita pelajari sudah kita niatkan untuk dibagi ke yang lain.

Kemudian dalam hal bisnis. Setiap orang punya racikan dan cara sendiri dalam mareting dan meramu produknya.. saat kita melihat produk tetangga laris.. apakah jika kita tanyakan "apa rahasia anda sehingga bisa laris?" bisa dipastikan yang dia jawab bukan rahasianya.. racikan dan strategi bisnis tidak mukin akan diberi tahukan ke orang lain.. maka dari hal ini juga, bertanya ttg strategi adalah hal yang mubadzir dan sia-sia... karena kita akan mendapat jawaban yang salah. lebih baik kita melihat dan mencoba serta membuat strategi sendiri..

ingat.. tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Ini berlaku bukan hanya dalam hal harta.. tapi juga ilmu pengetahuan..

CMIIW
 
Last edited:

alexistdev

Expert 1.0
learning by doing aja pak. karena bisnis itu klo malah takut ga akan jalan.

sama seperti pak Bestari, saya dulu mantan karyawan karena suatau hal saya resign dan sempat menganggur beberapa tahun, dimana akhirnya memutuskan jualan baju dan akhirnya mencoba peruntungan utk bikin kaos. padahal saya ga bisa njahit tapi beli 4 mesin jahit dan beberapa peralatan utk membuat kaos.

Untuk hosting juga sama pak, tidak harus menguasai , walau itu lebih baik, tapi jika ingin memulai bisnis hosting, lakukan saja . Karena jika takut tidak akan pernah punya bisnis hosting. Dan jangan lupa utk belajar terus dari kesalahan.

Semua itu ada solusinya pak, bisa dengan hire orang di bagian tertentu, tapi tetap kita harus paham utk memanage nya.

Jangan takut utk tantangan baru pak, apalagi sekarang ada google dan forum2 internet, membuat semuanya menjadi lebih mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu.
 
Last edited:

natanetwork

Hosting Guru
Verified Provider
mungkin ini cocok :D
Jack%2BMa%2Bmenunggu.jpg
 

zens

Hosting Guru
Verified Provider
Bisnis yang baik itu dimulai dari sekarang .... kalau gak berani mulai, bisnis apapun gak akan pernah jadi, apalagi sudah stress duluan betapa susahnya bisnis yang akan dijalani ... masalah "Mahir" itu adalah sebuah proses, semakin banyak masalah akan semakin banyak kita belajar, semakin banyak belajar akan semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, semakin banyak pengetahuan yang kita miliki semakin bijak dalam menangani setiap permasalahan yang ada ..

Ayo ... mulailah dari Sekarang ... :cheer2:
 
Status
Not open for further replies.

Top