[ASK] Optimasi storage engine database


Status
Not open for further replies.

Hostnem

Beginner 2.0
Salam dulu buat para suhu yang baca threads ini:77:.

Saya mau konsultasi tentang storage engine Tuan.
1. Efektif atau tidak jika 1 database menggunakan 2 atau lebih macam engine, misal tbl_1 MyISAM, tbl_2 InnoDB, tbl_3 XtraDB dst.
2. Jika dibilang efektif dan rekomended buat diterapin, berarti optimasinya di my.cnf mencantumkan semua engine yg di pakai ya?
3. lalu setahu saya kan tidak ada patokan "pasti" nilai yang paling perfect untuk setiap variabel, dari beberapa sumber yang saya baca itu tergantung spek server, dan kondisi database itu sendiri. Nah cara hitung nilai variabel yang terbaik itu hitungnya bagaimana ya? misal (yang saya temukan) innodb_buffer_pool_size itu 70%-80% dari RAM. dan menurut Tuan Tuan, variabel apa saja yang paling penting untuk di atur.

Mohon petunjuknya Tuan.:105:
 

hendranata

Hosting Guru
Verified Provider
gampang2 susah memang kalo config database.
kalo dirasa ga ada masalah ga usa diutik2 lg config nya
 

Hostnem

Beginner 2.0
Terima kasih Tuan @UNMETERED buat refrensinya, saya juga sudah baca beberapa thread tersebut, memang sudah ada beberapa yang instan, untuk yg percona tools masih dalam percobaan Tuan, buat tools MySQLTuner-perl sudah pernah coba tapi waktu itu menurut saya masih kurang memuaskan hasilnya. BTW tools" seperti itu menurut Tuan Tuan sudah optimal atau belum sih? mohon saran dan pendapatnya Tuan.
 

Hostnem

Beginner 2.0
@hendranata Terima kasih Tuan buat sarannya. tapi ini buat tambahan ilmu aja sih hehe,, nyari forum DBA juga blm nemu, heheh... Soalnya saya pikir pikir lagi, database sangat perlu di perhatikan juga. mulai dari optimasi, hingga security itu sgt penting, beberapa client saya banyak yang terkena inject di databasenya, itu yg menginspirasi saya untuk belajar otak atik database, hehe...
 

mas.satriyo

Hosting Guru
kalo untuk optimasi mysql/mariadb server, biasanya saya cuma ngikutin rekomendasi mysqltuner
sisanya coba2 tuning sendiri
sejauh ini aman-aman aja :D
 

blackibank

_
Office Boy
Mysqltunner bole pakai, semua menyesuaikan spec servernya jg, di optimasi sampai jungkir balik Kalau konsumsi nya melebihi spec server tetap down jg hahaha
Kalau untuk inject ini harusnya berhubungan dgn coding nya ya bukan databasenya, benar gk?
 

Hostnem

Beginner 2.0
@mas.satriyo dan @blackibank terima kasih buat saran nya. klo kayak gini kan enak, sudah semakin cerah pandangan nya hehehe.. berarti pakai tools seperti Mysqltunner atau percona sudah cukup ya tinggal di tambah sedikit garam. hehe... ini saya sudah implementasi sudah lumayan juga. dan ternyata bisa juga 1 DB pakai beberapa engine, tapi g tau ya klo udah masuk big data. hehe.. bakalan error atau g. mungkin ada yang udah pernah coba Tuan?
 
Status
Not open for further replies.

Top