First of all, sudah saya katakan di awal :
so untuk post-reply spt ini :
dan atau yg semacamnya, mohon maaf saya tidak akan menyebutkan, "cukup tau az". saya bukan mau komplain ke siapa-siapa, hanya keluhan dari seorang calon customer. percaya atau tidak, sekedar ngarang cerita, atau apapun penilaiannya, itu hak masing-masing pribadi. kalo memang keluhan ini tidak menyenangkan dan dianggap hoax, silahkan yg berwajib untuk close trit ini.
secondly, yg dititik-beratkan disini bukan MBG nya, melainkan tanggungjawab dan jaminan pihak hoster akan layanan jasa yg diberikan. seorang customer yg memang benar-benar membutuhkan jasanya, tidak akan memikirkan apa duit yg telah dibayarkannya akan kembali? tapi (kalo saya pribadi), akan memikirkan apakah biaya yg telah dikeluarkan worth it dgn layanan yg diterima? contoh kalo saya membeli dgn harga murah misalnya hanya seribu /bln, tentunya saya tidak akan menuntut macam" spt ingin add-on domain unlimited, ingin space yg besar, ingin mysql unlimited, dsb yg tidak sesuai dgn harga yg dibayarkan.
nah dari pengamatan saya, there
was none of local host can provide the guarantee. kenapa saya bold kata was? penilaian saya adalah pada saat saya kelelahan setelah berjam-jam mencari dan googling local host yg reliable, live-chat ke bbrp seller menanyakan ttg MBG or
guarantee of their service semua (pada saat itu) tidak ada yg berani memberikan itu. jawaban nya selalu berputar2 di daerah ToS padahal sudah saya tekankan untuk pemakaian standar with no ToS broken. mengapa saya rewel ttg MBG or guarantee? saya sudah mencoba 2 hosting, dimana saya melakukan pembayaran 1th dimuka untuk paket yg sesuai dgn kebutuhan website yg akan saya develope dan ke depannya (plus perkiraan perkembangan website dalam kurun 1 th kedepan). apa yg saya alami? saya sudah mengalami kesulitan pada tahap developing. server sering down, loading lambat (saya mengatakan loading lambat memang kendala ada di server nya setelah melakukan pengecekan terlebih dahulu). saya keluhkan masalah ini pada hoster terkait, live-chat : jawaban spt yg saya paparkan. support, melebihi 1 x 24 jam balasannya. I know there were no such 24/7/365 completely. operator live-chat jg manusia, kadang offline. namun pada saat online, harusnya cs nya sudah siap donk.. taruhlah pada saat menyapa, balasan yg diterima krg lebih 30 mnt - 1 jam masih bisa di toleransi. tapi kalo berjam-jam dan berkali-kali di sapa tidak menjawab? lalu kalo pada saat menjawab, jawaban yg diterima disuruh "open support-ticket" untuk hal atau masalah yg harusnya bisa di cek/handle oleh live-chat operator secara langsung? what is "live-chat support" for actually?
saya bukannya men-"dewa" kan hosting luar. hosting luar jg banyak yg abal-abal (biasanya yg reseller). namun yg reliable dan memberikan kenyamanan pada customernya relative lebih mudah ditemukan. and no.. i'm not a participant of local hosting boycot. saya malah mendukung kemajuan hosting lokal seiring dgn semakin berkembangnya rakyat indonesia yg mulai "melek internet". tapi bukan berarti pesatnya dan semakin banyaknya hosting lokal tidak diiringi dengan kualitas pelayanan yg diberikan.
jadi intinya : disini saya menuntut guarantee atau jaminan yg seyogyanya bisa diberikan oleh para hoster untuk kenyamanan customernya. MBG merupakan salah satu (bukan terbatas atau mengacu) bentuk jaminan yg bisa diberikan hoster untuk customernya.
sorry bila ada kata" saya yg mungkin menyinggung seperti terlihat menyamaratakan semua hoster. namun di awal saya sudah cantumkan batasan dari kata
semua (meski di akhir2 tidak tercantumkan, ribet boss klo smua istilah harus dicantumkan batasannya

) :
***
Notes : saya sudah dapat (akhirnya..) hosting lokal yg cukup reliable yg bisa memberikan guarantee (MBG) dan juga bentuk jaminan kepedulian akan kepuasan pelanggan ke depannya (dari review bbrp masalah yg telah
diselesaikan dgn baik dan benar). namun tetap saya berani katakan, masih banyak hoster (bahkan lebih banyak dari hoster terpercaya) yg memberikan pelayanannya asal-asalan dan semau gw. hanya bertujuan untuk mendapatkan profit tanpa mengindahkan kualitas dan kenyamanan pelanggan.
tambahan, saya mo komentarin post-reply yg ini (jawabannya cukup terasa miris dan melecehkan buat saya) :
sebelumnya saya sudah mencoba 2 hosting. apakah harus mencoba dan kehilangan biaya + waktu dan tenaga 10x atau 20x atau 100x untuk mendapatkan layanan hosting yg credible? wow... such an amazing thing for me. untuk anda ketahui : 2 hosting tsb (dan bbrp hosting lagi yg sempat saya contact untuk menanyakan perihal jaminan kepuasan pelanggan yg bisa diberikan) saya dapatkan dari hoster yg terdaftar disini juga (sekali lagi "cukup tahu az", saya gak akan membeberkan ke publik.
AFAIK, web host company doesn't give impact on SEO. server location that they use, do give the impact. so kalo menurut anda alasan memilih hoster berdasarkan seo, it show what your knowledge is (no offense).