Uneg-uneg Pulsa Terpotong Provider Internet


Status
Not open for further replies.

upakarti

Apprentice 1.0
Bulan September 2017 saya pernah menyampaikan keluhan pelanggan mengenai terpotongnya pulsa padahal nomer/sim card fisiknya ada di modem, masa aktif internet masih berlaku waktu itu dan saya meminta penjelasan terpotongnya pulsa (Sekitar 20rb Rupiah) dikarena apa, dan sampai Bulan Pebruari 2018 ini belum ada konfirmasi jawaban yang pasti.

Pagi ini, kasus yang hampir sama terjadi lagi. Jelas pelayanannya ternyata dari sebuah pelayanan film ternyata Rp 4.400/3 hari terpotong pada 11.02.2018 jam 07.11.26 Film Box Office Indonesia katanya, inisialnya KF. Sepertinya sudah setahun saya langganan provider internet ini. Malamnya saya isi pulsa berharap paket internet bisa diperpanjang secara otomatis tapi ternyata hasilnya zonk, paket internet tidak otomatis diperpanjang oleh sistem tetapi pulsa malah terpotong dan SMS notifikasi masuk jam 10.48.47.

Kalau mengerti hasilnya zonk kan lebih baik aktifkan paket secara manual saja.

Pertanyaan saya pada sobat2 DWH, apakah kira2 masuk akal secara teknis simcard berada di modem dan pengguna klik iklan banner langsung bisa mendeteksi nomer di modem dan mengikuti layanan berbayarnya?
Koneksi jelas melalui koneksi wifi dari modem, sedangkan simcard yang tertanam di HP adalah simcard dari provider lain (beda).
Apakah ada oknum yang tidak bertanggungjawab menggunakan nomer kita dan mengikutkan nomer kita pada layanan berbayar tersebut? karena kemungkinan seperti ini bisa saja terjadi bukan? (*tanpa adanya konfirmasi SMS masuk melalui/ke nomer pelanggan atau email)

CS nya menyatakan ada indikasi kesalahan pengguna karena klik banner iklan (saya hanya bisa tersenyum kecut).

Kalau nominal/jumlah hanya saya sendiri nominalnya kecil, tapi bayangkan jika ada berjuta - juta pengguna mengalami hal yang sama - sebuah profit yang besar di era bisnis digital. Surat keluhan pelanggan sudah saya layangkan melalui email dan chat dengan customer care nya. Setidaknya kita memahami modus bisnis digital zaman now.
 

Hosting Termurah

Poster 1.0
Hmm. Kalau menurut saya sih kurang masuk akal juga kalau dari klik ikan banner kita jadi subscribe pada layanan tertentu.
Setahu saya untuk registrasi/berlangganan layanan tertentu umumnya melalui USSD Code.
Dan kadang SMS itu dibungkus dengan kata-kata yang manis seperti "Selamat, Anda Berkesmpatan Mendapatkan Uang 50 jt. Tekan *xxx*xx#". Padahal saat kita call USSD Codenya, justru kita dipaksa berlangganan layanan tertentu yg memotong pulsa.
Itu pengalaman dari saya sih. Mohon koreksinya jika salah.

Coba ditanyakan lebih jelas lagi ke operatornya, Banner iklan yang mana? URL Nya apa? Kapan?
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
saya pakai XL pernah otomatis masang RBT... saya merasa tidak pernah berlengganan, pas ingin pulsa malah dapat notif "Terima kasih Anda terlah berlangganan blablabla..."
sampai saat ini saya masih pakai provider ini karena terpaksa...
pakai kartu plat merah, yang terkenal mahal dan juga paling bagus tetap saja menyebalkan, banyak iklan donat tiap hari, saya komplain ke gerai bagaimana cara STOP smsnya, saya risi, dibilang "maaf tidak bisa, karena mereka sudah bayar untuk kirim blast smsnya"

alhasil hampir semua provider ga ada yang bagus sih, pakai karena terpaksa saja.. :102:
 

CloudFastest

Apprentice 1.0
saya pakai XL pernah otomatis masang RBT... saya merasa tidak pernah berlengganan, pas ingin pulsa malah dapat notif "Terima kasih Anda terlah berlangganan blablabla..."
sampai saat ini saya masih pakai provider ini karena terpaksa...
pakai kartu plat merah, yang terkenal mahal dan juga paling bagus tetap saja menyebalkan, banyak iklan donat tiap hari, saya komplain ke gerai bagaimana cara STOP smsnya, saya risi, dibilang "maaf tidak bisa, karena mereka sudah bayar untuk kirim blast smsnya"

alhasil hampir semua provider ga ada yang bagus sih, pakai karena terpaksa saja.. :102:
Wkwkwk iya betull.. Hal hal seperti ini bisa di adukan ke YLKI ga sih?

Mereka dapat database no kita dari mana? Dari pihak ketiga atau provider sendiri yg menjual data kita?

Jadi nanya nanya wkwkwk
 

Pencari_Ilmu

Hosting Guru
Ikut berduka atas kehilangan pulsanya..

Coba langsung datang ke kantor operatornya aja untuk dinonaktifkan layanannya..bisa jadi itu nomer lama yg didaur ulang dan diaktifkan lagi, sementara user yg dulu sudah registrasi ini itu...

Datang ke kantor provider, minta penjelasan langsung, minta nonaktifkan...kalau ga proaktif gitu kita hanya bisa menduga-duga aja :(
 

mlutfiup

Hosting Guru
tinggal ganti providernya pak
selama ini masalah tersebut emang paling menjijikan dan belom ada solusinya karena providernya you know lah
 

upakarti

Apprentice 1.0
Hmm. Kalau menurut saya sih kurang masuk akal juga kalau dari klik ikan banner kita jadi subscribe pada layanan tertentu.
Setahu saya untuk registrasi/berlangganan layanan tertentu umumnya melalui USSD Code.
Dan kadang SMS itu dibungkus dengan kata-kata yang manis seperti "Selamat, Anda Berkesmpatan Mendapatkan Uang 50 jt. Tekan *xxx*xx#". Padahal saat kita call USSD Codenya, justru kita dipaksa berlangganan layanan tertentu yg memotong pulsa.
Itu pengalaman dari saya sih. Mohon koreksinya jika salah.

Coba ditanyakan lebih jelas lagi ke operatornya, Banner iklan yang mana? URL Nya apa? Kapan?
Saya tanyakan kapan tanggal pasti dan jamnya ketika nomer saya mengajukan langganan tersebut (*pengennya lengkap dengan IP address kalau memungkinkan) dan lebih detil lagi tapi ketika berhubungan dengan CS maka akan mendapatkan jawaban yang normatif. Dan, keluhan pertama yang saya ajukan dari September 2017 sampai sekarang belum ada kepastian jawaban - dan hal ini yang tidak masuk akal dalam logika bisnis digital. Kalau kita berlangganan sebuah layanan tentunya ada konfirmasi pendaftaran terlebih dahulu baru kemudian ada konfirmasi biaya jika memutuskan untuk berlangganan. Dan ini tiba - tiba langsung konfirmasi berupa SMS mengenai biaya dengan memotong pulsa yang ada.

Penjelasan anda sangat masuk akal, banyak penyedia layanan aplikasi yang memasang kode2 programming dan orang awam (*mungkin termasuk saya). Contoh SMS seperti itu memang banyak sekali masuk, tapi kalau saya selalu mengabaikan karena nomer tertanam dalam modem dan baca sms juga dari web browser.

Penyedia applikasi (*nakal) yang kurang menghormati norma/etika bisnis kemungkinan bisa mendapatkan nomer kita pada saat kita beli pulsa (list/daftar nomer telpon kalau berjumlah banyak bisa juga diperjualbelikan), atau kemungkinan juga malah menjadi rekanan bisnis dari provider simcard sendiri - dan kita sebagai pelanggan tidak mengetahuinya.

Untuk sementara tidak ikutan lagi paket internetannya dan beralih ke provider lain, tapi dengar2 polanya juga hampir sama antara provider simcard yang ada selama ini, yah karena memang kalau pulsa terpotong itu merupakan keuntungan juga buat bisnisnya.
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
klo ada masalah saya sarankan jangan nanya ke operator, karena pasti percuma... :24:
buang ongkos dateng ke operator, buang waktu harus ngantri, bayar parkir dsb... dan yang didapat hanya senyuman dr CSnya :frusty:
 
Status
Not open for further replies.

Top