WordPress 5.6 dan Twenty Twenty One Theme



dekat.page

Poster 1.0
Jika berjalan sesuai jadwal, tanggal 8 Desember 2020 nanti WordPress (WP) versi 5.6 akan dirilis ke publik.

Saya pribadi menanti-nantikan theme bawaan WP Twenty Twenty One dengan keywords: blank canvas for the Block Editor, minimalis, natively digital, muted color, dan lain-lain. Sudah ada yang menguji kecepatan versi nonfinal theme ini, katanya sih ada perbaikan speed yang cukup signifikan dari Twenty Twenty theme.

Seperti disebut barusan, theme ini merupakan blank canvas for the Block Editor. Semakin ke sini, Gutenberg Editor/Block Editor semakin terintegrasikan dengan WP.

Sudah menjadi maklum ada satu topik yang mengemuka di kalangan developer dan pengguna WP sejak 2-3 tahun terakhir, yaitu perubahan text editor dari editor lama (Classic Editor) ke editor baru yaitu Gutenberg Editor atau Block Editor.

Tak semua orang menyukai perubahan tersebut. Oleh karena itu bagi yang ingin tetap menggunakan Classic Editor kini tersedia plugin untuk editor lama tersebut. Akan tetapi ada juga yang memutuskan untuk mengembangkan modifikasi WP menjadi apa yang disebut ClassicPress, dengan menggunakan codebase WP versi 4.9. ClassicPress disebut-sebut sebagai business-focused CMS.

Menurut saya, keputusan Matt Mulleweg dan para team leader (apa ya istilahnya kalo di WP?) lainnya untuk merekonstruksi WP merupakan upaya WP untuk tetap relevan.

WP saat ini memang menguasai pangsa pasar CMS terbesar di dunia maya. Tetapi tak ada posisi yang benar-benar abadi kalau tidak dijaga dipelihara, belajar dari pengalaman Nokia dan Kodak misalnya.

Misalnya, baru saja saya lihat iklan di beranda FB, iklan Bubble, disebut-sebut bisa bikin web lebih mudah dari WP dan Webflow, tanpa perlu coding sama sekali, malah dibilang bisa clone website seperti Amazon. Sementara itu beberapa waktu sebelumnya saya juga lihat iklan Webflow yang disebut-sebut juga lebih mudah dari WP.

Saya pikir upaya Matt dan para pengembang WP mengintergrasikan Gutenberg atau Block Editor meski tidak sepenuhnya diterima semua orang adalah upaya membuat WP tetap relevan dan dapat bersaing dengan pendatang baru di era 4.0 yang menjanjikan cara kerja bikin website/blog fungsional nan menawan yang jauh lebih mudah.

Bagaimana menurut tuan-tuan?
 
Last edited:

ARIAN

Apprentice 1.0
Verified Provider
Info yang menarik.
Saya pribadi jarang membuat web dari blank canvas. Biasa beli theme dan ubah sesuaikan

Dan dari awal muncul sampai sekarang gutten tidak pernah saya pakai. Pernah saya testing untuk client memakai gutten dan classic 10 client bilang enakan yg classic.

Bagi saya sebenrnya sudah user friendly itu gutten, tp buat orang awam classic editor is more friendly
 

cLeo

Poster 2.0
tapi makin baru makin berat ya kayaknya, saya masih pake wp yang support php 5 sampe sekarang dan gk ada rencana buat upgrade kecuali php nya gk mau jalan lagi :24:
 

cLeo

Poster 2.0
berat? ini hanya perasaan saja atau ada alat ukurnya pak?
perasaan saja, tapi kalo nambah fitur biasanya kan nambah berat, mudah2an asumsi saya salah :D

saya biasa pake wp + plugin w3 total cache doang, cuman manfaatin fitur cache buat halaman custom php, gk pernah login lewat wp-admin, bahkan passwordnya gak ingat.

ya intinya cuman perasaan saja, dan seperti biasanya, perasaan saya ndak penting seperti biasanya :24: :24:
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Untuk personal web emang lebih suka menggunakan theme default ini, semoga lebih baik

ini hanya perasaan saja
dan seperti biasanya, perasaan saya ndak penting seperti biasanya :24: :24:
saya baca post yang berdua ini ko rasa-rasanya seperti orang pacaran yang lagi ngambekan lalu main sindir-sindiran di sosial media yach :21::24:

Maaf kejang-kejang :77:
 

Milea Adnan

Apprentice 2.0
berat? ini hanya perasaan saja atau ada alat ukurnya pak?
alat ukur om @cLeo itu adalah hosting existing dengan biaya yg terjangkau.

kalau pake wp baru dgn banyak fitur dan dipaksa dijalankan di hosting yg skrg dipakai, maka memang akan terasa berat, alias butuh upgrade spek,

ujung2nya ya duit lagi buat upgrade spek hostingnya.
 

Top