Bisakah Harga domain .ID diturunkan?


Milea Adnan

Apprentice 2.0
SK ini ada di jaman M-PLIK, jaman di mana pemerintah ingin masyarakat melek internet dengan cara yang salah dan berakhir mubazir.. jangan samakan dengan sekarang..
Aposeeee....

aq kasih link sk itu buat nunjukin bahwa pandi itu harus setor ke kominfo, sebagai salahsatu syarat menjadi registri cctld .id

bukan ngomongin mplik ... jakasembung bawa golok..
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
jujur sih males jual domain .id
jualan domain .id dah kek dagang kacang, harga naik turun dan penuh dengan kejutan

target PANDI untuk mencari customer dari luar negeri bagus, namun bagaimana bisa jika dilakukan tanpa perencanaan yang matang,
 
Last edited:

Minimal

Poster 1.0
Maksud PANDI untuk membebankan biaya "lebih" kepada domain .ID sebenarnya masih masuk akal dalam upaya positioning dan strategi bisnis domain.

PANDI juga tahu bahwa .ID termasuk ekstensi yang "cantik" karena banyak padanan kata Suffix bahasa Inggris yang seirama dengan .ID plus ketersediaan karakter yang masih lumayan banyak sehingga tak langsung membuat value .ID meningkat. Apalagi .ID termasuk domain DTT.

Masalah harga itu relatif ya kalau mau dihubungkan dengan target isi kontent webnya sendiri. Harga 250rb buat Tirto.ID gak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan blog isi resep makanan ibu-ibu. Toh, dari akhir tahun 2016 PANDI sudah menetapkan harga resmi reguler .ID itu Rp 250.000 di luar promo.

Lagian juga, jika merasa keberatan dengan harga .ID masih ada DTD .ID lainnya yang harganya bahkan jauh lebih murah. Kenapa harus memaksakan bayar lebih mahal jika ada alternatif yang sudah tersedia. Apakah domain DTD .ID lainnya tidak bisa menjual, apakah tidak nasionalis?

Ibaratnya, PANDI buka showroom mobil. Kalau banyak uang bisa beli Fortuner (.ID), uang pas-pasan beli Rush (.web.id/dll), sulit uang beli aja Sigra (.my.id). :D

Apakah harga .ID bisa turun? Bisa saja tapi akan merusak positioning dan segmentasi keluarga domain .ID. Itulah fungsi dari promo untuk menjembatani berbagai kepentingan dari pihak-pihak yang ingin murah.
 

Pencari_Ilmu

Hosting Guru
kalau pertanyaannya bisa turun apak enggak jawabannya bisa, tapi....

jangan sampai terlalu murah nanti diborong domainnya untuk nyepam, domain .id jadi jatuh reputasinya di search engine
 

    
Top