Dapat berita Kemenkominfo: Layanan VPN Wajib Berizin


Setujukah VPN Harus Berizin?

  • Setuju

    Votes: 3 17.6%
  • Tidak Setuju

    Votes: 11 64.7%
  • Kurang Setuju

    Votes: 3 17.6%
  • Ngikut Aturan Saja

    Votes: 0 0.0%

  • Total voters
    17

rilwebs

Poster 2.0
Kaget juga dengar ky gini. Kok lama2 teknologi dinegeri kita mengalami kemunduran gitu ya, menurut sy sih..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana mengatur peredaran aplikasi VPN di Indonesia. Banyaknya pengguna VPN ketika pemerintah membatasi akses media sosial saat kericuhan di Bawaslu lalu melatari wacana tersebut.

Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel Pangerapan mengatakan, pihaknya tak akan segan memblokir VPN, khususnya yang tak mempunyai izin di Indonesia. Ia mengatakan, layanan VPN di Indonesia wajib mengantongi izin lantaran menjadi salah satu fitur penyedia jasa internet (ISP).

"Memang aturannya ya harus izin. VPN itu masuk ke dalam ISP (internet service provider). Dia kan ngasih koneksi internet makanya pengguna bisa tersambung ke server-nya (VPN). Jadi siapa pun, tinggal diblok kalau tidak ada izin," katanya pada wartawan di Jakarta, Rabu (3/7).

Samuel mengatakn, aplikasi VPN gratis yang ada di toko aplikasi wajib mengikuti aturan. Kemenkominfo akan memblokir aplikasi bila tak mengikuti aturan.

"Kalau melanggar ya kami blok. Kalau dia mau beroperasi di Indonesia, silakan bekerja sama dengan ISP yang ada. Jadi punya izin," ujarnya.

Walau begitu, Samuel mengakui regulasi layanan VPN punya mekanisme yang kurang jelas di Indonesia. Ia berkomitmen bakal bersinergi dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) guna mencari solusinya.

"Aturannya sudah ada, tinggal penerapannya bagaimana. Karena VPN itu kan salah satu layanan internet. Termasuk dalam izin ISP, itu salah satunya adalah VPN," ucapnya.

Gimana menurut para master, terutama yg jualan VPN nih?
Mohon maaf klo salah ruang. Cuman jaget aja jd pingin dengar pendapat di forum ini
 

mlutfiup

Hosting Guru
yang di blok paling aplikasi2 vpn gratis di playstore, diluar itu kayanya gak bakal kedetek deh semacam CyberGhost dkk
 

blackibank

_
DWH Admin
menurut saya,, yang bener itu adalah bagaimana cara nya infrastruktur jaringan internet di indonesia bisa lebih bagus dan sampai ke pelosok negeri agar internet dapat dinikmati merata dan informasi dapat cepat sampai ke pelosok
kemudian bagaimana caranya buat dan naikan konten2 lokal indonesia jadi tidak bergantung pada konten luar negeri
lalu setelah infrastruktur dan konten dirasa cukup maka .................. batasi atau blok akses dari luar menuju indonesia Ahahahaha
jadilah indonesia hebat :D
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
menurut saya,, yang bener itu adalah bagaimana cara nya infrastruktur jaringan internet di indonesia bisa lebih bagus dan sampai ke pelosok negeri agar internet dapat dinikmati merata dan informasi dapat cepat sampai ke pelosok
kemudian bagaimana caranya buat dan naikan konten2 lokal indonesia jadi tidak bergantung pada konten luar negeri
lalu setelah infrastruktur dan konten dirasa cukup maka .................. batasi atau blok akses dari luar menuju indonesia Ahahahaha
jadilah indonesia hebat :D
Jika boleh saran, saya sangat setuju jika bapak jadi pemimpin di Kementerian ini :cool:
Karena jika org2 yg sedikit kurang memahami terkait "Dunia" ini akan sangat sulit berkembang
 

reyhan

Apprentice 2.0
menurut saya,, yang bener itu adalah bagaimana cara nya infrastruktur jaringan internet di indonesia bisa lebih bagus dan sampai ke pelosok negeri agar internet dapat dinikmati merata dan informasi dapat cepat sampai ke pelosok
yang ini saya setuju, di desa saya masih belum dapet jaringan internet dari provider isp semacam biznt, indihme dll.
selama ini pakai jaringan dari selular, untungnya sudah 4G jadi ndak lelet2 amat.
 

    
Top