Informasi seputar paket hosting 'unlimited'

Discussion in 'Shared Hosting & Cloud Hosting' started by Bforce, 5 Feb 2013.

  1. Minimal

    Minimal Apprentice 1.0

    Messages:
    229
    Likes Received:
    290
    Trophy Points:
    63
    Benar. Gak masalah sih kalau hoster mau memberikan jargon Unlimited toh itu kan salah satu cara pendekatan marketing ke calon konsumen. Selama hoster menuangkan poin-poin Unlimited ke dalam ToS mereka maka tidak bisa dibilang penipuan seperti kata mas @mlutfiup. Dan saya yakin webhosting yang baik pasti akan ada policy mengenai itu.

    Blog saya juga pakai WP. UV +/- 20K per hari space hanya terpakai 380MB dari kuota 750MB. Langganan paket nomor 2 paling murah di hoster lokal dan jarang banget kena limit.

    Nggak pakai Litespeed cuma Nginx. Paling sering kena limit I/O gara-gara remote backup ke Google Drive.

    Pemakaian resource 30 hari terakhir.
    [​IMG]
     
    GPLHosting likes this.
  2. mlutfiup

    mlutfiup Hosting Guru

    Messages:
    1,305
    Likes Received:
    129
    Trophy Points:
    63
    iya om, yang saya maksut jika gak ada di ToS mereka
     
  3. megdi

    megdi Apprentice 1.0

    Messages:
    281
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    28
    Saya rasa ini tergantung pada pendekatan masing-masing pengguna.
    Kalau nyari harga murah dengan harga yang sama, maka biasanya Unlimited space lebih mewadahi.
    Misalkan harga unlimited $3, biasanya kalau beli space dapat antara 1-5GB space. Biasanya sampai inodes penuh, user bisa nampung lebih dari 5GB. Jadi dengan harga yang sama maka jatuhnya mungkin bisa lebih murah.

    Unlimited ini lebih kepada, gambaran manusia pada suatu hal yang mungkin dia tak tahu batasnya. Mungkin sesuatu itu ada batasnya, tapi karena terlalu besar, maka sulit untuk menentukan batasannya.
    Contoh, tidak ada disk unlimited, tapi kenyataannya jika pakai cloud storage, maka storage bisa ditambah terus, terus terus dan terus sampai batas yang tidak bisa kita tentukan sendiri. Tentu mungkin cloud storage ada batasnya, misal keterbatasan uang dan tempat datacenter, tapi tetap saja tidak bisa secara pasti disebutkan.

    Ini pada akhirnya akan sama dengan cloud hosting, dan cloud cloud lainnya. Sekalipun pakai fail over, loadbalance dan lainnya, emang ada yang bisa jamin bakal uptime 100% sepanjang umur?
    Jaminan uptime 100% adalah marketing juga, dimana sebuah bentuk jaminan dari provider bahwa infrastruktur mereka bisa dihandalkan.
    Jika uptime dibawah 100% maka provider siap memberikan kompensasi, contohnya.
    Tapi kenyataanya tidak ada yang mengangkat bahwa uptime 100% adalah kebohongan / menyesat kan?


    Terus contoh lain, fixed space kaya namecheap ngasih 20GB space tapi kenapa dikasih limit inodes 300.000 juga? bukannya ini justru lebih bohong dibandingkan unlimited. Sudah dibatasi spacenya, eh ternyata inodes juga dibatasi.
    Itu hanya contoh saja, saya sendiri sih sah sah saja kok.
    Kaya orang beli asuransi, tidak ada yang bilang jelek. tapi user sendiri yang harus teliti menyesuaikan kebutuhan.

    Contoh, jangan sampai kita beli asuransi yang sudah include asuransi kehamilan / melahirkan, padahal kita adalah seorang pria. Kan namanya buang-buang duit. Karena cowok gak mungkin melahirkan, tapi malah beli asuransi yang ada asuransi kehamilan / melahirkan.
    Itu saya rasa perlu dipikirkan lagi, terkadang kita menganggap agen asuransi sering menyesatkan karena banyak parameter yang tidak dipahami customer. Mereka tahunya cuma janji-jani manis saja.

    Sama dengan hosting, terlalu banyak yang tak dipahami orang awam, sehingga cuma janji manis yang mereka pahami. Fixed space hosting juga bisa aja dijadikan janji manis kok. Contoh aja salah satu paket hosting hosting diatas, bilang 20GB ternyata dibatasi juga. Bisa aja ada yang nawarin, space 100GB eh ternyata inodes cuma di kasih 10.000, who knows???

    Saya rasa, ya pendekatannya saja yang berbeda.
    Customer perlu tahu kebutuhannya sendiri.
     
  4. mlutfiup

    mlutfiup Hosting Guru

    Messages:
    1,305
    Likes Received:
    129
    Trophy Points:
    63
    itu kenapa perlu dijelaskan tanpa diminta, memang sudah kewajiban menjelaskan kalo ada batasan2 kalo dilain waktu ternyata tidak sesuai dengan bahasa marketingnya ya menurut saya penipuan karna yang dipahami berbeda dan si penjual gak berniat baik untuk memberi tau
     
  5. megdi

    megdi Apprentice 1.0

    Messages:
    281
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    28
    Ya tergantung sih.
    Kaya agen asuransi, kadang karena user gak nanya gak dikasih tahu.
    Tapi apakah itu penipuan? gak juga. itu cuma trik. Itu sebabnya user juga harus cari tahu sehingga ketika ditawarin oleh pihak asuransi maka tahu bahan apa saja yang harus ditanyakan.

    Kalau user gak mau cari tahu, maka percuma. Lolos dari marketing asuransi yang satu karena dia detail penjelasannya, eh masih ada ribuan agen yang siap menawari anda produk asuransi yang lain. Apakah ada jaminan mereka akan mengatakan sedetail yang anda tahu?
    Itu sah sah aja, selama bukan masuk unsur penipuan.
    Toh tidak ada agen asuransi/marketing yang masuk penjara karena bisnis mereka kan? itu contoh kenapa tidak bisa dikatakan menipu.

    Misalkan, anda beli namecheap, kalau gak tanya, mereka bakal bilang gak bakal ada inodes limit?
    Semua juga begitu. Tidak ada yang sempurna.
    Dijaman seperti ini, user dituntut untuk lebih aktif dalam memilih produk.

    Misal perusahaan macam Google, klam ngasih uptime 100%, kalau misalkan ada down apakah lantas dia menipu?
    Toh itu tidak sesuai janji mereka kan? Padahal youtube aja dulu pernah down.

    Misalkan Namecheap bilang ngasih 20GB terus user tidak nanya inodes limitnya, apakah namecheap wajib ngasih tahu? tentu tidak,karena user gak tanya. Toh pasti di TOS mereka juga bakal ada ketentuan itu. Begitu juga hosting yang lain. Itu sebabnya user perlu baca perjanjian layanannya.
    Kalau dia kasih tahu ya bagus, tapi kalau gak kasih tahu bukan berarti namecheap nipu. Begitu juga dengan sales lainnya.
    Yang wajib itu, kalau user tanya inodes berapa, tapi salesnya bilang gak pake inodes inodes an, giliran sudah penuh disuspend. nah itu nipu namanya.


    Contoh, pernah gak nemuan minuman soda yang misalnya saat harga normal seliter hampir 20rb. Terus didiskon jadi cuma 7 ribu rupiah dan akhirnya beli 10 kardus, ternyata begitu dibeli, baru tahu kalau kadaluarsanya 2 bulan lagi. Atau malah ada yang 1 bulan. Padahal minuman soda baru akan dipakai saat ada acara keluarga 3 bulan lagi. Berarti tokonya nipu dong?
    Kan tokonya juga gak ngasih tahu kalau 2 bulan lagi kadaluarsa. mana udah terlanjur beli 10 kardus lagi :)

    Saya rasa gak juga, wong minumannya saat dijual gak kadaluarsa kok. Tidak memberi keterangan kadaluarsa 2 atau 1 bulan lagi bukan berarti ini masuk unsur penipuan. Toh kan dilabel minumannya ada tulisan kadaluarsanya. Tinggal baca aja.
    Yang nipu itu kalau tanggal kadaluarsa diganti terus dipanjangin jadi satu tahun lagi. Itu sudah masuk tindak pidana.


    Jadi bedakan antara trik dan penipuan. Memangnya ada hosting yang nulis segala keunggulan dan kelemahan dia dibandingkan hosting lain?
    Tetap pasti cuma keungguannya saja.
    Jadi gak perlu menggiring opini ke "penyesatan" atau nipu, itu hal yang berbeda. :)

    Contoh lain ya:
    Misalkan sekarang negara arab lagi bermasalah ekonominya akibat minyak hancur. Terus dia jual perusahaan minyaknya dengan harga ribuan Billion USD. Apakah arab bakal bilang, "eh ini lo perusahanku. tapi kemungkinan mau bangkrut soalnya harga minyak makin hancur. Jadi saya jual saja."
    Saya rasa tidak juga. Tentu konsumen dah paham akan fluktuasi minyak dan arab pun sudah mengkalkulasi harga perusahaan minyaknya.


    Jadi saya rasa, antara penjual dan pembeli intinya harus komunikasi. User juga harus tahu parameter sebelum beli hosting. Apa yang dia butuhkan.
    Hosting pasti akan ngasih tahu kalau tanya. Kaau dia bilang tidak ada inodes limit dll terus begitu beli ternyata ada, nah ini baru penipuan dan masuk kedalam unsur pidana.
    Jadi intinya seperti itulah. Kalau seandainya user tidak tanya masalah inodes saat beli dan tidak baca bahwa di TOS ada ketentuan inodes limit, ya berarti bukan salah hosternya. Tidak bisa juga dibilang nipu.

    Begitu menurut saya.
    Silahkan kalau ada pendapat lain mengenai istilah penipu tersebut. :D
     
  6. ichonsh

    ichonsh Beginner 1.0

    Messages:
    3
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Jadi ingat sales penjual mobil di mall, dia menawarkan produknya dengan potongan harga yang lumayan besar. Saya tanya keunggulan produknya apa, dia bilang.. "silakan di lihat di brosurnya pak, semua ada di sana..".

    Penjual yang baik adalah penjual yang mengenali produknya dan jujur memberikan informasi kepada konsumennya.
     
    PelajarHosting and mlutfiup like this.
  7. mlutfiup

    mlutfiup Hosting Guru

    Messages:
    1,305
    Likes Received:
    129
    Trophy Points:
    63
    unlimited space ditanya upload 2tb doang masa gak bisa :v
     
Loading...

Share This Page

Loading...